≡ Menu

Cara Mengatur Shortcut Keyboard di Browser Opera

Setiap browser memiliki shortcut atau jalan pintas yang berguna untuk mempercepat tindakan ketika browsing di internet. Contohnya seperti membuka tautan di tab baru, menutup tab, hingga mengunduh konten di halaman.

Pada beberapa browser kadang memiliki kesamaan dalam melakukan tindakan jalan pintas ini, seperti di Chrome, Opera, dan Firefox, ketiganya memiliki beberapa shortcut yang sama dalam tindakan terhadap tab.

Di browser Opera, pengguna dapat mengatur sendiri shortcut yang dirasa paling nyaman dan biasa digunakan. Jadi untuk pengguna Opera yang baru, mungkin ini akan sangat berguna sekali supaya kenyamanan tetap dapat dirasakan.

Mengatur Shortcut di Opera Browser

Seluruh pintasan dapat kamu atur tanpa ada batasan. Bahkan kamu juga bisa mengatur tombol alternatif untuk suatu pintasan itu. Dan secara default, ada beberapa pintasan yang belum diatur.

Langsung saja berikut ini tata cara mengatur shortcut di Opera:

  1. Buka browser Opera.
  2. Klik tombol Menu.

    Klik Tombol Menu

  3. Lalu klik menu Settings.

    Klik Menu Settings

  4. Klik Advanced dan pilih menu Browser.

    Menuju Menu Browser

  5. Gulir kebawah dan klik menu Configure Shortcut.

    Klik Menu Configure Shortcut

  6. Kemudian pilih salah satu pintasan, klik tombol Type a Shortcut.

    Mengatur Shortcut pada Opera

  7. Setelah itu kombinasikan tombol di keyboard untuk menciptakan shortcut untuk pintasan itu.
  8. Jika sudah, restart browser Opera dan coba shortcut yang baru.

Kamu juga bisa menghapus shortcut yang lama dengan cara menekan opsi X pada kombinasi tombol yang dipilih. Jadi setelah mengaturnya, sangat disarankan untuk memulai ulang browsernya supaya pintasan tersebut diperbarui.

Mereset Shortcut pada Opera

Terkadang pengguna salah dalam mengatur kombinasi untuk beberapa pintasan, tapi di Opera pun juga telah disediakan opsi untuk mereset seluruh pintasan supaya kembali memakai kombinasi tombol original browser tersebut.

Caranya sangat sederhana, kamu hanya perlu klik tombol Reset all dan kemudian seluruh shortcut akan kembali menjadi semula.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Bookmark Bar di Opera

Kesimpulan

Opera memberikan kebebasan bagi semua pengguna untuk mengatur shortcut sesuai yang diinginkan. Hal ini bertujuan untuk membuat pengguna tetap nyaman dan terbiasa dengan Opera, khususnya bagi yang baru saja berpindah browser.

Sebagai tambahan sebelum mengakhiri, apabila kamu tidak bisa mengatur kombinasi tombol pada suatu pintasan, kemungkinan besar kombinasi tombol tersebut telah digunakan sebelumnya pada pintasan yang lainnya. Untuk itu silakan dicek kembali.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap