Mengenal CPS Growtopia dan Cara Memainkannya

Apa Itu CPS Growtopia dan Bagaimana Cara Memainkannya

Halo semuanya! Setelah sekian lama membahas tentang Growtopia, kali ini saya ingin membahas tentang CPS nih. Mungkin sudah pada tahu apa itu Growtopia, kan? Nah CPS itu adalah singkatan dari Creative Private Server atau bisa disebut sebagai GTPS (Growtopia Private Server). Jadi di dalam CPS, terdapat kelebihan lain yang bisa dirasakan oleh pengguna dibanding pada aplikasi Growtopia aslinya, akan tetapi ada juga kekurangannya lho.

Seperti yang kita tahu, Growtopia adalah permainan MMO yang saat ini dikembangkan oleh Ubisoft. Di dalam permainan ini, kamu bisa berinteraksi dengan pemain lain dari seluruh dunia dan membangun duniamu sendiri. Begitu juga dengan CPS yang 98% mirip dengan Growtopia akan tetapi memiliki peraturan tersendiri. Ingin tahu lebih lanjut mengenai CPS? Simak terus artikel ini ya

Apa itu CPS Growtopia?

Untuk singkatan dari CPS tidak perlu diulangi lagi ya, karena sudah saya jelaskan di atas tadi. Jadi CPS ini dikembangkan oleh seseorang bernama Koopa dan segala aktivitas terkait pembaruan atau pengumuman terhadap game akan disiarkan hanya melalui Discord.

Kelebihan yang ada di dalam CPS adalah terdapat menu cheat untuk melakukan farming, BFG, terbang, drop item cepat, dan lain sebagainya. Pada umumnya cheat sejenis ini tidak diperbolehkan pada Growtopia asli, namun hal ini legal dilakukan pada CPS.

Terdapat pula lock yang memiliki harga jual tinggi, salah satunya adalah Black Gem Lock. Item tersebut dapat dijual ke pemain lainnya dengan harga sesuai pasaran. Sedangkan Blue Gem Lock harganya tidak seberapa. Jadi di game ini, tujuan para pemain adalah road to black gem lock.

Untuk profitannya juga beragam, walau 90% item bisa didapatkan dengan harga biaya gems rendah melalui perintah /find, akan tetapi terdapat beberapa block yang tidak bisa langsung diperoleh yang mana juga memiliki harga jual lumayan tinggi. Contohnya adalah wings, hands, tomat, bawang merah, ayam, hingga item legendary.

Jika dibandingkan dengan Growtopia asli, justru di CPS ini pemain lebih leluasa untuk mencoba dan menelusuri berbagai item.

Bagaimana Cara Memainkan CPS Growtopia?

Perlu diingat sebelumnya ya, Ubisoft melarang keras terhadap penggunaan private server. Ini sudah termasuk ketentuan yang diterapkan pada halaman Growtopia di website Ubisoft. Jadi resiko dalam memainkan CPS ditanggung oleh pemain masing-masing.

Untuk memainkannya, silakan bergabung ke Discord CPS (silakan diklik). Setelah itu masuk ke channel Client untuk download aplikasi CPSnya. Untuk saat aplikasi client yang diberikan merupakan aplikasi Growtopia lama, sehingga grafik yang ditawarkan masih terbilang kurang mantap.

Akan tetapi pengguna juga bisa langsung menggunakan aplikasi Growtopia dengan mengubah Host pada ponselnya menggunakan aplikasi sejenis Virtual Host atau PowerTunnel sesuai dari intruksi yang disediakan pada Discord.

Dan yang tidak boleh dilupakan adalah setiap pemain bisa menjadi mod atau role tinggi lainnya selama memiliki Creative Coin. Jadi pemain bisa memiliki pengalaman untuk menjadi moderator game. Bukankah itu menarik?

Ketentuan yang Berlaku

Walau kelihatannya CPS memberikan kebebasan terhadap para pemain, akan tetapi terdapat pula rules atau ketentuan yang harus disetujui. Salah satunya adalah aktivitas botting yang dapat membebani server, misalnya memakai VPS, RDP, atau VM yang mana itu dilarang dan beresiko akun terkena ban.

Masih terdapat beberapa ketentuan lain yang mana itu bisa dilihat pada saat awal kali memainkan CPS, sehingga kamu bisa mengerti hal apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan ketika sudah bergabung dalam game.

Baca juga: Cara Mengamankan Akun Growtopia (Verifikasi Email)

Kesimpulan

Sampai sini sudah paham tentang CPS kan? kesimpulannya CPS merupakan game Growtopia yang berjalan di server lain namun dengan fitur yang berbeda di dalamnya. Setiap bulan total pemain di CPS juga terus meningkat sehingga membuat game ini terus berkembang.

Apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silakan untuk berkomentar

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *