Cara Menggunakan Sandboxie Plus di Windows 11

Di era digital ini, penting banget buat kita untuk melindungi komputer dari serangan software jahat. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan aplikasi sandbox. Jadi aplikasi sandbox adalah program yang memungkinkan kita menjalankan program lain dalam wadah virtual terisolasi dari sistem operasi utama.

Itu berarti jika program di sandbox terinfeksi malware, ia tidak akan dapat merusak komputer kamu karena telah terperangkap di dalam mode sandbox saja. Itulah mengapa program semacam ini penting, salah satunya adalah Sandboxie Plus. Program tersebut memiliki versi gratis yang dapat digunakan dengan sangat mudah.

Apa itu Sandboxie Plus

Sandboxie Plus adalah aplikasi sandbox gratis dan tersedia open-source. Ini bisa digunakan untuk berbagai tujuan, seperti menguji program berbahaya, menjalankan program lama yang tidak lagi kompatibel dengan sistem operasi, atau hanya menjaga sistem utama kamu tetap bersih dan bebas dari kekacauan.

Sandboxie Plus bekerja dengan cara mengintersep semua panggilan sistem yang dibuat oleh program dan mengarahkannya ke mesin virtual. Jadi program yang dijalankan hanya akan dapat mengakses file dan sumber daya yang ada di dalam mesin virtual, dan tidak akan bisa membuat perubahan pada sistem operasi utama kamu.

Sampai di sini sudah paham kan tentang Sandboxie Plus? Baiklah sekarang kita akan lanjutkan untuk tata cara menggunakannya.

Tutorial Menggunakan Sandboxie Plus di Windows 11

Langkah-langkah yang saya jelaskan di bawah ini memang dikhususkan untuk Windows 11, akan tetapi Sandboxie Plus juga tersedia gratis dan kompatibel untuk versi Windows di bawahnya. Silakan simak dengan baik langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah 1: Download dan Instal Sandboxie Plus

Silakan download terlebih dahulu aplikasinya di website resmi Sandboxie Plus. Pilih sesuai architectur PC yang digunakan. Program tersebut tersedia untuk PC 64-bit, ARM64, dan 32-bit.

Apabila sudah mengunduhnya, silakan pasang seperti biasa. Proses instalasi tidak lah sulit dan hanya membutuhkan waktu setidaknya 1 menit.

Langkah 2: Buat Sandbox Baru

Setelah Sandboxie Plus terpasang, kamu perlu membuat sandbox baru. Untuk melakukan ini, klik menu Sandbox dan pilih Create New Box.

Membuat Sandbox Baru di Sandboxie Plus

Masukkan nama terserah, misalnya testing, kemudian lanjutkan klik tombol Next dan ikuti intruksi yang muncul pada dialog sampai selesai.

Langkah 3: Jalankan Program di Sandbox

Setelah selesai membuat sandbox, kamu bisa menjalankan program di dalamnya. Untuk melakukan ini, klik kanan pada sandbox yang dibuat tadi, lalu pilih menu Run Program. Kemudian pilih program mana yang ingin kamu jalankan pada mode virtual yang terisolasi

Menjalankan Program pada Sandboxie Plus

Langkah 4: Membersihkan Data Sandbox

Ketika dirasa sudah selesai, kamu bisa menghapusnya atau membersihkan seluruh data pada mode sandbox. Untuk menghapusnya, klik kanan pada sandbox dan pilih Delete Content. Sangat penting untuk melakukan ini setelah selesai melakukan testing terhadap program yang berpotensi berbahaya karena memungkinkan terdapat malware yang tersimpan pada ruang virtual tersebut.

Membersihkan Data pada Sandboxie Plus Setelah Digunakan

Baca juga: 5 Tips Mencegah Komputer Terkena Virus Ransomware

Kesimpulan

Sandboxie Plus merupakan alat yang sangat berguna dan bisa digunakan untuk melindungi komputer dari adanya program jahat. Dengan mengikuti langkah-langkah di artikel ini, kamu bisa dengan mudah menginstal dan menggunakan Sandboxie Plus di Windows 11.

Jika sekiranya ada hal yang ingin ditanyakan seputar Sandboxie Plus, silakan untuk langsung berkomentar pada kolom yang tersedia di bawah.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *