5 Situs Edit Video Online Paling Terbaik

Mengedit video pada dasarnya dapat dilakukan dengan sebuah program atau aplikasi, contohnya seperti Adobe Premiere Pro, Sony Vegas, Filmora, dan lain sebagainya. Akan tetapi penggunaan dari aplikasi cenderung sulit bagi beberapa orang, namun berbeda dengan melakukannya secara online.

Melakukan edit video secara online tidak lah mustahil. Terdapat beberapa layanan yang menyediakannya secara gratis dan pengguna bebas untuk mengedit dengan opsi yang tergolong lebih mudah dan praktis dibanding melalui aplikasi.

Jika kamu memang sedang mencari situs web untuk mengedit video, maka sangat tepat untuk masuk ke artikel ini, sebab di sini akan saya bagikan sedikitnya 5 situs edit video paling terbaik dan termudah untuk digunakan.

Daftar Website Edit Video Online Terbaik

1. Clipchamp

Gambaran dari Clipchamp

Clipchamp telah hadir atau berdiri sejak lama dalam bidang editing video online. Layanan ini disediakan oleh Microsoft dan pengguna bisa menggunakannya secara gratis. Adapun fitur berbayar dengan harga sekitar 190 ribu rupiah untuk membuka efek tambahan.

Kelebihan dari Clipchamp adalah tidak ada watermark pada akun gratis, UI yang sederhana, dan mudah untuk digunakan. Sedangkan kekurangannya adalah proses export yang memakan waktu sedikit lama dan video stock yang disediakan memiliki watermark.

2. InVideo

Gambaran dari InVideo

InVideo menyediakan berbagai alat dan fitur editing video yang dibutuhkan untuk mengedit video secara online. Tampilan editornya bagus dan pastinya mudah untuk dipahami bagi orang awam sekalipun.

Layanan ini mudah untuk digunakan dan dapat membuat video sesuai keinginan dengan beragam jenis format yang tersedia. Walau banyak kelebihan yang ditawarkan pada saat proses editing, namun kekurangan dari InVideo adalah memiliki watermark pada saat proses export video, khususnya terhadap akun gratis.

3. Wave Video

Gambaran dari Wave Video

Wave Video merupakan layanan editing video online yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam konten. Fitur yang tersedia diantaranya adalah membuat thumbnail video, menghapus background, berbagi, dan membuat berbagai jenis video dalam banyak format.

Harga langganan yang ditawarkan pada Wave Video sangat bervariasi, mulai dari $16 sampai $48. Namun tersedia pula akses gratis dengan fitur yang terbatas.

Kelebihan dari Wave Video adalah alat yang tersedia cukup banyak, sehingga memenuhi kebutuhan pengguna dalam mengedit video. Ditambah tampilan UI yang nyaman untuk dilihat. Dan kekurangannya adalah terdapat watermark pada saat export video dan durasi maksimal video yang dapat dibuat adalah 15 menit.

4. Canva Video Editor

Gambaran dari Canva

Mungkin kebanyakan orang mengetahui Canva untuk keperluan edit gambar, tetapi pada dasarnya layanan yang satu ini punya fitur untuk mengedit video juga secara online. Dan fiturnya pun juga tidak perlu diragukan lagi.

Tersedia banyak template dan proses editnya juga mudah, cukup drag & drop terhadap efek atau sesuatu yang ingin ditambahkan. Membuat video Youtube, Tiktok, Instagram, itu bisa dengan mudah menggunakan berbagai template yang tersedia.

Banyak kelebihan yang ada di Canva, namun juga ada kekurangannya, yaitu proses export yang tergolong sedikit lama dan terbatasnya template untuk akun gratis. Canva menyediakan akses uji coba gratis untuk akses premium, barangkali kamu tertarik untuk mencoba keseluruhan fiturnya? Silakan langsung saja ke situs webnya.

5. Veedio

Gambaran dari Veedio

Yang terakhir adalah Veedio, layanan video editor ini menyediakan beragam alat untuk membuat video semenarik mungkin, entah itu untuk keperluan sosial media, promo barang dagangan, bisnis, dan lain sebagainya.

Fitur editor juga langsung dapat terlihat tanpa membuat akun ketika mencoba suatu template. Dan tampilan editornya bersih dan sangat nyaman untuk dilihat.

Salah satu kelebihannya adalah terdapat fitur auto subtitle, dan banyaknya fitur yang ada di dalamnya. Kekurangannya adalah batas upload hanya diberi maksimal 250MB dan terdapat watermark pada proses export untuk akun gratis.

Baca juga: Cara Nonton Video Bareng Teman dari Jarak Jauh


Setiap layanan video memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun daftar di atas diambil berdasarkan layanan yang paling terbaik yang pernah saya coba secara gratis. Tak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba keseluruhan layanan tersebut untuk memilih mana salah satu yang cocok untuk digunakan seterusnya.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *