Cara Menyimpan Chat WhatsApp Agar Tidak Hilang

Cara Menyimpan Chat WhatsApp Agar Tidak Hilang

Salah satu kegunaan dari menyimpan sebuah chat pada WhatsApp adalah mengorganisir pesan-pesan penting, sehingga itu tersimpan pada satu folder khusus yang tidak akan terhapus otomatis dan bisa diakses kapan saja selama itu dibutuhkan.

Bukan cuma chat yang diterima saja yang dapat disimpan, tapi chat yang dikirim pun juga bisa. Jadi secara total ada dua macam bentuk penyimpanan pesan yang tersedia di WhatsApp. Pertama adalah penyimpanan menyeluruh (cadangan), dan yang kedua adalah penyimpanan chat tertentu.

2 Cara Menyimpan Pesan atau Chat di WhatsApp

Kamu bisa memilih opsi mana yang sesuai untuk kebutuhan dalam menyimpan chat penting antara dua cara yang tersedia. Di sini akan saya jelaskan pula bagaimana cara penggunaannya untuk masing-masing cara tersebut. Dan tidak menunggu lama lagi, silakan simak baik-baik mulai dari sini.

1. Menghubungkan Akun WhatsApp dengan Google Drive

Opsi pertama adalah pencadangan secara menyeluruh terhadap chat yang saat ini tersimpan secara lokal pada ponsel. Sangat cocok diterapkan untuk melindungi segala chat yang ada supaya tidak hilang meski berganti ponsel sekalipun.

Cara mengaktifkan pencadangan ini sangatlah mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama silakan menuju Setelan di WhatsApp.

    Menuju Setelan di WhatsApp

  2. Selanjutnya ketuk menu Chat.

    Ketuk Menu Chat

  3. Lalu pilih menu Cadangkan chat.

    Ketuk Menu Cadangkan

  4. Ketuk pada opsi Akun Google, dan pilih akun mana yang ingin dipakai untuk mencadangkan.

    Memilih Akun Google untuk Pencadangan

  5. Jika sudah, silakan ketuk tombol Cadangkan.

    Mencadangkan Keseluruhan Chat WhatsApp ke Google Drive

  6. Tahap terakhir, silakan tunggu proses cadangan selesai.

Perlu diketahui lebih lanjut bahwa secara default, opsi untuk membuat cadangan ini hanya berlaku untuk pesan berbentuk chat dan gambar saja. Jika ingin mencadangkan video juga, silakan aktifkan pada opsi Sertakan Video, namun ketahui juga bahwa menyertakan file video akan membuat file cadangan menjadi lebih besar dari normal.

2. Menggunakan Fitur Pesan Berbintang

Fitur pesan berbintang sering kali digunakan untuk menandai sebuah pesan atau chat yang tergolong penting, jadi yang perlu dilakukan hanyalah menekan lama pada suatu chat dan kemudian memilih opsi Bintang di bagian atas.

Menyimpan Pesan WhatsApp Penting Menggunakan Fitur Pesan Berbintang

Pesan yang sudah ditandai akan bisa diakses dengan mudah melalui menu Pesan Berbintang. Dan pesan tersebut akan ada di sana sampai kamu menghapusnya.

Jadi bisa disimpulkan, cara kedua ini lebih cocok untuk diterapkan untuk menyimpan salah satu pesan, entah itu pesan yang berisi nomor telepon, nomor resi, atau hal-hal penting lainnya.

Baca juga: Tips Supaya Status Video di WhatsApp Tidak Pecah

Kesimpulan

Dengan menyimpan chat penting pada WhatsApp, pengguna dapat dengan mudah mengakses informasi tersebut di kemudian hari dan menghindari terjadinya kehilangan terhadap informasi penting. Kedua cara di atas dapat diterapkan salah satu sesuai dari kebutuhan.

Opsi pertama lebih cocok untuk melindungi semua chat supaya tidak sampai hilang, atau bisa juga diterapkan untuk keperluan berganti perangkat tanpa kehilangan chat WhatsApp sekalipun. Sementara untuk opsi kedua, cocok untuk menyimpan pesan tertentu yang dianggap penting dan dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *