Cara Menghapus Teman Facebook Secara Masal

Cara Menghapus Teman Facebook Secara Masal

Apakah kamu memiliki banyak teman yang tidak aktif di Facebook? Entah itu teman yang tidak dikenal atau mungkin dia sudah berganti akun, hal tersebut pastinya akan membuat friendlist di Facebook menjadi penuh sehingga tidak bisa menambahkan teman yang lain mengingat daftar teman maksimalnya adalah 5000 orang.

Walau pada dasarnya Facebook telah memiliki opsi untuk menghapus teman, tetapi mereka tidak memiliki opsi untuk menghapus secara masal, sehingga pengguna harus melakukannya satu per satu dan itu sangatlah melelahkan. Tetapi jangan khawatir, di artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk menghapus teman Facebook secara masal dengan mudah dan cepat.

Tutorial Menghapus Teman Facebook Secara Masal

Maksud dari secara masal bukanlah langsung semuanya, akan tetapi kamu dapat menyeleksi siapa saja teman yang akan dihapus. Cara ini dapat dilakukan menggunakan ekstensi di browser, dan tentunya hanya dapat dilakukan melalui perangkat desktop seperti PC atau Laptop.

Berikut ini langkah-langkahnya, silakan ikuti dengan baik:

  1. Pertama-tama buka browser Google Chrome.
  2. Pasang ekstensi bernama L.O.C.

    Pasang Ekstensi L.O.C

  3. Jika sudah terpasang, silakan buka ekstensinya dan menuju menu Tools > Friends Remover.

    Menghapus Teman Facebook Secara Masal

  4. Seleksi teman yang ingin dihapus dan klik tombol Bye Bye.

    Menyeleksi Teman Tidak Aktif di Facebook untuk Dihapus

  5. Selesai, kini kamu telah berhasil menghapus teman yang diseleksi tersebut.

Apa yang membuat ekstensi ini menarik adalah tidak memerlukan perizinan aplikasi Facebook sehingga 100% aman untuk digunakan. Jadi ekstensi tersebut hanya memanfaatkan sesi atau kuki Facebook kamu yang nantinya digunakan untuk mengambil daftar teman dan mengidentifikasi teman mana saja yang sekiranya tidak aktif dalam jangka lama.

Namun sayangnya fitur untuk mendeteksi dan menghapus teman yang tidak aktif hanya ditujukan untuk pengguna premium, sedangkan untuk pengguna biasa hanya diberi opsi untuk menyeleksi dan menghapus teman secara mandiri.

Apa yang Terjadi Ketika Kamu Menghapus Teman di Facebook?

Penghapusan teman di Facebook berlangsung secara sunyi, itu tandanya mereka yang dihapus tidak akan mendapatkan informasi apa-apa pada pemberitahuan. Mereka tidak akan menjadi follower dan sepenuhnya menjadi asing.

Kecuali jika mereka peduli dengan kamu, maka mereka akan menyadari bahwa kamu telah menghapusnya dari daftar teman karena muncul tombol permintaan pertemanan kembali.

Menghapus Teman Facebook yang Tidak Aktif itu Penting

Menghapus teman yang tidak aktif dapat membantu kamu untuk mengonfirmasi teman baru. Ini sangat penting diterapkan khususnya bagi kamu yang sering menggunakan Facebook untuk keperluan bisnis atau usaha.

Facebook sekarang bukan hanya tempat ajang untuk mencari teman saja, namun juga tempat untuk melakukan promosi terhadap audiens yang sesuai. Itu bisa diterapkan untuk akun Halaman atau bahkan pribadi. Dan walau Facebook membatasi jumlah teman sebagai 5000 orang, tetapi Facebook telah menyediakan opsi followers atau pengikut supaya orang lain yang bukan teman masih dapat melihat postingan kamu di beranda.

Baca juga: Mengatasi Profil Facebook Ditandai Orang Tidak Dikenal

Kesimpulan

Menghapus teman Facebook adalah keputusan pribadi. Tidak ada jawaban yang benar atau salah. Jika kamu merasa ingin menghapus banyak teman sekaligus, lakukan saja. Tetapi jika kamu tidak yakin, mungkin lebih baik untuk membiarkan mereka tetap ada di daftar temanmu.

Tutorial di atas menggunakan ekstensi yang aman untuk digunakan serta terdaftar pada Chrome Webstore. Ekstensi tersebut memanfaatkan API dari Facebook untuk melakukan penghapusan sehingga tidak perlu mengizinkan aplikasi tambahan. Jika kamu memiliki pertanyaan, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *