Solusi Foto Tidak Bisa Dibuka di Gmail

Solusi Foto Tidak Bisa Dibuka di Gmail

Apakah kamu mengalami kendala dimana tidak bisa membuka foto di Gmail? Normalnya hal ini disebabkan karena koneksi internet yang kurang memadai atau bisa dikatakan sebagai lemot, jadi meski di-refresh berkali-kali fotonya masih tidak bisa tampil. Tapi di sisi lain, masalah ini juga bisa disebabkan karena setelan pada ponsel, kira-kira apakah itu?

Ada tiga solusi ampuh yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah ini. Jadi tak perlu panik, karena ini merupakan masalah kecil dan bisa diatasi dengan mudah dan cepat. Langsung saja menuju solusinya di bawah ini.

Hapus Cache Aplikasi Gmail

Cache yang menempel mengakibatkan file yang ada di aplikasi tidak dapat diperbarui. Jadi meski di-reload berapa kali pun yang ditampilkan adalah file cache dengan tujuan menghemat data atau kuota. Namun file cache juga bisa rusak, mengakibatkan file tidak tampil dengan sempurna.

Solusi untuk itu adalah dengan menghapus file cache tersebut. Caranya mudah, silakan buka Pengaturan Aplikasi, lalu pilih Gmail. Selanjutnya ketuk opsi Hapus Cache atau Hapus Memori dan konfirmasi. Jika sekiranya tidak ada opsinya, biasanya itu ada di sub-menu Penyimpanan.

Hapus Cache di Aplikasi Gmail

Perbarui Aplikasi Gmail

Versi aplikasi yang tergolong lawas memungkinkan tidak mendukung beberapa komponen dan cenderung mengalami masalah lebih sering. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memperbarui aplikasi Gmail melalui Play Store.

Memperbarui Aplikasi Gmail di Play Store

Menggunakan versi terbaru tak hanya bisa mengatasi kendala semacam ini, tapi juga akan memberikan keamanan yang lebih baik dibanding versi yang lama. Terlebih lagi, jika pun ada kesalahan pada aplikasi Gmail versi baru, itu tidak akan sering ditemui.

Baca juga: Cara Mengubah Foto Profil Akun Google

Buka Gmail Lewat Browser

Gmail tak hanya bisa diakses melalui aplikasi saja, tapi juga bisa digunakan dari browser seperti Chrome, Edge, atau Firefox. Cukup menuju website gmail.com dan kemudian masukkan alamat email dan password.

Maka nantinya akan muncul peringatan untuk menggunakan aplikasi, tapi di sini kamu hanya perlu memilih opsi Gunakan versi web supaya tidak dialihkan ke aplikasi. Berikut ini gambarannya:

Buka Gmail Lewat Browser

Tampilan Gmail pada browser nyaris sama seperti di aplikasi, cuma bedanya di aplikasi menurut saya lebih ringan dibandingkan melalui web. Tapi itu tak menjadi masalah selama foto dapat dibuka dan diunduh ke galeri tanpa ada masalah.

Itu saja solisi singkat yang dapat saya bagikan kali ini. Tidak butuh banyak solusi untuk diterapkan, karena dengan melakukan ketiga solusi di atas, saya yakin masalah foto tidak bisa diakses pada Gmail dapat teratasi.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *