Solusi Tidak Bisa Membuat Akun Growtopia

Solusi Tidak Bisa Membuat Akun Growtopia

Kembali lagi membahas tentang Growtopia. Game MMO yang satu ini memiliki kelebihan tersendiri dibanding game lainnya, bukan dari segi grafis, melainkan dari sisi aktivitas player. Bahwasanya ada 20% atau lebih memungkinkan player yang terdapat di game ini merupakan bot.

Sejak tahun 2023, terdapat perubahan dari sisi pendaftaran, di mana akun baru harus terverifikasi dengan email populer seperti Gmail. Ini tidak seperti sebelumnya yang mana sistem penerimaan akun baru tidak memerlukan verifikasi apa pun. Hal ini diterapkan untuk meminimalisir adanya bot, dan kemungkinan besar untuk ke depannya tingkat verifikasinya akan diperketat.

Pada umumnya, proses pendaftaran akun baru dapat berlangsung cepat. Namun terdapat hal-hal tertentu yang membuat setiap pengguna tidak bisa membuat akun baru. Di artikel ini, saya akan menjelaskan beberapa solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Solusi Tidak Bisa Daftar Akun Growtopia

1. Jangan Gunakan VPN dan Matikan DNS Pribadi

Growtopia tidak menerima koneksi internet melalui VPN atau Proxy, serta DNS Pribadi semacam Smart DNS. Sistem akan langsung menolak permintaan koneksi dan menampilkan pesan error timeout berwarna merah.

Sebagai contohnya kamu mengaktifkan aplikasi Cloudflare WARP, walau itu berfungsi layaknya DNS, akan tetapi kinerjanya sudah sama seperti VPN karena terdapat perbedaan IP pada permintaan ke server. Untuk itu silakan pakai koneksi direct atau secara langsung untuk mendaftar.

2. Gunakan Data Seluler

Pada beberapa kasus, pengguna yang memakai WiFi tidak bisa mendaftar. Hal ini bisa disebabkan karena dua hal, yang pertama adalah WiFi tersebut menggunakan IP publik dari datacenter yang mana itu ditolak oleh sistem Growtopia. Dan yang kedua adalah dikarenakan sudah banyak yang mendaftar akun pada IP yang sama pada WiFi tersebut.

Maka dari itu, cobalah untuk menggunakan koneksi melalui data seluler untuk mendaftar. Sepastinya itu akan berhasil selama perangkat masih diperbolehkan untuk mendaftar.

3. Memakai Perangkat Lain

Jika sampai sini proses mendaftar masih tidak kunjung berhasil, maka memungkinkan perangkat yang dipakai telah dibatasi untuk mendaftar. Jadi terdapat HWID dan Mac Address pada perangkat yang telah ditandai oleh sistem bahwa pengguna sudah membuat akun terlalu banyak atau barangkali pernah di-banned sebelumnya.

Solusi terbaik untuk kendala semacam ini adalah membuat akun di perangkat lain yang sekiranya tidak pernah dipakai untuk mendaftar sebelumnya.

4. Perbarui Versi Growtopia

Kadang masalah yang sukar, justru dapat diatasi dengan cara sepele. Salah satu contohnya adalah memperbarui versi Growtopia. Karena siapa tahu kamu tidak sadar bahwa munculnya error pada saat membuat akun adalah himbauan supaya memperbarui versi terbaru.

Penting untuk memperbarui ke versi baru supaya bisa memainkan game ini, karena versi yang lama akan ditinggalkan dan sistem tidak akan menerima pengguna mendaftar atau masuk melalui versi tersebut lagi.

5. Pendaftaran Sedang Ditutup oleh Sistem

Dan yang terakhir adalah sistem sedang menutup pendaftaran. Jadi ketika hendak mendaftar, akan muncul notif “Account creation is temporarily disabled“. Jadi tak ada cara lain kecuali menunggu sampai pendaftaran akun baru telah dibuka kembali.

Dari informasi yang saya dapatkan di Discord, penutupan pendaftaran ini diterapkan untuk mengurangi bot yang merugikan player lain dan juga merusak lingkungan bermain. Tapi sesuai dari peringatan yang muncul pada layar, bahwa ini merupakan sementara dan tidak permanen ditutup.

Baca juga: Cara Mengamankan Akun Growtopia (Verifikasi Email)

Kesimpulan

Secara total mungkin ada lebih dari 5 hal yang mengakibatkan pengguna tidak bisa mendaftar akun baru. Namun kelima di atas merupakan hal-hal yang sering ditemui. Dan pada saat artikel ini dibuat, Growtopia sedang menutup pendaftarannya untuk sementara dalam rangka merayakan event summer dan beach party.

Jika pendaftaran ditutup oleh sistem, kemungkinan itu akan dibuka kembali ketika event telah berakhir, namun saya sendiri tidak tahu kapan tepatnya. Untuk itu, silakan gabung ke Discord Growtopia atau memantau dari Twitter Growtopia terkait informasi ini.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *