Cara Mengatasi Video Live Streamlabs Android Macet

Cara Mengatasi Video Live Streamlabs Android Macet

Akan ada kondisi di mana menggunakan aplikasi streaming seperti Streamlabs mengalami masalah dan tidak lancar seperti biasanya. Tentunya jika itu berpengaruh terhadap video live tersebut, maka hal ini akan berdampak buruk terhadap tayangannya, sehingga banyak penonton pergi, melakukan komplain terus-menerus, dan sebagainya.

Streamlabs sendiri merupakan aplikasi live streaming yang kaya akan fitur. Selain mudah untuk digunakan, aplikasi ini juga memiliki reputasi yang bagus untuk kalangan desktop. Jika di perangkat mobile, Streamlabs masih terus berkembang untuk menghadirkan fitur-fitur baru.

Kendala video macet yang terdapat pada Streamlabs dapat didasari oleh setelan yang salah atau mungkin kondisi jaringan yang tidak bersahabat. Untuk itu, beberapa tips di bawah ini dapat kamu jadikan solusi untuk mengatasi kendala ini.

Solusi Video Live Macet Saat Menggunakan Streamlabs Android

Ada sekitar tiga solusi ampuh yang dapat kamu terapkan. Ini sangat mudah untuk dilakukan mengingat segala setelan ada di aplikasi dan tidak perlu memasang aplikasi tambahan. Tak perlu menunggu lama lagi, berikut ini beberapa solusinya:

1. Menurunkan Resolusi Video

Saat ini, Streamlabs Mobile hanya mendukung resolusi maksimal 720p (HD). Dan resolusi tersebut bisa diturunkan ke 480p untuk mengurangi keluaran data dari proses unggahan. Solusi ini sangat cocok dilakukan ketika koneksi internet ditempat kurang baik atau cakupan signal yang didapat tidak banyak.

Untuk mengubah resolusinya, silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Ketuk opsi Strip Tiga.

    Ketuk Opsi Strip Tiga

  2. Kemudian menuju menu Streaming Settings.

    Menuju Menu Streaming Settings

  3. Lalu ketuk menu Video settings.

    Menuju Menu Video Settings

  4. Sekarang silakan atur Output resolution menjadi 480p.

    Mengatur Resolusi ke 480p di Streamlabs

Jika sudah selesai mengatur resolusinya, silakan lanjut ke tahap berikutnya untuk memaksimalkan setelannya.

2. Meningkatkan Frame Rate dan Menurunkan Bitrate Terhadap Video

Frame Rate yang tergolong kecil memungkinkan video menjadi patah-patah ketika ditonton, atau dengan kata lain tidak halus pada saat pergerakan objek terjadi. Sementara itu kegunaan Bitrate adalah tingkat transfer data yang berpengaruh terhadap gambaran video, dan lebih banyak Bitrate yang diatur, maka kualitasnya akan semakin baik.

Di sini yang perlu kamu atur pertama kali adalah Frame Rate terlebih dahulu. Jika sebelumnya diatur sebagai 15, maka tingkatkan itu menjadi 24 atau 30. Tidak perlu untuk mengatur sebagai 60 karena konsumsi data akan lebih tinggi. Kecuali jika kondisi signal sangat mantap, maka tidak ada salahnya mengaturnya sebagai 60.

Untuk mengatur Frame Rate masih berada di bagian Video Settings, tepatnya di opsi Expected Frame Rate.

Meningkatkan Frame Rate Menjadi 30

Sedangkan Bitrate, secara default diatur sebagai 3850. Itu memang cocok untuk kualitas HD, namun apabila resolusi sudah diturunkan sebagai 480p, maka silakan turunkan lagi bitratenya menjadi 2500. Tidak perlu rendah dari itu karena akan berpengaruh terhadap kualitas gambaran video.

Untuk mengatur Bitrate juga masih di bagian Video Settings pada opsi Max Video Bitrate.

Menurunkan Bitrate pada Video di Streamlabs

3. Tes Live Stream Sebelum Memulai

Setelah mengubah beberapa setelan pada aplikasi Streamlabs, tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengetes live stream tersebut untuk memastikan tayangannya layak untuk ditonton, mulai dari segi kestabilan video dan juga tingkat kejernihannya.

Jika di Youtube, silakan lakukan tes live stream dengan mengubah visibilitasnya menjadi pribadi. Dengan begitu para subscriber tidak akan mendapatkan informasi terhadap live stream tersebut.

Dan apabila segalanya lancar, maka itu berarti kamu sudah siap untuk melakukan live stream ulang dan menghapus tayangan video testing tersebut.

Kesimpulan

Kendala video buram rata-rata disebabkan akibat jaringan internet yang kurang memadai di lokasi. Khususnya ketika melakukan live stream di wilayah tertentu dan menggunakan kartu seluler. Karena cakupan signal untuk beberapa kartu terkadang tidak maksimal sehingga terjadilah masalah ini.

Solusi di atas dapat meminimalisir terjadinya macet-macet dengan mengurangi kualitas video yang mana masih layak untuk ditoton. Ketahui juga bahwa dengan resolusi rendah, video mungkin akan buram ketika di-zoom dan tampilannya akan pecah. Maka dari itu saya harap pengguna dapat melakukan testing terlebih dahulu untuk memastikan apakah itu layak ditonton atau tidak.

Pada dasarnya Streamlabs Mobile memiliki fitur Disconnect Protection, akan tetapi fitur tersebut hanya dihadirkan untuk pengguna Prime alias berbayar. Jika itu diaktifkan, para pemirsa akan mendapatkan informasi pada layar berupa teks “be right back” pada saat memulai ulang jaringan untuk memperbaiki koneksi internet.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *