Mengatasi Tidak Bisa Membuka Email Outlook

Mengatasi Tidak Bisa Membuka Email Outlook

Outlook adalah layanan email gratis yang disediakan oleh Microsoft. Layanan ini memiliki kualitas yang nyaris sama seperti Gmail, dan juga memiliki tingkat popularitas yang tinggi. Tak heran jika banyak orang yang menggunakan Outlook untuk menerima pesan-pesan pribadi atau penting tiap harinya.

Namun masalah bisa muncul kapan saja, seperti contohnya tidak bisa membuka email pada Outlook. Entah itu tampilan blank putih saja, cuma loading, atau bahkan muncul pesan error pada layar. Tapi tenang, karena masalah ini masih bisa kok diatasi secara mandiri selama kendalanya bukan dari servernya.

Solusi Tidak Bisa Membuka Email Outlook

Dari kebanyakan pengguna yang mengalami masalah ini (review dari forum Microsoft), proses login berjalan dengan lancar, akan tetapi pada saat akan memasuki folder Inbox terjadi kendala sehingga tidak bisa mengaksesnya.

Saya pun pernah mengalaminya juga, yang mana sampai pusing karena tidak bisa membuka email penting. Tapi akhirnya masalah tersebut dapat teratasi dengan beberapa langkah saja. Dan di sini saya ingin membagikan beberapa solusi yang dapat mengatasi masalah ini. Silakan untuk menerapkan mulai dari solusi yang pertama.

1. Periksa Koneksi atau Ganti Jaringan

Konektivitas internet sangat berpengaruh terhadap proses membuka website atau aplikasi, tak terkecuali seperti Outlook. Terkadang proses memuat website pada browser tidak memiliki indikator seperti loading bar, sehingga struktur website akan muncul perlahan selama itu dimuat pada latar belakang, sama seperti di website Outlook.

Jadi apabila muncul blank saat membuka Inbox di Outlook, hal tersebut pada umumnya masih proses memuat di latar belakang yang mana dapat di cek melalui Inspect Element pada browser. Dan normalnya ini hanya berlangsung paling lama 1 menit selama kecepatan koneksi stabil.

Mengganti jaringan juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mencoba memastikan bahwa kendalanya disbebakan karena konektivitas yang lambat atau justru terdapat pemblokiran pada host Microsoft yang menghambat proses memuat halaman email.

2. Ganti Browser atau Gunakan Aplikasi

Masalah pada Outlook bisa saja terjadi hanya pada sebagian platform atau client. Misalnya, jika kendalanya saat ini terjadi pada halaman website Outlook, maka itu tidak berpengaruh pada aplikasi Outlook di ponsel atau di PC, dan begitupula sebaliknya.

Kemungkinan besar Outlook memiliki endpoint API yang berbeda dalam cara menampilkan email, mengirimkan, dan lain-lain, sehingga jika di website bermasalah, ini tidak akan berpengaruh pada aplikasi.

Mengganti browser juga disarankan untuk memastikan masalahnya bukan dari sisi cache yang menempel. Sebab dalam kondisi tertentu, cache yang ada di browser tidak terhapus otomatis dan terus menumpuk, sehingga browser akan langsung mengutamakan file cache tersebut untuk menampilkan website tanpa memuatnya lagi.

3. Cek Status Outlook di Halaman Microsoft

Microsoft menyediakan halaman untuk menampilkan status terkini terhadap layanannya. Dengan begitu apabila terdapat layanan yang sedang mengalami masalah, seluruh pengguna dapat mengetahuinya. Status halaman tersebut dapat dilihat melalui URL https://portal.office.com/servicestatus.

Setiap masalah yang muncul akan ditampilkan pula alasannya dan dampak apa saja yang berpengaruh. Seperti contohnya terjadi kendala duplikat pada kontak yang tersimpan. Itu tandanya kendala tersebut tidak mempengaruhi terhadap pesan email dan hanya pada kontak saja, sehingga segalanya tetap normal.

Berbeda lagi jika disana menyatakan bahwa masalahnya berpengaruh terhadap pesan email yang tidak terkirim atau diterima seperti mengalamai delay, tentunya bukan kamu saja yang akan mengalaminya, tetapi semua orang. Jadi tak perlu dikhawatirkan karena masalah sejenis ini akan segera diatasi oleh tim Microsoft.

Baca juga: Cara Mengubah Tema di Outlook

Kesimpulan

Masalah yang terjadi pada Outlook kadang tidak disebabkan dari sisi pengguna, namun bisa juga disebabkan dari sisi server yang mengalami galat sementara. Beberapa langkah di atas dapat menjadi cara yang tepat untuk mengatasi masalah tidak bisa membuka email.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau mungkin tambahan terkait solusi di atas, silakan untuk menuliskannya pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *