3 Aplikasi Live Streaming Youtube Terbaik di Android

3 Aplikasi Live Streaming Youtube Terbaik di Android

Ingin melakukan live streaming di Youtube tapi bingung aplikasi mana yang cocok? Ketahui terlebih dahulu, pada dasarnya Youtube telah memberikan kemudahan dalam melakukan hal tersebut melalui aplikasi resmi, akan tetapi beberapa pengguna merasa tidak puas terhadap fitur yang ditawarkannya.

Bukan cuma fitur saja, tapi juga kualitasnya tidak bisa diatur fixed (tetap). Berbeda jika menggunakan aplikasi, justru gambar yang ditampilkan lebih jernih dan juga stabil. Hal inilah yang membuat banyak orang memilih aplikasi pihak ketiga dibandingkan menggunakan aplikasi Youtube original.

Top Aplikasi Live Streaming Youtube Terbaik

Di artikel ini, saya ingin membagikan sedikitnya tiga daftar aplikasi untuk melakukan live streaming Youtube supaya lebih maksimal dalam penggunaanya dengan berbagai fitur yang tentunya lebih banyak dibandingkan aplikasi Youtube versi ori. Baiklah, silakan simak mulai dari yang pertama di bawah ini.

1. CameraFi Live

CameraFi Live di Android

CameraFi merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Vault Micro, Inc yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali di Play Store. Aplikasi ini menawarkan fitur yang sangat banyak dalam melakukan live streaming, baik itu untuk game ataupun kamera langsung.

Fitur yang disediakan juga berdasarkan dari plan atau paket yang dipilih. Untuk paket gratis, pengguna masih bisa menikmati beberapa fitur unggulan, namun terbatas. Sedangkan paket berbayar, pengguna bisa menikmati keseluruhan fitur yang ada di dalamnya.

Menurut saya, fitur terbaik pada aplikasi CameraFi adalah pengaturan untuk mengontrol kecerahan seperti exposure/cahaya, saturasi, kontras, dan lain sebagainya secara real time. Dan terdapat pula stiker-stiker menarik yang dapat dimunculkan pada layar pada saat live streaming berlangsung.

Ingin mencobanya? Langsung saja menuju halaman CameraFi Live di Play Store.

2. Streamlabs: Live Streaming

Streamlabs di Android

Yang kedua adalah Streamlabs. Sebelumnya Streamlabs sudah lebih dulu mengembangkan aplikasi versi desktopnya, namun kali ini mereka terjun untuk menggaet pengguna mobile supaya turut untuk menggunakan aplikasinya dengan berbagai fitur yang mewah.

Banyak gamer yang saat ini menggunakan Streamlabs karena menyediakan berbagai fitur dan template yang keren. Salah satu fitur yang khas adalah tersedia banyak frame yang bisa digunakan. Pastinya ini akan menambah daya tarik tersendiri bagi para penonton.

Dan tentunya ada paket gratis dan berbayar. Walau menurut saya perbedaannya tipis dari segi fiturnya, tapi fitur berbayar yang menurut saya paling bagus adalah adanya “Disconnect Protection“, dimana fitur tersebut dapat mencegah live berakhir ketika koneksi tiba-tiba hilang.

Bagaimana, ingin mencoba Streamlabs? Silakan langsung menuju halaman Streamlabs: Live Streaming di Play Store.

3. PRISM Live Studio

PRISM Live Studio di Android

Yang terakhir adalah Prism yang memiliki logo prisma dan dikembangkan oleh perusahaan yang juga mengembangkan aplikasi chating populer LINE, yaitu NAVER Corp. Saat ini Prism telah diunduh sebanyak 1 juta lebih pengguna dan aplikasi ini mengutamakan kemudahan dalam melakukan live streaming.

Selain mengunggulkan segi kemudahan, fitur yang ditawarkan juga lumayan banyak. Seperti adanya stiker, filter wajah (termasuk vtuber), dan lain-lain. Fitur untuk paket gratis menurut saya sudah cukup untuk melakukan live streaming secara lancar, namun paket berbayar justru menurut saya lebih menggiurkan.

Tapi fitur yang menurut saya paling unggul adalah dapat menghubungkan ponsel ke PC melalui aplikasi Prism dengan melakukan scan QR Code saja, sehingga ponsel akan digunakan sebagai sumber menangkap video dan audio supaya lebih jernih. Cocok sekali dipakai ketika menggunakan laptop yang kualitas kameranya kurang maksimal.

Jadi bagaimana menurut kamu? Ingin mencobanya sekarang? Langsung saja silakan menuju halaman PRISM Live Studio di Play Store.

Baca juga: Cara Mengatasi Video Live Stream Youtube Buram

Kesimpulan

Ketiga aplikasi di atas dapat kamu pilih sesuai selera. Mencoba satu per satu juga sangat disarankan untuk memastikan kamu mendapatkan fitur yang sesuai harapan. Walau kebanyakan dari paket gratis tersedia watermark di bagian bawah, akan tetapi itu tidak mengganggu performa live streaming kamu dan segalanya tetap lancar.

Kecuali jika kamu ingin fokus melakukan live streaming, maka sangat disarankan untuk membeli paket berbayar untuk mendapatkan fitur yang melimpah.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *