Berapa Data yang Dihabiskan untuk Bermain Mobile Legends?

Berapa Data yang Dihabiskan untuk Bermain Mobile Legends?

Lagi-lagi membahas tentang Mobile Legends. Tidak ada habisnya ketika membahas game moba tersebut karena selalu ada pembaruan yang dihadirkan oleh developer, sehingga membuat para pengguna betah untuk terus memainkannya.

Pertanyaan yang sering muncul oleh beberapa pengguna adalah berapa banyak data seluler yang dihabiskan oleh game ini? Sehingga dengan mengetahuinya, kita pasti tahu akan memilih kuota mana yang sekiranya cukup untuk bermain game Mobile Legends.

Nah beberapa hari yang lalu, saya telah mencoba melakukan eksperimen terhadap perhitungan kasar terkait penggunaan data yang dihabiskan oleh game ini. Pada saat itu saya menggunakan kuota khusus game saja, sehingga perhitungan internet ini tidak akan berdampak pada aplikasi yang lainnya.

Pemakaian Data Mobile Legends Selama 1 Pertandingan

Dalam satu pertandingan ranked yang berakhir dalam kurun waktu 20 menit, kuota data yang terkuras sekitar 30MB sampai 40MB. Itu akan meningkat seiring lamanya pertandingan berlangsung. Jika memasuki late game sampai 30 menit, kurang lebihnya data yang habis sekitar 50MB.

Kondisi ini menggunakan speed mode di dalam pengaturan game untuk meningkatkan kualitas PING saat bermain. Jika itu dinonaktifkan, pastinya hasilnya akan berbeda, dan tentunya sudah saya perhitungkan juga.

Total Data yang Dihabiskan Selama 1 Jam Bermain

Dalam satu jam bermain penuh atau sekitar 2-3 match, kuota data yang terkuras sekitar 100MB. Entah apa yang merasuki game ini sehingga memakan kuota yang super duper banyaknya. Tapi memang itulah kenyataannya.

Berbeda lagi jika hanya menetap di Lobby selama kurun waktu tersebut, pastinya kuota yang terkuras tidak akan tinggi. Perhitungan ini hanya berlaku ketika sedang berada di land of dawn, alias saat pertandingan berlangsung.

Rata-rata Pemakaian Data Ketika Menonaktifkan Speed Mode pada Mobile Legends

Perhitungan di atas kondisinya mengaktifkan speed mode di dalam game, namun jika itu dinonaktifkan, maka akan ada penurunan data yang dihabiskan sekitar 10% sampai 15%. Saya melakukan 3 kali percobaan dan hasilnya cukup menarik.

Speed Mode di Mobile Legends

Pada pertandingan pertama (rank) yang berlangsung sekitar 15 menit menghabiskan sekitar 25MB, dan pertandingan kedua (classic) yang memakan waktu sekitar 25 menit menghabiskan data sekitar 40MB, dan yang terakhir (brawl) yang berlangsung sekitar 12 menit menghabiskan sekitar 25MB.

Boleh dikatakan hasil perhitungan ini masih kasar, karena hanya di tes berdasarkan dua ponsel saja, yaitu Samsung dan Xiaomi. Tapi untuk ponsel lainnya kemungkinan tidak berbeda jauh.

Baca juga: Cara Menghapus File Sampah pada Mobile Legends

Rata-rata Pemakaian Data Ketika Mengaktifkan Peningkat Jaringan di Game

Peningkat jaringan bagi saya merupakan fitur yang spesial, karena ponsel akan menggunakan dua sumber jaringan internet yang berbeda antara WiFi dan Data Seluler guna untuk menyetabilkan PING di dalam game lebih baik.

Peningkat Jaringan Mobile Legends

Namun fitur ini tidak berfungsi penuh layaknya load balancing, akan tetapi sebagai switching atau pengubah jenis jaringan secara cepat berdasarkan PING pada salah satu jaringan.

Jadi misalnya koneksi WiFi memiliki PING yang stabil, maka yang digunakan saat ini adalah jaringan WiFi, namun apabila terjadi PING tinggi sewaktu-waktu, itu akan dialihkan ke jaringan data seluler, dan terus-menerus seperti itu. Jadi sistem yang memilih koneksi mana yang stabil.

Rata-rata pemakaian untuk data seluler tergolong rendah berdasarkan pengalaman saya sendiri, mungkin itu karena koneksi WiFi yang saya pakai stabil sehingga tidak menggunakan data seluler terlalu berlebihan.

Jadi untuk hal ini saya tidak dapat menyimpulkan seberapa besar kuota yang dihabiskan mengingat itu akan berbeda-beda tergantung dari kestabilan koneksi WiFi juga.


Total perhitungan yang ada di artikel ini dapat kamu jadikan patokan untuk membeli kuota internet yang cocok untuk bermain Mobile Legends. Tidak ada salahnya untuk membeli paket internet satu hari terlebih dahulu sambil mencoba ber-eksperimen juga, itu jauh lebih bagus.

Jika kamu ingin membagikan data yang dihabiskan saat bermain game Mobile Legends, sangat saya persilakan untuk membagikannya di kolom komentar untuk membantu pengguna lainnya.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *