Cara Mengaktifkan Mode Performa Tinggi di HP Samsung

Seiring berkembangnya teknologi, banyak jenis ponsel yang memiliki spesifikasi tinggi dalam harga yang terjangkau. Bahkan ponsel kelas menengah saat ini kemampuannya lebih baik jika dibanding ponsel kelas atas pada beberapa tahun yang lalu.

Contohnya pada ponsel Samsung, khususnya pada seri Galaxy. Dimana spesifikasi yang disediakan terus berkembang tinggi tiap tahunnya. Itu memungkinkan seri Galaxy M sekarang dapat mengimbangi seri Galaxy S yang dirilis beberapa tahun lalu dengan harga yang lebih terjangkau.

Dan kebanyakan ponsel Samsung saat ini telah mendukung fitur mode performa tinggi. Ingin tahu lebih tentang fitur tersebut? Silakan simak terus artikel ini.

Apa itu Mode Performa Tinggi pada Ponsel?

Mode performa tinggi sangat cocok sekali diterapkan pada saat memainkan game-game besar yang menampilkan grafis berkualitas tinggi. Fungsinya adalah memompa kinerja CPU dan GPU ke batas paling maksimal.

Secara umum, orang-orang menganggap ponselnya sudah bekerja secara maksimal, bahkan ketika bermain memakai aplikasi semacam Game Launcher. Namun nyatanya masih terdapat pembatasan dari sistem yang bertujuan untuk menghemat daya baterai.

Mode performa tinggi tidak memaksa sistem layaknya melakukan overclock, melainkan membebaskan pembatasan dari sistem supaya CPU dan GPU dapat bekerja se-maksimal mungkin. Dan tentunya kemampuan maksimal tersebut tergantung dari spesifikasi ponsel masing-masing.

Mengaktifkan Mode Performa Tinggi di Ponsel Samsung

Mohon untuk mengetahui sebelumnya bahwa mengaktifkan mode performa tinggi dapat menguras baterai 2x lebih cepat dari biasanya. Tapi ini tidak menjadi masalah apabila ponsel Samsung kamu telah tertanam kapasitas baterai yang besar.

Berikut ini cara untuk mengaktifkannya:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Perawatan perangkat.

    Ketuk Menu Perawatan Perangkat

  3. Kemudian ketuk menu Baterai.

    Ketuk Menu Baterai

  4. Selanjutnya ketuk pada menu Mode daya.

    Ketuk menu Mode Daya

  5. Dan silakan atur sebagai Performa tinggi.

    Mengaktifkan Mode Performa di Samsung

Sekarang ponsel kamu telah berada pada mode performa tinggi. Membuka game berat yang sebelumnya mengalami macet sesaat, pasti kini tidak akan muncul itu lagi. Dan memungkinkan FPS pada game dapat meningkat stabil dari sebelumnya.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Gerakan Super Lambat di Samsung

Ketahui pula bahwa setiap kelebihan pasti ada kekurangan, dan pada mode performa ini salah satu kekurangannya adalah boros terhadap baterai apabila terus diaktifkan. Selain itu suhu ponsel juga akan meningkat dari biasanya.

Jadi ada baiknya memakai mode performa tinggi ini hanya ketika ingin menggunakan ponsel untuk aktivitas berat pada sisi CPU atau GPU untuk mendapatkan kemampuan yang paling maksimal. Dan jika dipakai untuk bermain game, bisa menggunakan kipas kecil eksternal untuk mengurangi suhu yang panas.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.