Cara Memblokir Kata Tertentu di Komentar Facebook

Tidak semua orang yang berkomentar di Facebook selalu menggunakan kata yang sopan. Terkadang ada teman atau sahabat yang sering kali memakai kata yang sedikit kasar, khususnya ketika baru saja memposting status baru.

Kata yang kasar memang terlihat kurang enak dipandang untuk para saudara terdekat, teman kerja, atau bahkan keluarga yang secara tidak sengaja mengunjungi profil Facebook kamu untuk melihat isi timeline.

Maka dari itu, Facebook memberikan solusi dengan menghadirkan fitur untuk memfilter kata tertentu supaya komentar kasar itu disembunyikan pada status kamu. Sementara itu untuk kata-katanya dapat kamu atur sendiri sesuai kemauan.

Memblokir Kata Tertentu di Komentar Facebook

Pada saat artikel ini dibuat, fitur ini hanya dapat diterapkan melalui desktop (PC), jadi masih belum bisa diatur melalui aplikasi Facebook di ponsel. Jadi silakan siapkan PC atau laptop, dan kemudian ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka Profil di Facebook.
  2. Klik pada opsi titik tiga dibawah tombol Edit Profil.

    Klik Opsi Titik Tiga

  3. Selanjutnya pilih pada menu Pengaturan Profil dan Penandaan.

    Pilih menu Pengaturan Profil dan Penandaan

  4. Setelah itu, klik pada menu Sembunyikan komentar yang berisi kata-kata tertentu dari profil Anda.

    Memblokir Kata Tertentu di Komentar Facebook

  5. Lalu pada kolom yang tersedia disana, isikan dengan kata-kata yang ingin diblokir. Gunakan tanda koma untuk menambahkan kata yang lainnya.

    Menambakan Kata Tertentu untuk Diblokir di Facebook

  6. Apabila sudah, klik pada tombol Simpan.

Kini seluruh komentar dengan kata-kata yang kamu blokir tidak akan dimunculkan pada status kamu. Orang yang berkomentar dengan kata-kata terblokir tetap dapat melihat beserta teman-temannya, melainkan apabila bukan teman dari pembuat komentar itu, maka komentarnya akan disembunyikan otomatis.

Fitur Pemblokir Kata Merupakan Alternatif Terbaik dari Menghapus Komentar

Bagi sebagian orang, menghapus komentar bukanlah hal yang sopan untuk dilakukan. Itu hanya akan mengakibatkan perselisihan karena ibarat membungkam perkataan seseorang, apalagi pada saat melakukan adu argumentasi.

Sedangkan memblokir kata yang tidak sopan, merupakan hal yang baik untuk diterapkan, terlebih lagi sang pembuat komentar tidak menyadari bahwa komentarnya disembunyikan untuk orang lain yang bukan temannya. Jadi dia tidak pernah merasa disingkirkan atas ucapannya dan semua berjalan seperti biasanya.

Baca juga: Tips Mencegah Facebook Membagikan Data Pribadi Kamu

Kesimpulan

Facebook menghadirkan fitur untuk memblokir kata-kata di komentar sesuai keinginan supaya tidak dimunculkan pada status di profil. Sehingga apabila ada seseorang yang memberi komentar dengan kata yang ada di daftar blokir tersebut, maka komentarnya akan disembunyikan oleh sistem secara otomatis tanpa memberitahu ke pengirim komentar.

Fitut ini tidak hanya bisa diterapkan pada profil saja, melainkan juga bisa di Halaman. Namun untuk saat ini, Facebook hanya menyediakan opsi untuk mengaktifkannya melalui versi desktop saja, sehingga belum bisa mengaturnya langsung melalui aplikasi Facebook di ponsel.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *