Cara Menyimpan Status WhatsApp Teman ke Galeri

Cara Menyimpan Status WhatsApp Teman ke Galeri

Terkadang ada video yang dibagikan oleh teman di status WhatsApp yang menarik untuk disimpan ke Galeri, namun hal tersebut terbatas karena WhatsApp tidak menyediakan opsi untuk menyimpan video tersebut. Berbeda jika sebatas foto, pengguna bisa melakukan screenshot langsung untuk menyimpannya.

Pada umumnya video yang dibagikan pada status WhatsApp akan tersedia paling maksimal selama 24 jam, dan status itu bisa dihapus oleh si pembuat kapan saja sesuai yang diinginkan.

File video yang termuat pada saat membuka status tersebut akan tersimpan pada folder tersembunyi, atau tepatnya adalah .Statuses. Sebenarnya folder tersebut bisa dicari secara manual dengan mengaktifkan fitur folder tersembunyi, namun untuk menyimpannya ke galeri akan lebih mudah jika menggunakan bantuan aplikasi.

Menyimpan Status WhatsApp (Foto dan Video) ke Galeri

Hanya satu aplikasi yang dibutuhkan untuk melakukan ini, yaitu Status Saver yang bisa di download melalui Play Store. Aplikasi tersebut dapat dipakai untuk menyimpan foto atau video dari status teman di WhatsApp dengan mudah dan cepat. Untuk tutorial pemakaiannya, silakan simak berikut ini:

  1. Buka aplikasi Status Saver.
  2. Izinkan akses ke folder .Statuses.

    Izinkan Akses Folder

  3. Jika sudah, silakan pilih antara tab gambar atau video yang ingin disimpan.

    Memilih Foto atau Video

  4. Kemudian ketuk pada opsi download pada bawah konten foto/video tersebut.

    Menyimpan Status WhatsApp Teman

  5. Jika muncul perizinan penyimpanan, silakan izinkan terlebih dahulu.

    Mengizinkan Penyimpanan

  6. Dan selesai, ketika opsi download berubah menjadi centang, itu tandanya foto atau video sudah berhasil disimpan ke Galeri.

    Status WhatsApp Berhasil Disimpan ke Galeri

Pada Galeri, video dan foto yang tersimpan akan masuk pada album bernama WhatsApp Status Data. Jadi cukup mudah bukan untuk menyimpannya? Secara keseluruhan yang dibutuhkan hanyalah mengizinkan akses aplikasi terhadap folder .Statuses yang tersembunyi, dan juga mengizinkan penyimpanan untuk menyalin video tersebut ke Galeri.

Kualitas Foto dan Video

Untuk kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, karena aplikasi ini menyalin gambar atau video langsung dari sumbernya, sehingga kualitasnya akan tetap sama seperti pada saat kamu melihatnya di status.

Berbeda jika menyimpan gambar menggunakan screenshot, atau menyimpan video menggunakan screen recorder, tentunya akan ada perbedaan kualitas yang didapatkan sehingga hasilnya berbeda jika dibandingkan dengan status aslinya.

Baca juga: Tips Supaya Status Video di WhatsApp Tidak Pecah

Aplikasi Serupa untuk Download Status WhatsApp

Jika dihitung, ada lebih dari 5 aplikasi serupa yang memiliki kegunaan yang sama dan bahkan dengan tampilan yang sama pula, namun aplikasi tersebut berada di developer yang berbeda. Walau menggunakan aplikasi di atas tadi sudah cukup, namun sekedar jaga-jaga apabila itu tidak berfungsi di sebagian ponsel.

Berikut ini nama aplikasi alternatif untuk menyimpan status WhatsApp, baik itu foto maupun video:

  • Status Saver oleh Shree Ganesha Labs
  • Status, Sticker Saver oleh Lazy Geniouz Pvt. Ltd.
  • Status Saver oleh Magic Mobile Studio
  • Status Download for WhatsApp oleh Jame Infotech
  • Save Video Status for WhatsApp oleh BrownHat Labs

Kamu bisa menemukan aplikasi tersebut dengan mencarinya di Play Store. Boleh juga menambahkan nama developernya untuk membuat pencarian lebih akurat, mengingat banyak sekali nama aplikasi yang serupa.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau barangkali kamu ingin menambahkan sesuatu terhadap artikel ini, silakan tuliskan itu di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *