Cara Edit Audio Secara Online Mudah dan Cepat

Sebenarnya ada banyak sekali program untuk mengedit audio, seperti Audacity yang paling populer. Namun beberapa pengguna ingin cara mudah dalam melakukannya, contohnya tanpa memasang program apapun dan bisa langsung dilakukan dari browser secara online.

Itu tidak mustahil dan memang ada beberapa situs yang menyediakan layanan edit audio secara online dengan fitur yang lumayan banyak. Di artikel ini, saya ingin membagikan sekaligus memberikan langkah demi langkah tata cara mengedit audio secara online. Simak baik-baik mulai dari sini ya.

Langkah-Langkah Mengedit Audio Secara Online

1. Kunjungi AudioMass

AudioMass menawarkan layanan edit audio secara gratis, dan mereka juga memberikan sampel audio kepada pengguna untuk mencobanya terlebih dahulu. Secara keseluruhan fitur yang disediakan sudah lebih dari cukup. Jadi tak hanya sekedar memotong audio saja, tapi pengguna diberikan kebebasan untuk memberikan efek terhadap audio dengan kontrol yang lengkap.

Ini merupakan tahapan awal, jadi silakan kunjungi AudioMass untuk mencoba dengan sampel audio yang mereka sediakan.

2. Meng-upload Audio untuk Diedit

Untuk mulai mengedit dengan audio yang dimiliki, silakan klik pada menu File, dan kemudian klik Load from Computer. Setelah itu pilih audio mana yang ingin diedit. Tunggu proses uploadnya selesai sampai spectrum audio muncul pada layar.

Spectrum Audio pada Website AudioMass

3. Memotong atau Memberi Efek pada Bagian Tertentu Audio

Dimulai dari cara memotongnya. Silakan seleksi bagian audio yang ingin dipotong, caranya cukup klik dan tahan ke bagian yang ingin dipotong, sehingga menjadi seleksi seperti gambar di bawah ini.

Menyeleksi Audio

Setelah itu klik kanan dan pilih opsi Cut, atau cara cepat bisa menggunakan kombinasi tombol SHIFT+X. Maka sepastinya kini bagian audio yang diseleksi tadi sudah hilang.

Sementara itu untuk menambah efek juga hampir sama, silakan seleksi bagian audio dan kemudian klik menu Effects dan pilih salah satu efek yang diinginkan. Kemudian atur bagaimana efek itu bekerja. Tentunya setiap efek memiliki kontrol yang berbeda-beda. Contohnya jika memilih equalizer, maka akan terdapat banyak kontrol yang harus diterapkan.

Sebagai tips dalam memotong bagian tertentu pada Audio, silakan tambahkan efek fade out dan fade in pada bagian audio yang bekas dipotong supaya hasilnya lebih bagus.

4. Menyimpan Audio Hasil Edit

Jika dirasa sudah puas dengan proses mengedit audionya, maka tahap selanjutnya adalah menyimpannya. Caranya silakan klik menu File, kemudian klik Export / Download. Selanjutnya akan muncul dialog untuk memberi nama hasil audio, formatnya, bitrate, dan sebagainya. Dan jika sudah diatur, silakan klik tombol Export.

Menyimpan Audio Hasil Edit

Dan selesai, kini audio hasil edit sudah berhasil disimpan pada perangkat.

Baca juga: Cara Memisahkan Video dan Audio di Adobe Premiere

Kesimpulan

Cukup empat langkah saja untuk mengedit audio secara online melalui browser. Cara ini bisa diterapkan baik melalui komputer atau melalui ponsel. Namun untuk pengguna ponsel saya sarankan untuk memiringkan rotasi ponselnya untuk tampilan yang lebih leluasa ketika proses mengedit.

Selain AudioMass juga ada beberapa website untuk mengedit audio, dan artikel ini tidak memiliki kaitan apapun terhadap AudioMass dan murni merupakan tutorial yang disuguhkan untuk seluruh pengguna. Jika ada yang ingin ditanyakan terkait tutorial di atas, silakan langsung berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *