Berapa Kuota yang Dibutuhkan untuk Memutar Video Youtube?

Berapa Kuota yang Dibutuhkan untuk Memutar Video Youtube?

Setiap hari selalu ada konten-konten baru yang viral di Youtube, hal ini membuat kita untuk ikut serta melihatnya karena merasa penasaran. Dan sebagian pengguna menonton video Youtube memakai kuota paket data, yang mana hal tersebut sangat kurang disarankan.

Semakin banyak video Youtube yang kamu tonton, akan semakin besar pula kuota data yang dibutuhkan. Sebab melakukan streaming sama halnya seperti mengunduh file secara terus-menerus, dan besarnya data yang dihabiskan tergantung dari resolusi video yang dipilih.

Total Data yang Dihabiskan dalam Penggunaan Youtube 1 Jam

Pada dasarnya Youtube tidak memberikan informasi mengenai hal ini, namun informasi ini diambil dari sumber yang terpercaya, yakni melalui IPSTAR. Dan tingkat akurasi dari kalkulasinya tidak 100%, namun setidaknya bisa menjadi acuan dalam memilih paket internet dan bagaimana cara menghemat nantinya.

Video 480p (SD)

Resolusi 480p lebih dikhususkan untuk pengguna ponsel dan termasuk dalam video dengan kualitas definisi standar (SD). Memutar video dalam jangka waktu 10 menit akan menghabiskan kurang lebih 40MB. Sedangkan untuk waktu 1 jam akan menghabiskan kira-kira 265MB.

Video 720p (HD)

Video dengan resolusi 720p termasuk dalam kategori definisi tinggi (HD), cocok digunakan pada ponsel dan PC yang memiliki layar yang setara. Dalam 10 menit memutar video dengan resolusi ini, kamu akan menghabiskan data sekitar 150MB. Kalau menonton sampai 1 jam akan menghabiskan kurang lebihnya 870MB.

Video 1080p (FHD)

Kualitas dari resolusi 1080p lebih baik jika dibandingkan 720p. Semua perangkat dengan layar yang mendukungnya bisa memutar video ini dengan tampilan yang lebih bening. Akan tetapi sangat boros digunakan apabila menggunakan kuota data, karena 10 menit menonton bisa menghabiskan kira-kira 270MB. Sedangkan jika menonton sampai 1 jam bisa habis sekitar 1.6GB.

Video 2160p (UHD)

Kualitas 2160p atau biasa disebut 4K lebih dikhususkan untuk menonton video sejenis film dengan kualitas super tinggi, dengan begitu seluruh efeknya akan terlihat jelas, bahkan sampai pori-pori kulit sekalipun. Namun kualitas ini bisa menghabiskan data yang sangat tinggi, itu karena dalam 10 menit menonton video, kamu akan menghabiskan kurang lebih 500MB. Apalagi jika menonton 1 jam, bisa menghabiskan sekitar 2.7GB.

Baca juga: Trik Menampilkan Jumlah Dislike di Video Youtube

Berapa Lama Menonton Youtube dengan Modal Kuota 1GB?

Misalnya kamu hanya memiliki kuota sebesar 1GB dan hendak memakainya untuk menonton video di Yotube, jadi kira-kira seberapa lama ya habisnya? Tentunya itu akan tergantung dari resolusi yang dipilih.

Jika memilih resolusi 480p, kamu bisa menonton video kurang lebihnya 3.7 jam.
Sedangkan jika memilih resolusi 720p, kamu hanya bisa menonton video sekitar 1.1 jam.
Lalu untuk resolusi 1080p, justru kamu hanya bisa menonton video kurang lebihnya 60 menit.
Apalagi jika memilih 4k, maka kamu hanya bisa menonton selama sekitar 35 menit.

Resolusi Mana yang Disarankan untuk Menghemat Kuota pada Saat Menonton Youtube?

Sebenarnya bisa disimpulkan disini bahwa penggunaan kuota untuk menonton video di Youtube itu lebih baik menggunakan resolusi 480p saja karena jauh lebih hemat. Tapi beda cerita lagi apabila kamu memiliki paket internet unlimited khusus Youtube, maka menonton 4K pun tidak menjadi masalah.

Tapi meskipun ada kartu seluler yang berani memberikan paket unlimited, dibalik itu akan ada batasan atau bisa disebut FUP. Jadi apabila sudah mencapai batasan itu, maka kecepatan internet akan dikurangi.

Untuk itu, memilih paket internet yang sesuai itu sangat penting berdasarkan kebiasaan dalam menggunakan Youtube. Silakan cek penggunaan bulanan pada ponselnya dan lihat rata-rata pemakaian aplikasi Youtube sudah sampai berapa Giga Byte,

Adapun resolusi 360p, namun sayangnya tidak ada kalkulasi data yang bisa saya temukan, sebab saya hanya akan membagikan data berdasarkan sumber yang terpercaya saja. Tapi sepertinya rata-rata resolusi tersebut akan 2 kali lipat lebih kecil dibanding 480p.

Menurut saya, resolusi 360p masih layak untuk ditoton pada layar ponsel, berbeda jika 240p atau bahkan 144p yang berpotensi buram dan kurang direkomendasikan untuk di-tonton. Justru untuk resolusi yang kecil seperti itu lebih saya sarankan dipakai untuk mendengarkan musik yang ada di Youtube.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.