Cara Mengetahui ID Chat di Telegram

ID chat di telegram pada dasarnya tidak langsung terlihat dari dalam aplikasi. Dan biasanya hal tersebut lebih sering digunakan para developer dalam membuat bot atau sebagainya. Baik itu di percakapan pribadi atau di dalam grup pastinya selalu memiliki ID yang unik.

Untuk mendapatkan ID chat tersebut pada dasarnya bisa melalui Rest API yang langsung disediakan oleh telegram sendiri. Akan tetapi ada pula cara cepat dalam melakukannya, dan itu bisa langsung dilakukan melalui aplikasi Telegram.

Mendapatkan ID Chat pada Telegram

Cara yang dibagikan di sini menggunakan bantuan bot terpercaya, jadi tidak perlu ragu dalam melakukannya. Pada bot ini bisa menampilkan informasi lengkap terkait ID chat, dan informasi tersebut pastinya sudah cukup dipakai pada bot yang akan dibuat nantinya.

  1. Buka Telegram.
  2. Ketuk ikon pencarian.

    Ketuk Ikon Pencarian

  3. Cari @RawDataBot.

    Menambahkan RawDataBot

  4. Selanjutnya ketuk opsi Start atau Mulai.

    Memulai Start

  5. Tunggu beberapa saat, dan informasi ID chat akan tampil.

    Mengetahui ID Chat di Telegram

Baca juga: Apa Saja Kelebihan dari Telegram Premium?

Mendapatkan ID Chat di Grup Telegram

Jika kamu ingin menerapkannya di suatu grup, itu juga sama mudahnya. Yang diperlukan hanyalah mengundang @RawDataBot supaya masuk ke dalam grup itu. Sehingga nantinya ketika anggota mengirimkan sesuatu pada grup, maka bot ini akan mulai menampilkan informasi ID chat secara instan.


RawDataBot menampilkan informasi chat berdasarkan kode JSON. Adapun alternatif lainnya, yaitu @getidsbot yang mana menurut saya menampilkan informasi yang lebih rapi. Jadi silakan pilih mana saja sesuai kebutuhan, dan kedua bot tersebut 100% terpercaya.

Jadi dibanding mendapatkan ID chat melalui rest API yang memerlukan token dan lain-lain, justru menggunakan cara di atas jauh lebih cepat dan praktis. Adapun cara lain seperti melalui inspect element ketika membuka pada Telegram Web, namun saya rasa itu sedikit ribet apabila dilakukan terus menerus.

Apabila kamu memiliki pertanyaan terkait tutorial diatas, sangat dipersilakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *