Cara Mengatasi Video Live Stream Youtube Buram

Cara Mengatasi Video Live Stream Youtube Buram

Ada beberapa kelebihan dalam melakukan live stream di channel Youtube, yang pertama itu bisa digunakan untuk meraih lebih banyak subscriber, dan yang kedua adalah untuk meningkatkan jam tayang bagi channel yang sedang berusaha mengejarnya. Namun hal tersebut juga harus didukung dengan menyediakan kualitas live stream yang jernih sehingga penonton tetap nyaman saat menyaksikannya.

Adapun kondisi di mana live stream terganggu akibat signal atau jaringan internet yang kurang memadai. Jika itu terus dipaksakan, alhasil tampilan video akan buram sehingga penonton akan kesulitan untuk melihat apa yang terjadi dalam video.

Ada beberapa solusi ampuh yang dapat saya bagikan mengenai kendala ini, jadi ketika video mengalami masalah buram atau ngeblur, maka pengguna bisa menerapkan solusi ini untuk meminimalisirnya.

Solusi Video Live Stream Buram atau Ngeblur di Youtube

Umumnya kendala semacam ini disebabkan karena koneksi internet yang kurang memadai, sehingga ketika dicek melalui statistik di Youtube Studio, maka akan dinyatakan sebagai koneksi buruk. Hal ini bisa diminimalisir supaya gambar kembali jernih dengan cara berikut ini.

1. Mulai Ulang Jaringan Internet

Ketersediaan koneksi internet memang tergantung dari provider atau kartu yang digunakan untuk live. Terkadang beberapa kartu memiliki cakupan signal yang baik dan adapun yang belum meluas. Pada saat kondisi tertentu, kecepatan koneksi internet dapat berkurang dengan sendirinya yang mana disebabkan oleh banyak faktor. Dan solusi untuk mengatasinya adalah memulai ulang jaringan internet tersebut.

Ada dua macam jenis proses memulai ulang jaringan internet. Yang pertama adalah mematikan koneksi internet sementara, misalnya WiFi atau data seluler yang digunakan untuk live streaming dan kemudian menghidupkannya lagi.

Sementara itu cara kedua adalah mengaktifkan mode pesawat kurang lebih sekitar 10 detik dan kemudian menonaktifkannya kembali dan menghidupkan lagi koneksi internet di perangkat. Cara yang kedua tersebut bisa dijadikan alternatif apabila cara pertama masih kurang membantu untuk mengurangi tingkat buram pada video.

2. Hentikan Aplikasi Lain yang Berjalan di Latar Belakang

Sebelum melakukan live stream, ada baiknya untuk menghentikan terlebih dahulu aktivitas aplikasi yang berjalan di latar belakang. Karena memungkinkan aplikasi tersebut mengonsumsi data secara terus-menerus, sehingga data tidak dimaksimalkan untuk keperluan live stream.

Untuk melakukannya sangatlah mudah. Yang pertama kamu bisa membuka task pada perangkat dan menutup setiap aplikasi yang sedang berjalan. Dan cara alternatif kedua adalah dengan me-reboot perangkat terlebih dahulu sebelum melakukan live di Youtube.

3. Gunakan Aplikasi Live Streaming Pihak Ketiga

Walau Youtube telah menyediakan aplikasi live stream di aplikasinya, akan tetapi terdapat keterbatasan di mana pengguna tidak bisa mengatur hal-hal penting terhadap video seperti penambahan teks, resolusi, bitrate, dan sebagainya. Untuk itu, penggunaan aplikasi live streaming pihak ketiga ini akan lebih bagus untuk digunakan dalam segala kondisi jaringan internet.

Misalnya ketika jaringan internet sedikt buruk, maka pengguna bisa mengatur resolusinya lebih rendah. Contohnya dari 1080 menjadi 720, dan turunkan pula bitratenya menjadi 3000 atau 3500 yang menurut saya itu sudah cukup untuk resolusi 720.

Sedangkan aplikasinya ada banyak yang tersedia, dua dari itu yang menurut saya terbaik adalah Streamlabs dan PrimsLive. Silakan dicoba salah satu sesuai kenyamanan dalam penggunaan.

Baca juga: Cara Membuat Thumbnail Youtube Mudah dan Cepat

Dampak Negatif Ketika Video Live Stream Mengalami Buram

Ketahuilah bahwa video siaran langsung yang mengalami buram atau sulit terlihat akan memiliki banyak dampak negatif terhadap channel. Itu meliputi pengalaman pengguna yang sedang menonton, kehilangan penonton, pengaruh terhadap pemasaran, dan yang terakhir adalah pengaruh terhadap pembelajaran khususnya video tentang tutorial.

Untuk itu, sangat disarankan untuk melakukan testing terlebih dahulu sebelum dimulainya siaran langsung atau live stream terhadap publik guna untuk memastikan para pemirsa mendapatkan tayangan yang layak dan sepadan untuk ditonton.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *