Cara Memasang Amazon Apps Store di Windows 11

Cara Memasang Amazon Apps Store di Windows 11

Tahukah kamu bahwa Amazon Apps Store memiliki kegunaan untuk memasang aplikasi Android? Sebab di Windows 11 terdapat subsistem untuk Android, sehingga tidak membutuhkan program emulator lagi.

Tapi, Amazon Apps Store pada dasarnya belum tersedia secara worldwide dan hanya di beberapa negara saja. Tetapi ada cara kok untuk bisa memasang aplikasi tersebut dengan sedikit perubahan pada setelan.

Sejauh ini saya telah mencoba beberapa aplikasi Android di Windows 11 tanpa emulator dan alhasil semuanya berjalan lancar. Kamu bisa mengunduh aplikasi yang kompatibel melalui Amazon Apps Store atau bahkan memasangnya dari file APK sekalipun. Ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara memasangnya? Silakan lanjut membaca artikel ini.

1. Ubah Negara di Pengaturan Windows

Sehubungan Amazon Apps Store belum tersedia di Indonesia, maka aplikasi tersebut tidak akan bisa dicari melalui Microsoft Store. Untuk itu, satu-satunya cara supaya aplikasinya bisa tampil adalah dengan mengubah negara pada perangkat PC. Berikut ini caranya:

  1. Buka Pengaturan Windows.
  2. Klik menu Time & Language.
  3. Kemudian menuju Language & Region.
  4. Gulir ke bawah sampai bagian Country or Region.
  5. Silakan ubah Indonesia menjadi United States.

Mengubah Negara di Windows

Perubahan negara tidak akan mempengaruhi apapun terhadap perangkat PC, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Dan silakan lanjut ke langkah berikutnya untuk proses pemasangan.

2. Memasang Aplikasi Amazon Apps Store

Langkah pemasangan aplikasi ini sangatlah mudah, dan pastikan koneksi internet kamu stabil untuk proses unduhan sekitar 500MB. Berikut ini cara pemasangannya:

  1. Buka Microsoft Store.
  2. Kemudian ketik “Amazon Apps Store” pada kolom pencarian.
  3. Setelah itu Klik tombol Pasang.
  4. Jika muncul dialog, silakan klik setujui. Dan setelah itu proses download akan berjalan.
  5. Setelah proses download selesai, klik pada tombol Restart PC.

Ketika perangkat berhasil memulai ulang (restart), silakan cek pada start menu apakah aplikasi Amazon Apps Store telah terpasang? Jika belum, silakan buka Microsoft Store dan kemudian pasang kembali. Hal ini normal terjadi dan biasanya pengguna tidak perlu mengunduh ulang.

3. Memasang Aplikasi Android di Windows 11

Kamu bisa memasang aplikasi Android melalui Amazon Apps Store atau langsung dari file APK. Jika melalui Amazon Apps Store, silakan buat akun Amazon terlebih dahulu supaya bisa men-download aplikasinya.

Pasang Aplikasi Android dari Amazon Apps Store

Pastikan kamu telah masuk menggunakan akun Amazon. Selanjutnya silakan cari aplikasi yang ingin dipasang. Sebagai contohnya adalah Facebook. Jadi yang harus kamu lakukan adalah menekan tombol GET.

Menekan Tombol GET

Ini sama halnya seperti menggunakan Play Store, jadi caranya tidak lah sulit. Dan seluruh aplikasi yang tersedia di sana dijamin kompatibel dengan Windows 11.

Pasang Aplikasi Android dari File APK

Untuk memasang melalui file APK, hal pertama yang harus kamu siapkan adalah ADB SDK Platform Tools yang bisa di-download dari website Android Studio.

Setelah itu ekstrak isi di dalamnya dan buka Command Prompt pada direktori tersebut.

Sebelum mengetik perintah di CMD, silakan buka terlebih dahulu Pengaturan Subsistem Windows untuk Android melalui pencarian Windows.

Membuka Subsistem Windows untuk Android

Menuju bagian Pengembang, dan hidupkan Mode Pengembang. Nantinya akan muncul alamat IP, silakan untuk dicatat.

Mengaktifkan Mode Pengembang

Setelah itu kembali lagi ke Command Prompt tadi, silakan ketik perintah berikut:

adb.exe connect ALAMATIP:PORT

Silakan ubah alamat IP dan Port sesuai yang telah dicatat tadi. Dan kemudian pada PC akan muncul dialog persetujuan ADB, silakan klik Perbolehkan.

Tahap selanjutnya, ketik perintah dibawah ini untuk memasang file APK:

adb.exe install DIREKTORI_APK

Sebagai contohnya direktorinya berada di folder download, jadi contoh perintahnya seperti ini:

adb.exe install C:\Users\NAMAPC\Downloads\FILE.apk

Jadi kamu hanya perlu mengubah direktorinya saja sesuai lokasi file APKnya. Dan setelah itu proses instalasi akan berjalan, biasanya hanya hitungan detik saja sudah selesai.

Ketika aplikasi telah terpasang, silakan ketik perintah dibawah ini untuk memutuskan hubungan ADB:

adb.exe disconnect

Setelah hubungan ADB terputus, silakan matikan mode pengembang pada Pengaturan Subsistem Windows untuk Android. Dan setelah itu kamu bisa mencari aplikasi yang terpasang tadi pada pencarian Windows.

Baca juga: Menjalankan Bluestack Emulator di RDP Windows

Kesimpulan

Melakukan perubahan negara terhadap setelan Windows bisa membuat Microsoft Store menampilkan aplikasi Amazon Apps Store, sehingga pengguna bisa memasangnya beserta aplikasi Subsistem Windows untuk Android.

Kegunaan dari Amazon Apps Store itu sendiri adalah menampilkan aplikasi yang kompatibel untuk dipasang, dan kedepannya mungkin akan tersedia aplikasi berbayar yang mana ekslusif hadir di Amazon Apps Store. Jadi itu ibaratnya seperti Play Store, hanya saja di perangkat PC.

Aplikasi Android di Windows 11 berjalan layaknya dari VM (Virtual Machine). Itu nyaris sama seperti emulator, akan tetapi menurut saya lebih ringan dan CPU tidak mudah tinggi, tergantung dari aplikasi atau game yang dijalankan.

Jika kamu memiliki pertanyaan tentang tutorial diatas, langsung saja silakan berkomentar pada kolom di bawah artikel ini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *