Cara Menonaktifkan Pencadangan Otomatis di WhatsApp

Pencadangan otomatis di WhatsApp secara default daitur setiap seminggu sekali. Jadi dalam kurun waktu tersebut, WhatsApp akan mengumpulkan berbagai hal, seperti chat dan file media untuk disimpan pada akun Google Drive.

Tentunya pencadangan otomatis ini memiliki kegunaan untuk menyimpan segala riwayat chat kamu di WhatsApp tanpa takut kehilangan lagi. Bahkan meski berganti ponsel pun pengguna dapat mengembalikan riwayat chat tersebut beserta media didalamnya.

Tapi sebenarnya pengguna juga dapat menonaktifkan pencadangan otomatis tersebut apabila memang tidak menginginkannya. Biasanya pengguna yang ingin melindungi privasinya lebih baik di WhatsApp akan melakukan hal ini.

Menonaktifkan Pencadangan Otomatis pada WhatsApp

Dengan menonaktifkannya, WhatsApp takkan lagi melakukan pencadangan ke akun Google Drive. Itu tandanya tak ada opsi lagi untuk mengembalikan riwayat chat apabila sekiranya ponsel hilang atau akun WhatsApp tersebut dihapus.

Berikut ini tata caranya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Ketuk opsi titik tiga.
  3. Kemudian pilih Setelan.

    Ketuk Menu Setelan di WhatsApp

  4. Setelah itu ketuk menu Chat.

    Ketuk Menu Chat

  5. Gulir kebawah dan menuju menu Cadangan Chat.

    Menuju Cadangan Chat

  6. Ketuk pada opsi Cadangkan ke Google Drive.

    Tekan Opsi Cadangakan Ke Google Drive

  7. Silakan atur sebagai Jangan Pernah.

    Menonaktifkan Pencadangan Otomatis di WhatsApp

Kini WhatsApp takkan lagi melakukan pencadangan otomatis yang dikirim ke akun Google Drive. Namun pencadangan lokal akan tetap dilakukan, yang mana itu tersimpan pada ponsel saja tanpa ada campur tangan dengan layanan pihak ketiga.

Baca juga: Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

Seberapa Penting File Cadangan WhatsApp?

Apabila kamu penasaran seberapa penting file cadangan yang dibuat oleh WhatsApp, sebenarnya itu terbilang sangat penting untuk menyimpan riwayat chat yang saat ini tampil di ponsel. Tapi bagian terbaiknya adalah ketika pengguna salah menghapus suatu chat yang penting itu, sehingga opsi satu-satunya adalah mengembalikannya dari file cadangan yang pernah dibuat.

Selain itu ketika ingin berpindah ponsel, riwayat chat juga akan langsung di-restore dari akun Google Drive yang digunakan.

Jadi itulah kegunaan dari pencadangan otomatis yang dilakukan WhatsApp. Yakni menyimpan seluruh riwayat chat ke penyimpanan cloud Google Drive yang terjamin aman.

Apakah kamu yakin ingin menonaktifkan fitur pencadangan otomatis ini? Silakan untuk difikirkan terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.