Cara Mengatasi Game Growtopia Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Game Growtopia Keluar Sendiri

Masalah game yang keluar sendiri (force close) memang sering terjadi di kalangan Android. Hal tersebut terjadi disebabkan karena beberapa macam faktor, baik itu dari segi kompatibilitas, kapasitas RAM bebas yang minim, atau terjadi galat dari sistem game. Dan hal ini juga bisa terjadi pada game Growtopia sekalipun.

Walau Growtopia tidak mengusung grafis yang tinggi, akan tetapi game ini bisa menjadi berat ketika berada di dalam world yang terdapat banyak orang di dalamnya. Tapi ketahui juga bahwa game ini tidak sepenuhnya mengandalkan RAM, melainkan CPU.

Tapi tidak sepenuhnya masalah Growtopia yang keluar sendiri disebabkan dari ponselnya, karena bisa saja hal ini dikarenakan sesuatu lain. Di artikel ini, saya ingin menjelaskan beberapa solusi mudah untuk mengatasinya.

1. Restart Ponsel

Solusi termudah yang paling awal adalah memulai ulang ponselnya (restart). Ini berfungsi untuk menghilangkan false-check oleh sistem Growtopia, khususnya ketika terdapat aplikasi yang berpotensi berbahaya pada game yang sedang berjalan di latar belakang, salah satu contohnya adalah pemakaian aplikasi auto klik.

Growtopia mencegah hal itu terjadi sehingga game akan langsung tertutup secara tiba-tiba. Dan hal ini pada umumnya tak cuma terjadi di Android saja, melainkan juga pada versi desktop. Jadi cara mudah untuk mengatasinya adalah cukup me-restart perangkat saja.

2. Hapus Data dan Cache pada Growtopia

Terjadi galat pada sistem aplikasi memang bisa saja terjadi, entah itu karena terdapat data yang corrupt, cache yang menumpuk, dan lain sebagainya. Namun hal ini dapat terselesaikan dengan cara menghapus data dan sekaligus cache terhadap game tersebut.

Untuk menghapusnya sangatlah mudah, silakan menuju Pengaturan > Aplikasi, dan setelah itu pilih pada Growtopia, setelah itu ketuk opsi Hapus Data beserta Hapus Cache.

Menghapus data tidak akan menghapus akun pada game, jadi tidak perlu khawatir untuk melakukannya. Jadi setelah data game dihapus, silakan masuk ulang ke dalam akun dan proses update item akan dimulai lagi seperti awal kali men-download Growtopia.

3. Matikan VPN dan DNS Pribadi

Growtopia melarang keras penggunaan VPN untuk meminimalisir adanya bot yang merusak lingkungan game. Jika ponsel terdeteksi menggunakan VPN, memungkinkan game akan keluar sendiri secara otomatis. Begitupula dengan DNS Pribadi yang terindikasi sebagai VPN karena IP yang dideteksi tidak riil.

Sebagai solusi paling aman, mainkan Growtopia dengan koneksi data seluler tanpa mengaktifkan DNS Pribadi. Dengan begitu proses masuk ke akun akan lancar dan tidak akan keluar-keluar sendiri.

Beberapa merk ponsel memiliki cara yang berbeda dalam menonaktifkan DNS Pribadi, namun itu selalu ditemukan pada Pengaturan Konektivitas.


Baca juga: Cara Menjadi Super Supporter di Growtopia

Cukup tiga langkah di atas yang dapat saya berikan sebagai solusi untuk mengatasi game Growtopia yang keluar sendiri. Pastikan bahwa kamu mengunduh game Growtopia melalui Play Store ya untuk mendapatkan kompatibilitas yang tepat sesuai ponselnya, sebab jika mengunduhnya dari Google, memungkinkan versi yang didapat tidak cocok sehingga masalah sejenis ini bisa saja terjadi.

Jika pun kamu memiliki pertanyaan terkait beberapa solusi di atas, atau mungkin kamu ingin menambahkan solusi lainnya, maka silakan tuliskan itu pada kolom komentar yang tersedia di bagian bawah artikel ini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *