6 Layanan Cek Kecepatan Internet Selain Speedtest

Speedtest dikenal sebagai layanan untuk mengecek kecepatan internet yang sangat populer didunia karena memiliki banyak sekali server lokasi untuk mengetes kualitas internet dengan sebaik mungkin. Namun selain Speedtest, sebenarnya masih ada lho website lain untuk melakukan hal yang sama.

Kecepatan internet pada dasarnya telah dibatasi oleh ISP yang digunakan. Rata-rata pengguna jaringan 4G di Indonesia dapat menikmati kecepatan internet hingga maksimal 100Mbps, sedangkan untuk jaringan WiFi, kecepatan yang didapat tergantung dari paket yang diambil.

Selain Speedtest, sebenarnya masih ada banyak layanan lainnya untuk mengecek kecepatan internet secara akurat. Dan disini akan saya bagikan beberapa layanan tersebut.

Layanan Cek Kecepatan Internet Selain Speedtest

Ada sekitar 6 layanan yang memiliki kualitas yang baik dalam mengetes kecepatan internet. Kamu bisa menggunakan yang mana saja sebagai alternatif dari Speedtest. Dan tentunya semua layanan ini telah beroperasi cukup lama, jadi tak perlu meragukan kualitasnya.

1. Google Speed Test

Mesin pencari Google juga menyediakan fitur untuk mengecek kecepatan internet. Kamu hanya perlu mengetikkan kata kunci “Internet speed test” dan kemudian fitur tersebut akan tampil.

Google Speed Test

Klik tombol JALANKAN UJI KECEPATAN untuk memulainya dan tunggu hasilnya selesai.

Beberapa pengguna mungkin mengalami kesulitan untuk menggunakan fitur ini karena tidak selalu tampil pada pencarian. Jika ini terjadi, kamu bisa menggunakan layanan berikutnya.

2. Speed Test oleh Measurement Lab

Layanan dari measurement lab ini juga yang digunakan oleh Google pada fitur cek kecepatan internet. Dengan menggunakan layanan ini, pengguna tidak perlu menunggu waktu lama ketika ingin mengetes kecepatan jaringan, karena pengguna akan langsung diberikan lokasi server paling terdekat supaya latensi yang didapatkan tidak tinggi.

Silakan menuju website speed.measurementlab.net dan kemudian centang pada opsi “I agree…“, lalu lanjutkan klik tombol Begin, dan proses pengecekkan akan langsung dimulai.

Cek Kecepatan Internet Menggunakan Measurement Lab

3. Fast

Fast adalah layanan cek kecepatan internet yang disediakan oleh Netflix. Cara kerjanya sangatlah mudah, pengguna hanya perlu menuju situs web fast.com dan kemudian proses pengecekkan akan langsung dimulai.

Test Kecepatan Internet pada Fast

Kamu bisa mengetahui seberapa baik kecepatan yang didapat langsung dari layar. Dan tersedia tombol pause apabila kamu ingin menghentikannya secara manual. Pada dasarnya kamu hanya diminta untuk menunggu setidaknya 30 detik dan setelah itu hasil rata-rata kecepatannya akan ditampilkan.

4. Speed Test oleh Cloudflare

Cloudflare merupakan layanan CDN dan proxy untuk website, namun dibalik itu sebenarnya mereka juga memiliki layanan untuk mengecek kecepatan internet. Cara kerjanya hampir sama dengan Fast, dimana ketika halaman terbuka, sistem akan langsung memulai untuk mengecek.

Untuk menggunakannya, silakan menuju URL speed.cloudflare.com dan setelah itu proses pengecekkan akan dimulai dan kamu hanya perlu menunggu sedikitnya setengah menit sampai proses download dan upload selesai.

Mengetes Kecepatan Internet Melalui Cloudflare

5. TestMyNet

Layanan TestMyNet mungkin tidak terdengar begitu populer, namun pada dasarnya layanan ini memberikan cara yang unik dalam mengecek kecepatan internet. Dimulai dari proses download atau upload untuk file dengan ukuran kecil, dan kemudian file ukuran besar, setelah itu selesai kemudian diambil rata-rata kecepatan pada proses tersebut.

Kamu bisa mencobanya dengan mengunjungi URL testmy.net. Dan klik pada tombol TEST MY INTERNET, dan seketika proses pengecekkan akan langsung dimulai, dan prosesnya memakan waktu sekitar 1 menit.

Gambaran Website TestMyNet

Tersedia pula fitur multithreading yang memungkinkan bisa menambah tingkat akurasi kecepatan internet. Sementara itu lokasi server akan langsung dipilihkan secara otomatis.

6. SpeedOfMe

SpeedOfMe adalah layanan pengecek kualitas internet yang telah berdiri sejak tahun 2011. Website ini memiliki tampilan gelap yang sederhana dan ringan untuk diakses.

Untuk mencobanya, silakan kunjungi speedof.me dan setelah itu klik pada tombol START TEST. Kemudian proses pengecekkan akan berjalan selama 1 menit dan hasilnya akan ditampilkan.

Gambaran Website SpeedOfMe


Baca juga: Cara Tampilkan Kecepatan Internet di Taskbar Windows

Jadi menurutmu layanan mana yang paling terbaik untuk mengecek kecepatan internet selain Speedtest? Jika menurut saya, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, jadi tak dapat membedakan mana yang benar-benar terbaik.

Sebenarnya ada banyak sekali layanan selain diatas, khususnya pada website ISP. Hanya saja kebanyakan dari itu menggunakan layanan dari Ookla Speedtest, sehingga itu tak dimasukkan pada daftar diatas.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.