Cara Mengaktifkan Mode Permainan di Windows 11

Mode Permainan atau lebih dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Game Mode merupakan fitur pada PC yang dapat meningkatkan performa saat bermain game, khususnya dalam pengoptimalan cara kerja multitasking pada sistem.

Ketika fitur ini aktif, maka semakin baik pula performa game yang dimainkan. Itu karena keseluruhan resource, baik itu RAM, CPU, dan GPU akan difokuskan ke dalam game tersebut. Jadi aplikasi yang berjalan di latar belakang akan dihentikan seluruhnya demi memaksimalkan performa bermain game.

Mengaktifkan Mode Permainan atau Game Mode di Windows 11

Fitur ini tersedia di Windows 11 dan bisa diaktifkan melalui pengaturan. Silakan ikuti langkah mudah di bawah ini untuk mulai mengaktifkannya.

  1. Klik START dan menuju Pengaturan.

    Menuju Pengaturan Windows

  2. Selanjutnya klik pada menu Permainan.

    Klik Menu Pengaturan

  3. Setelah itu pilih menu Mode Permainan.

    Pilih Menu Mode Permainan

  4. Pada opsi Mode Permainan, silakan diaktifkan.

    Mengaktifkan Mode Permainan di Windows 11

  5. Selesai, sekarang Mode Permainan telah berhasil diaktifkan.

Sistem dapat dengan pintar mendeteksi apakah PC atau Laptop yang kamu gunakan sedang membuka game atau tidak, jadi kamu tidak perlu mengaktifkan dan menonaktifkan fitur ini secara terus-menerus.

Kelebihan dari Mengaktifkan Mode Permainan

Tujuan dari adanya fitur ini adalah untuk meningkatkan frame rate pada game, sehingga bisa meminimalisir terjadinya patah-patah, freeze atau stuttering yang disebabkan karena adanya kinerja di latar belakang.

Ada dua hal yang akan dicegah oleh sistem pada saat mode ini aktif dan dalam kondisi bermain game. Yang pertama adalah mencegah Windows melakukan pembaruan driver secara otomatis, dan yang kedua adalah mencegah aplikasi lain untuk berjalan di latar belakang.

Baca juga: Cara Memasang Amazon Apps Store di Windows 11

Perbandingan Saat Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Permainan

Kamu dapat membandingkan frame rate yang didapatkan ketika mengaktifkan dan menonaktifkan mode ini saat sedang bermain game. Dampak positif dalam mengaktifkannya cukup baik untuk sebagian perangkat, tergantung dari spesifikasinya juga.

Berikut ini video dari perbandingannya:

Walau frame rate yang dihasilkan tidak signifikan, akan tetapi itu sudah cukup bagus untuk membuat permainan terasa lebih halus dari sebelumnya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *