Cara Mengatasi Roblox Launcher Tidak Mau Terbuka di PC

Cara Mengatasi Roblox Launcher Tidak Mau Terbuka di PC

Masalah pada Roblox sangatlah jarang sekali terjadi, khususnya pada saat membuka game. Adapun masalah serius yang pernah terjadi, yakni terjadi maintenance selama beberapa hari, akan tetapi hal tersebut merupakan kesalahan dari sisi server, jadi tak ada sangkut pautnya terhadap sisi client atau pengguna.

Sedangkan jika masalah pada sisi pengguna, biasanya itu terjadi pada saat membuka suatu game tertentu, dimana launcher Roblox seolah tidak merespon dan akhirnya game tak dapat dibuka. Tetapi anehnya tema-teman yang lain dapat membukanya dengan normal. Nah hal inilah yang menjadi alasan masalahnya berada pada sisi pengguna.

Jika kamu mengalami hal yang serupa, tak perlu khawatir, karena disini akan saya bagikan langkah mudah untuk mengatasinya. Karena saya sendiri pun pernah mengalaminya, sehingga ingin berbagi langkah untuk mengatasinya disini.

Solusi Game Roblox Tidak Mau Terbuka pada PC

Rata-rata pengguna PC (desktop) yang kebanyakan mengalami masalah ini. Hal itu karena semua game Roblox tidak langsung berada pada satu program atau aplikasi layaknya di ponsel, namun untuk membuka suatu game harus menuju ke browser terlebih dahulu.

Berikut ini berbagai solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah Roblox launcher yang tak merespon ketika membuka game.

Penghapusan cache dan cookie bertujuan untuk membersihkan sampah atau berkas statis yang tersimpan pada browser. Terkadang browser bisa saja mengalami masalah dimana berkas cache tidak terhapus otomatis dengan benar, sehingga satu-satunya cara mengatasinya adalah melakukannya secara manual.

Pada kebanyakan browser, untuk menghapus cache dan cookie bisa dilakukan dengan cara menekan tombol CTRL+SHIFT+DELETE secara bersamaaan. Dan nantinya akan muncul dialog konfirmasi untuk penghapusan.

2. Jangan Mengaktifkan VPN pada Browser

Pada beberapa browser menyediakan akses VPN gratis bawaan, dimana VPN tersebut bisa diaktifkan bahkan tanpa perlu memasang ekstensi lagi. Contohnya seperti di Opera. Penggunaan VPN tersebut dapat mengakibatkan konflik ketika membuka game Roblox.

Mengapa bisa begitu? Karena terdapat pergantian alamat IP, dari yang ada di browser (memakai VPN) dan di launcher Roblox (tanpa memakai VPN). Jadi pada saat membuka launcher, server akan menolaknya dan pada akhirnya tidak bisa terbuka meski menunggu lama.

Jadi solusinya adalah menonaktifkan VPN atau Proxy yang ada di browser, dan setelah itu cobalah untuk membuka suatu game lagi.

3. Instal Ulang Aplikasi Roblox di PC

Solusi selanjutnya adalah melakukan instal ulang terhadap Roblox Launcher itu sendiri. Beberapa orang di forum Reddit banyak yang menyarankan hal ini, salah satu penyebabnya biasanya karena sistem komputer gagal melakukan auto-update, sehingga masih menggunakan versi yang lama.

Adapun masalah lain yang memungkinkan terjadinya malfungsi terhadap aplikasi, sehingga jalan terbaik adalah meng-instal ulang Roblox.

Caranya mudah, silakan hapus atau uninstal terlebih dahulu aplikasi Roblox, dan setelah itu download kembali dari website Roblox. Dan proses instalasi membutuhkan koneksi internet, jadi pastikan koneksi kamu stabil supaya resource yang di unduh tidak sampai bermasalah.

4. Cek Kesalahan dari Berkas LOG Roblox

Setiap interaksi terhadap aplikasi Roblox di PC, itu akan terekam pada sebuah file log. Dan file logs itu sendiri berguna untuk mengetahui lebih lanjut apabila terjadinya masalah, sehingga pengguna bisa tahu kendalanya disebabkan karena apa.

File logs tersebut berada pada direktori berikut:

C:\Users\NAMAPC\AppData\Local\Roblox\logs

Harap mengganti NAMAPC sesuai dengan direktori nama PC yang kamu gunakan. Dan disana akan tampil beberapa file logs, silakan pilih pada file yang paling baru. Itu bisa dilihat pada informasi tanggal dan waktu (Date Modified) yang ada disamping file.

Setelah itu kamu dapat meneliti masalahnya pada bagian paling akhir, dimana sistem Roblox merekam kejadian sebelum aplikasi menutupnya.

Saya mengerti jika tidak semua orang paham terhadap isi dari file logs tersebut. Jadi saya sarankan untuk bertanya pada forum Roblox dengan menyertakan file logs tersebut untuk membantu pengguna lain mendeteksi kesalahannya.

Baca juga: Cara Mengatasi Lupa Password Akun Roblox

Kesimpulan

Dari beberapa solusi diatas, bisa disimpulkan bahwa masalah pada Game Roblox yang tak mau dibuka bisa disebabkan dari kendala yang bermacam-macam. Bisa karena versi aplikasi yang belum di-update, perbedaan alamat IP antara browser dan launcher, malfungsi pada Roblox, atau masalah lain yang hanya bisa dilihat dari berkas log.

Tentunya akan lebih effisien apabila kamu melakukannya mulai dari solusi yang pertama. Karena menurut saya seluruh solusi diatas mudah untuk dilakukan dan tak membutuhkan waktu yang lama.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.