Cara Menghapus Akun Telegram Secara Permanen

Semua aplikasi perpesanan online (chat) pasti memiliki fitur untuk menghapus akun secara penuh, itu meliputi data diri pada database namun tidak termasuk pesan yang telah dikirim sebelumnya. Di Telegram, fitur penghapusan akun ini juga tersedia pada web dan bukan melalui aplikasi.

Secara total ada dua jenis penghapusan akun yang ada di Telegram. Antara lain adalah penghapusan manual dan penghapusan otomatis. Jika melakukannya secara manual harus melalui website Telegram, namun apabila ingin menjadwalkan otomatis, itu bisa melalui aplikasi langsung.

Kedua cara tersebut akan dijelaskan di sini, sehingga kamu bisa memilih jenis penghapusan mana yang sesuai berdasarkan kondisi.

1. Menghapus Akun Telegram Secara Manual

Opsi untuk menghapus akun Telegram dapat ditemui melalui websitenya, dan kemungkinan hal ini diterapkan untuk memastikan bahwa pengguna sadar akan keperluannya dalam menghapus akun. Jadi tidak ada drama kepencet tombol hapus akun pada aplikasi, sebab sekali lagi proses ini memerlukan tingkat kesadaran yang tinggi.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka halaman my.telegram.org.
  2. Kemudian masuk menggunakan nomor akun Telegram.

    Masuk Menggunakan Nomor Akun Telegram

  3. Tuliskan kode verifikasi yang dikirim melalui aplikasi Telegram.

    Memasukkan Kode Verifikasi Telegram

  4. Selanjutnya pilih opsi Delete Account.

    Menghapus Akun Telegram Secara Manual

  5. Tahap terakhir, klik tombol Delete My Account.

    Konfirmasi Penghapusan Akun Telegram

Setelah melakukan penghapusan, akun tersebut tidak akan bisa diakses kembali dan nomor yang dipakai sebelumnya pun bisa dipakai untuk mendaftar ulang apabila itu yang diinginkan. Sebagai saran, silakan baca peringatan yang muncul pada layar sebelum menghapus akun, sebab tindakan ini tidak bisa dikembalikan alias permanen.

2. Menghapus Akun Telegram Secara Otomatis

Bahwasanya Telegram memberikan akses penghapusan otomatis ini kepada seluruh akun yang tidak aktif selama periode tertentu. Secara default itu diatur sebagai 6 bulan, tapi bisa dimaksimalkan hingga 1 tahun.

Itu tandanya akun yang tidak aktif dalam kurun waktu tersebut akan dihapus otomatis dan permanen oleh sistem Telegram. Kamu bisa mengaturnya minimal 1 bulan. Dan caranya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Silakan menuju Pengaturan.
  3. Kemudian ketuk menu Privasi dan Keamanan.
  4. Gulir ke bawah sampai bagian Hapus akun saya.
  5. Pada opsi Jika tidak aktif selama, silakan atur sesuai waktu yang diinginkan.

    Mengatur Penghapusan Otomatis di Aplikasi Telegram

  6. Tahap terakhir silakan keluar/logout dari akun.

Selama kamu tidak membuka kembali akun tersebut, maka sistem Telegram akan menjadwalkan penghapusan akun itu sesuai waktu yang telah diatur. Penjadwalan akan ditunda hanya ketika kamu membuka akun Telegram, jadi itulah mengapa saya menyarankan untuk logout atau keluar dari akun seusai mengatur jadwal penghapusan otomatisnya.

Baca juga: Cara Mematikan Download Otomatis di Telegram


Kini kamu sudah mengerti kan bagaimana cara untuk menghapus akun Telegram? Platform perpesanan tersebut tidak membatasi jumlah akun yang dimiliki pengguna, dan apabila memiliki banyak akun yang tidak terpakai, pastinya akan sulit dalam mengelolanya. Maka ada baiknya untuk dihapus supaya informasi yang tercantum di sana tidak sampai disalahgunakan orang lain.

Jika ada yang ingin kamu tanyakan tentang tutorial di atas, silakan tuliskan pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *