Cara Mematikan Download Otomatis di Telegram

Satu hal yang membuat kuota internet menjadi boros adalah adanya aktivitas download yang terus-menerus. Itu bisa terjadi pada berbagai aplikasi, termasuk di Telegram. Pada dasarnya setelan download otomatis ini telah diatur ke beberapa jenis file, seperti gambar, GIF, dan dokumen.

Selain boros kuota, aktivitas download secara terus-menerus berpotensi membuat penyimpanan penuh pada ponsel. Apalagi file tersebut akan terus disimpan selagi konversasi atau chat tidak dihapus, jadi file yang terunduh akan mengendap disana dan total ruang penyimpanan yang dipakai aplikasi Telegram menjadi besar.

Cara paling mudah untuk mengatasi hal tersebut adalah mematikan fitur download otomatis ini. Jadi konten yang diunggah orang lain pada chat harus di-download secara manual untuk melihatnya.

Menonaktifkan Download Otomatis di Telegram

  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Ketuk opsi strip tiga (Menu).

    Ketuk Opsi Menu di Telegram

  3. Dan menuju Pengaturan.

    Ketuk Menu Pengaturan

  4. Kemudian ketuk menu Data dan penyimpanan.

    Ketuk Menu Data dan Penyimpanan

  5. Setelah itu perhatikan pada bagian Pengunduhan media otomatis.

    Mematikan Download Otomatis di Telegram

  6. Silakan nonaktifkan pada opsi Saat menggunakan data seluler.
  7. Selesai, kini download otomatis telah berhasil di-nonaktifkan.

Cara diatas khusus ditujukan pada penggunaan data seluler, sedangkan jika ingin menonaktifkan untuk semua jaringan, silakan nonaktifkan pada ketiga opsi yang tampil disana. Karena terkadang meski seseorang menggunakan WiFi, mereka tidak ingin download otomatis ini menyala demi kepentingan menghemat ruang penyimpanan ponsel.

Baca juga: Cara Mengeluarkan Obrolan yang Diarsipkan di Telegram

Tentang Fitur Download Otomatis di Telegram

Tak cuma Telegram saja yang menyediakan fitur untuk mengunduh otomatis file-file yang dikirimkan dari chat atau grup, bahkan di WhatsApp juga menerapkan hal yang sama. Tapi dibanding melihat kekurangannya, terdapat pula kelebihan dari mengaktifkan fitur ini.

Ketika pengguna mengaktifkan fiturnya, maka setiap file yang masuk pada chat atau grup akan di-unduh secara otomatis melalui proses latar belakang, jadi tidak memerlukan konfirmasi lagi. Sehingga nantinya ketika file sudah ter-download, maka pengguna bisa langsung membukanya secara instan.

Fitur download otomatis lebih cocok diaktifkan ketika ponsel dalam kondisi memiliki ruang penyimpanan yang besar dan tidak terbatas kuota, alias menggunakan jaringan internet unlimited seperti WiFi. Tapi apabila salah satu itu tak terpenuhi, maka sebaiknya untuk di-nonaktifkan saja.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.