≡ Menu

Cara Menghapus Cache di Browser Chrome

Cara Menghapus Cache di Browser Chrome

Berkas cacbe yang tersimpan pada browser memiliki kegunaan untuk mempercepat proses loading pada suatu website. Selain itu juga bisa digunakan untuk menghemat pengeluaran kuota data internet. Namun menyimpan berkas cache cukup lama juga tidak bagus dan berpotensi mempengaruhi berbagai faktor masalah.

Walau biasanya berkas cache akan terhapus secara otomatis dari waktu yang telah ditetapkan, akan tetapi kamu juga bisa menghapusnya secara manual langsung dari setelan browser. Dan di browser Chrome, itu sangat mudah sekali untuk dilakukan.

Baik di perangkat komputer ataupun ponsel, berkas cache bisa dihapus secara mandiri tanpa harus menunggu itu terhapus otomatis. Hal ini tak hanya bertujuan untuk menghemat ruang memori saja, namun juga bisa diterapkan apabila konten pada suatu halaman tidak berubah meski telah di-refresh.

Menghapus Cache di Browser Google Chrome

Sebenarnya ada semacam aplikasi yang bisa mempermudah untuk menghapus berkas cache secara keseluruhan dengan satu klik, namun pada dasarnya Chrome sendiri telah menyediakan fitur untuk menghapusnya didalam setelan.

Di komputer maupun di ponsel, langkah untuk menghapusnya nyaris sama. Dan berikut ini caranya:

  1. Buka Google Chrome.
  2. Ketuk tombol opsi titik tiga.

    Klik tombol Opsi Titik Tiga

  3. Selanjutnya pilih menu Setelan.

    Pilih Menu Setelan

  4. Kemudian ketuk menu Privasi dan Keamanan.

    Ketuk Menu Privasi dan Keamanan

  5. Dan ketuk menu Hapus Data Penjelajahan.

    Menghapus Cache di Chrome

  6. Setelah itu atur Rentang Waktu menjadi Semua.
  7. Dan centang hanya pada opsi Gambar dan File dalam Cache.

    Cara Hapus Berkas Cache pada Chrome

  8. Tahap terakhir, klik tombol Hapus Data.

Walau cara diatas dilakukan melalui ponsel, akan tetapi di komputer pun caranya juga masih sama setiap langkahnya. Dan untuk lamanya proses menghapusnya pun tergantung dari besarnya berkas cache yang tersimpan.

Baca juga: Cara Menghapus Password yang Tersimpan pada Browser Chrome

Kesimpulan

Cache yang menumpuk hanya akan menyebabkan browser menjadi lambat, selain itu ruang penyimpanan juga bisa terkuras akibat hal ini. Rata-rata browser pada perangkat menyimpan berkas cache sekitar ratusan MB tanpa disadari.

Berkas cache itu meliputi berbagai file statis, semacam Gambar, Javascript, CSS, Font, dan lainnya yang terdapat pada suatu website. Dan dengan menghapusnya juga tidak berpengaruh apapun terhadap website tersebut, karena nantinya file itu akan diunduh ulang dan menjadi berkas cache kembali.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap