Cara Memisahkan Video dan Audio di Adobe Premiere

Pada saat mengimpor atau memasukkan video pada program Adobe Premiere, secara otomatis track audio juga akan ditambahkan pula dibawahnya. Beberapa orang butuh untuk memisahkan antara video dan audio itu untuk keperluan dalam pengeditan di segmen tertentu.

Seperti contohnya kamu ingin menghilangkan audio pada segmen tertentu, pastinya jika tidak dipisahkan terlebih dahulu, maka video juga akan ikut terhapus. Untuk itu, dengan memisahkannya, kamu bisa mengalihkan video atau audio dengan mudah.

Di Adobe Premiere, pemisahan video dan audio dapat dilakukan dengan cepat dan juga mudah. Ini hanya perlu melakukan tiga langkah saja. Dan tak perlu menunggu lama lagi, berikut ini tutorialnya.

Memisahkan Video dan Audio di Adobe Premiere

  1. Buka projek pada Adobe Premiere.
  2. Klik kanan pada segmen video yang ingin di pisahkan.

    Klik pada Segmen Video

  3. Setelah itu klik pada opsi Unlink.

    Memisahkan Video dan Audio pada Adobe Premiere

Sekarang pasti video dan audio sudah berhasil di pisahkan dan kamu bisa mengedit salah satu dari itu tanpa mempengaruhi satu sama lain. Tapi apabila masih belum terpisah, silakan coba ulangi sekali lagi tutorial diatas.

Baca juga: Cara Mengedit Video Slow-Mo Halus di Adobe Premiere Pro

Kegunaan dari Memisah Video dan Audio

Jika dipikirkan lebih jauh, ada banyak sekali kegunaan dari pemisahan ini. Contohnya seperti ingin menghapus musik pada video karena terkena copyright, menghilangkan video tanpa mempengaruhi audio, menyalin audio untuk digunakan pada segmen lainnya, dan masih banyak lagi.

Beberapa orang juga bertanya-tanya, apakah audio yang dipisahkan hasilnya akan tetap selaras dengan video? Dan jawabannya adalah benar. Jadi pemisahan yang dilakukan Adobe Premiere ini tidak akan mengubah letak posisi segmen kecuali jika kamu sendiri yang menggesernya.

Jika pun tergeser, itu masih dapat dikembalikan dengan mudah, karena Adobe Premiere memiliki fitur untuk menyelaraskan segmen secara akurat.

Apabila kamu memiliki pertanyaan tentang tutorial diatas, silakan untuk berkomentar pada kolom yang disediakan dibawah.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.