Tips Supaya Status Video di WhatsApp Tidak Pecah

Sebagian orang masih bertanya-tanya, mengapa status video yang ada di WhatsApp terlihat pecah atau buram? Walau kita tahu video asli terlihat jernih, namun hasil pada saat diunggah di status WhatsApp menjadi berbeda jauh. Hal ini disebabkan karena adanya proses kompresi terhadap video tersebut untuk meminimalkan ukurannya.

Proses kompresi ini mempengaruhi ke beberapa aspek di dalam video, salah satunya adalah resolusi. Jika sebelumnya resolusi video adalah FHD, maka itu akan dikecilkan sampai resolusi SD. Tentunya dengan perubahan sebesar itu, hasilnya dapat terlihat jelas. Apalagi hal ini mempengaruhi ke berbagai macam ponsel Android.

Ada dua tips yang dapat kamu terapkan supaya video tetap terlihat jernih walau diunggah di status WhatsApp. Tips ini dapat kamu lakukan dengan cepat tanpa ribet dan cukup pilih salah satu sesuai perangkat yang digunakan. Langsung saja simak tipsnya di bawah ini.

Tips Status Video WhatsApp Tidak Pecah

1. Gunakan Aplikasi Pengompres Video

Banyak aplikasi kompresor video yang dapat di-download secara gratis melalui Play Store. Kamu bisa memilih yang mana saja terserah yang kamu suka. Kegunaan dari aplikasi tersebut adalah mengecilkan ukuran video berdasarkan resolusi dan kualitas.

Misalnya meski resolusi diatur sebagai SD, kualitasnya akan masih terlihat baik dan berbeda jauh apabila dibandingkan dengan tingkat kompresi yang diterapkan pada WhatsApp. Jadi ketika video telah terindikasi terkompres, maka sistem WhatsApp tidak akan mengompres ulang dan akan segera mengunggahnya.

Beberapa nama aplikasi di bawah ini dapat menjadi pilihan apabila kamu bingung mencarinya.

  • Panda Video Compressor Resizer
  • Compress Video (Technozer Solution)
  • Kompresor video & Editor video (MobileIdea Studio)
  • Kompres video (Inverse.AI)
  • Konverter & Kompresor Video (VIDEOSHOW Video Editor)

2. Kompres Video Menggunakan HandBrake (Khusus PC)

Jika sedang memakai PC, terdapat program pengompres video yang menurut saya paling terbaik, yaitu adalah HandBrake. Program ini memiliki ukuran yang kecil dan tidak berat untuk digunakan. Sementara itu, proses kompresinya juga tergantung dari bagaimana pengguna mengaturnya.

Contohnya untuk tingkat kompres maksimal, bagian Optimise bisa diatur menjadi rata kanan, contohnya seperti ini:

Mengompres Video Secara Maksimal di HandBrake

Namun perlu diketahui juga bahwa mengoptimisasi video secara maksimal akan membutuhkan waktu render yang sedikit lama. Itu bisa memakan waktu sampai 2 atau 3 menit hanya pada video durasi 30 detik.

Jangan lupa untuk menurunkan resolusi videonya pada bagian Dimension. Sebab jika resolusi tidak diturunkan, sistem WhatsApp yang akan melakukannya, sehingga proses kompres video sebelumnya akan sia-sia.

Baca juga: Cara Kirim Foto atau Video Sekali Lihat di WhatsApp


Video yang pecah pada status WhatsApp disebabkan karena adanya proses kompres terhadap video tersebut yang dilakukan oleh sistem guna untuk menurunkan ukuran filenya. Rata-rata maksimal ukuran video pada status WhatsApp adalah 10 MB, jika lebih dari itu, maka sistem WhatsApp akan memulai untuk mengompres kembali.

Dengan menggunakan tips di atas, melakukan kompres file video dapat ditinjau sehingga hasilnya tidak sampai pecah. Meski kualitasnya menurun, setidaknya gambaran pada video masih bisa dilihat dengan baik.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *