Berapa Data yang Dihabiskan untuk Bermain Growtopia?

Berapa Data yang Dihabiskan untuk Bermain Growtopia?

Bermain Growtopia menggunakan data seluler memang lebih stabil dan tidak gampang disconnect. Tapi sudah tahukah kamu berapa total data yang dihabiskan ketika bermain game ini? Nah di sini akan saya bahas mengenai hal tersebut.

Growtopia merupakan game MMO yang sangat ramai dimainkan hingga sekarang. Total pemain online rata-rata tiap jamnya sekitar 50 ribu orang, dan bagian terbaiknya adalah pengguna Indonesia sangat banyak di sana. Sehingga melakukan percakapan, jual beli, dan lain-lain bisa dilakukan dengan mudah.

Kembali lagi ke pembahasan data seluler, Growtopia merupakan game yang ringan dan memiliki grafis 8-bit. Dan untuk pengeluaran kuota internet menurut saya nyaris sama seperti bermain game casual lainnya. Namun bedanya Growtopia sudah saya tes penuh selama 2 jam untuk penggunaan farming.

Informasi Penggunaan Data Internet di Game Growtopia

Singkat cerita, saya melakukan tes selama dua jam yang kebanyakan melakukan farming dan disertai mengunjungi berbagai world untuk trade. Setiap satu jam sekali, saya cek kuota dengan cara mengaktifkan mode pesawat 1 menit dan setelah itu menonaktifkannya dan kembali mengecek kuota. Hal tersebut saya terapkan supaya hasilnya akurat.

Dari hasil yang saya dapat, 1 jam pertama penggunaan Growtopia menghabiskan sekitar 15MB. Dan 1 jam kedua penggunaan Growtopia menghabiskan sekitar 20MB. Jadi dalam 2 jam menghabiskan total 35MB.

Jika kondisinya tidak melakukan farming, mungkin kuota data yang dihabiskan akan lebih kecil. Dan jika menuju world yang di dalamnya banyak penggunanya, memungkinkan terdapat penambahan kuota karena load dari chat yang bertubi-tubi.

Jadi bisa disimpulkan ya bahwa data internet yang dibutuhkan juga tergantung dari aktivitas saat bermain. Jadi hasilnya tidak menentu, bisa lebih rendah atau mungkin lebih tinggi. Tapi jangan khawatir, karena Growtopia tidak boros kuota internet kok.

Paket Internet yang Cocok untuk Bermain Growtopia

Karena menurut saya game ini super hemat untuk dimainkan berjam-jam, jadi paket internet 2GB sebulan sudah cukup untuk digunakan. Tinggal hitung saja seberapa sering kamu menghabiskan waktu untuk bermain game ini, dan kemudian ambil rata-rata setiap jam sebagai 20MB.

Ingat sekali lagi, rata-rata 20MB itu kebanyakan adalah aktivitas farming, tapi jika dipakai untuk idle (tidak melakukan apa-apa) di world, pastinya data yang dihabiskan sangat kecil.

Baca juga: Berapa Kuota yang Dibutuhkan untuk Memutar Video Youtube?

Akhir Kata

Kuota data yang dibutuhkan untuk bermain Growtopia sangatlah minim dan berbeda jauh jika dibandingkan dengan game online populer lainnya, contohnya Mobile Legends, AOV, Free Fire, dan PUBGM.

Terkadang ada pembaruan setelah maintenance dan total ukurannya juga tidak besar, hanya sekitar 10MB saja.

Jadi bagaimana menurutmu, apakah total data yang kamu habiskan lebih kecil atau justru lebih besar dari rata-rata yang saya bagikan di artikel ini? Silakan share itu di kolom komentar untuk membantu pengguna yang lainnya.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *