Cara Mengatasi Aplikasi Pesan Tidak Bisa Dibuka

Kebanyakan orang kini tidak lagi rutin untuk menggunakan aplikasi pesan SMS untuk berkomunikasi karena telah terganti dengan aplikasi chat melalui internet yang terbilang lebih modern. Akan tetapi kegunaan aplikasi SMS ini masih penting, khususnya untuk menerima kode OTP dari suatu layanan.

Jika pun ada masalah pada aplikasi pesan di ponsel, pasti hal tersebut akan membuat pengguna merasa kurang nyaman, sebab ada hal penting yang tidak berfungsi dengan normal meskipun jarang untuk digunakan.

Salah satu contoh masalahnya adalah aplikasi pesan yang tidak bisa dibuka. Jadi ketika membukanya, aplikasi tersebut akan langsung menutup sendiri dan kadang menampilkan notifikasi kesalahan seperti “Sayangnya aplikasi pesan telah berhenti” atau bahkan notifikasi yang lainnya.

Solusi Aplikasi Pesan SMS Tidak Bisa Dibuka

Beberapa solusi di bawah ini dapat kamu terapkan untuk mengatasi kendala ini. Tak perlu menunggu lama lagi, silakan ikuti mulai dari yang pertama.

1. Hapus Data Aplikasi Pesan

Untuk kendala yang terbilang sederhana, biasanya hal ini disebabkan karena terjadi galat pada sistem saat sedang membaca pesan baru. Sebagai contohnya terkena virtex layaknya di WhatsApp sehingga berpengaruh pada load CPU yang meningkat dan aplikasi berhenti secara tiba-tiba.

Solusinya adalah menghapus data terhadap aplikasi pesan. Kamu bisa melakukannya melalui Pengaturan Aplikasi, silakan pilih aplikasi Perpesanan dan kemudian ketuk tombol Hapus Data.

Hapus Data Aplikasi Pesan SMS

Ketahui pula, menghapus data aplikasi pesan juga akan menghapus isi SMS yang ada di dalamnya. Namun cara ini sangat ampuh dalam mengatasi masalah ini.

2. Perbarui Aplikasi Pesan

Versi aplikasi yang telah usang bisa menjadi penyebab terkait kendala ini. Beberapa vendor ponsel menyediakan akses mudah untuk memperbarui melalui Apps Store terkait aplikasi bawaan yang ada di ponsel, termasuk aplikasi pesan.

Sebagai contohnya jika di ponsel Samsung, pengguna bisa memperbarui aplikasi bawaan di Galaxy Store, atau di Xiaomi yang dapat dilakukan dari MiStore. Setiap vendor ponsel memiliki aplikasi Apps Store masing-masing.

Memperbarui Aplikasi Pesan di Galaxy Store

3. Perbarui Perangkat Lunak

Tak cuma aplikasinya saja, perangkat lunak ponsel juga harus diperbarui guna untuk mendapatkan pembetulan dari kesalahan di versi sebelumnya serta patch keamanan terbaru. Ini penting mengingat pembaruan ini langsung dihadirkan oleh vendor ponsel dan telah diuji.

Silakan cek pada Pengaturan > Update Perangkat Lunak. Jika terdapat pembaruan, silakan download dan perbarui segera. Pastikan untuk melakukannya pada saat koneksi internet stabil dan juga daya baterai harus mencukupi.

4. Gunakan Aplikasi SMS Lain

Gunakan cara ini sebagai alternatif apabila keseluruhan solusi di atas masih belum berhasil. Hal ini pernah terjadi di salah satu tipe ponsel lokal yang saya miliki di mana software dalam ponsel atau bisa dikatakan firmware mengalami kerusakan yang menyebabkan beberapa aplikasi tidak dibuka.

Kendala semacam ini sebenarnya membutuhkan pembaruan perangkat lunak dari vendor, namun berhubungan tidak ada pembaruan sama sekali, maka salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah memasang aplikasi Pesan SMS yang lain, dan syukurnya itu berhasil.

Ada banyak aplikasi pesan yang bisa kamu pilih di Play Store, salah satunya adalah “Simple SMS Messenger“. Cukup pasang aplikasinya dan kemudian jadikan aplikasi tersebut menjadi SMS Default supaya seluruh SMS yang masuk bisa langsung menuju ke aplikasi itu.

Terkait: Cara Mengganti Aplikasi SMS Default di Android


Empat solusi di atas dapat kamu praktekkan langsung mulai dari yang pertama. Cara paling awal merupakan yang paling mudah, di akhiri dengan cara alternatif yaitu pada nomor ke-empat.

Selama ini tidak ada hubungannya dengan firmware ponsel, maka kamu dapat mengatasi masalah ini dengan mudah dan cepat. Jika ada pertanyaan mengenai beberapa solusi di atas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *