Solusi Sinyal Telkomsel Hilang-Hilang Sendiri

Solusi Sinyal Telkomsel Hilang-Hilang Sendiri

Pencakupan jaringan pada setiap wilayah memang berbeda-beda, hal inilah yang menyebabkan sebagian kartu tidak memiliki sinyal yang kuat, sedangkan orang lain juga mengalami hal sebaliknya terhadap kartu tersebut.

Sampai saat ini, Telkomsel memiliki cakupan jaringan paling kuat di Indonesia. Namun meskipun begitu, tak menutup kemungkinan bahwa akan terjadi masalah terhadap jaringan itu. Dan yang paling banyak dialami oleh sebagian orang adalah sinyal yang tiba-tiba hilang.

Tentunya sangat menjengkelkan apabila tiba-tiba jaringan menghilang, sehingga harus menunggu beberapa saat sampai itu muncul kembali. Tetapi hal ini sebenarnya juga bisa disebabkan dari sisi pengguna lho, alias bukan dari kartunya. Dan disini akan saya bagikan langkah mudah untuk mengatasinya.

Mengatasi Sinyal Telkomsel Hilang-Hilang

Sebenarnya masalah ini terjadi pada saya sendiri sekitar seminggu sebelum artikel ini dibuat. Untuk itu, disini saya ingin memberikan langkah-langkah yang telah saya lakukan untuk mengatasinya, dan semoga beberapa dari solusi ini dapat membantu kamu dalam mengatasinya.

1. Memasang Ulang Kartu SIM di Ponsel

Pemasangan kartu SIM yang kurang tepat pada ponsel bisa menjadi salah satu penyebab mengapa sinyal bisa hilang-hilang dengan sendirinya. Itu seperti letak yang kurang pas, sehingga yang harus dilakukan adalah mencopotnya dan kemudian memasang ulang.

Dalam kasus lain, beberapa orang juga memasang jenis kartu Nano ke slot Micro, padahal itu sebenarnya tidak cocok sehingga hasilnya akan longgar dan berakibat kartu tidak terdeteksi secara tiba-tiba. Untuk itu, cek kembali jenis kartu yang didukung pada slotnya sebelum mulai memasangnya.

2. Restart Ponsel

Siapa sangka jika masalah ini disebabkan karena malfungsi sementara yang terjadi pada ponsel. Dan solusi paling mudah untuk mengatasi hal tersebut adalah me-restart ponsel.

Jika kamu tidak mengerti cara untuk me-restart ponsel, caranya adalah menekan lama tombol power dan kemudian akan muncul dialog pada layar, silakan pilih pada opsi Mulai Ulang, Mulai Lagi, atau Restart. Dan setelah itu tunggu ponsel hidup kembali.

Restart Ponsel Android

3. Memilih Jaringan yang Stabil

Semua ponsel diberikan akses untuk memilih jenis jaringan yang akan digunakan. Itu tersedia pada Pengaturan > Koneksi > Jaringan Seluler. Dan yang perlu kamu lakukan selanjutnya hanyalah memilih jaringan yang stabil.

Jadi apabila jaringan 4G hanya muncul satu bar saja, maka saya sarankan untuk mengubahnya ke jaringan 3G yang mana biasanya memiliki cakupan sinyal lebih luas ketimbang 4G.

Memilih Jaringan Paling Kuat

Sinyal rendah kadang bisa hilang-hilang dengan sendirinya, sehingga sistem ponsel harus mencarinya ulang sampai menemukanya. Berbeda jika sinyal yang didapat sekitar 3 bar, pasti takkan hilang-hilang meski turun menjadi 2 bar.

4. Pindai Jaringan Secara Manual

Di ponsel terdapat fitur untuk memilih jaringan secara otomatis, atau memindai secara manual. Tetapi dengan memindai jaringan secara manual akan mengunci jenis jaringan yang dipilih, sehingga tidak akan berganti-ganti. Namun hal ini juga membutuhkan kestabilan terhadap jenis sinyal yang dipilih supaya nantinya tidak hilang-hilang.

Untuk melakukannya, silakan menuju Pengaturan > Koneksi > Jaringan Seluler > Operator Jaringan > Pilih Secara Manual.

Memindai Jaringan Secara Manual

Proses memindai jaringan kurang lebihnya sekitar 1 menit, dan setelah itu akan muncul jenis jaringan yang siap untuk digunakan. Pastikan kamu memilih jaringan sesuai kartu seluler yang digunakan.

5. Menghubungi Customer Service Telkomsel

Jika sekiranya keseluruhan solusi diatas belum berhasil mengatasi masalah sinyal ini, maka langkah terakhir adalah menghubungi customer service Telkomsel. Kamu bisa menghubunginya melalui telepon atau sosial media, dan kemudian silakan katakan kendalanya dengan detail. Mereka mungkin akan meminta informasi lengkap terkait alamat kamu saat ini untuk menindaklanjuti.

Hal ini memang bisa saja terjadi dari sisi Telkomsel, namun itu tidak sering. Dan ketika hal sejenis ini terjadi, tentunya tak hanya kamu saja yang mengalami masalahnya, namun seseorang disekitar yang memakai jaringan Telkomsel pasti juga sama.


Baca juga: 3 Cara Menghubungi Customer Service Telkomsel

Itu saja beberapa solusi yang dapat saya berikan. Jika kamu memiliki pertanyaan atau mungkin tambahan solusi lain, sangat dipersilakan untuk menulisnya di kolom komentar yang berada dibawah artikel ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.