Cara Mengubah Alamat IP pada VPS IDCloudHost

Kegunaan alamat IP pada sebuah VPS sangatlah penting sekali. Tidak hanya dipakai sebatas membuka SSH untuk terminal, melainkan juga untuk keperluan development, seperti pembukaan port tertentu atau dipakai langsung untuk keperluan pointing domain untuk dijadikan website.

Sebagian layanan VPS juga menyediakan opsi untuk membuat floating IP, sehingga alamat IP publik yang terhubung pada VPS dapat diubah sesuai keperluan. Dan fitur tersebut juga ada di layanan IDCloudHost.

Pergantian alamat IP dapat dilakukan secara gratis, selama floating IP itu tidak disimpan seterusnya. Jadi satu VM atau VPS yang dibuat hanya bisa dihubungkan ke satu alamat IP saja. Selengkapnya untuk tutorial cara mengubahnya, silakan simak artikel ini.

Tutorial Mengubah Alamat IP di VPS IDCloudHost

Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu ikuti untuk mengubah alamat IP terhadap VPS yang dimiliki saat ini:

  1. Masuk ke Console IDCloudHost.
  2. Klik menu Network.

    Klik Menu Network

  3. Kemudian klik tombol New.

    Klik Tombol New

  4. Pada Type, atur sebagai Floating IP.

    Membuat Floating IP VPS di IDCloudHost

  5. Pada Location, atur sesuai lokasi server VM yang kamu miliki.
  6. Untuk opsi Assign to silakan atur ke VM tujuan. Dan resource name isi dengan nama apa saja atau boleh dikosongkan.
  7. Kemudian langsung klik tombol Create.
  8. Jika alamat IP yang baru sudah dibuat, silakan hapus alamat IP yang lama.

Proses pembuatan hanya sekitar beberapa detik saja dan setelah alamat IP baru sudah terhubung, silakan coba akses melalui SSH. Jika terhubung dengan baik, itu berarti alamat IP yang baru sudah siap untuk digunakan.

Pada dasarnya tidak butuh waktu lama untuk menjadikan floating IP aktif. Selama VM hidup, maka IP bisa langsung diakses. Dan jangan lupa untuk menghapus alamat IP yang lama supaya tidak dikenakan biaya tambahan.

Terkait: Cara Membuat VPS di IDCloudHost

Biaya Perubahan Alamat IP di IDCloudHost

Untuk biaya pergantian IP atau pembuatan floating IP untuk di-assign ke VM adalah gratis, namun apabila terdapat floating IP yang disimpan, maka akan dikenakan biaya 25 ribu rupiah untuk satu bulan.

Itulah mengapa saya menyarankan untuk menghapus alamat IP yang sudah tidak di-assign ke VM. Jadi tidak akan ada biaya tambahan per bulan.

IDCloudHost menerapkan ini karena floating IP yang mereka miliki jumlahnya terbatas, jadi apabila terdapat pengguna yang melakukan stack terhadap floating IP, itu akan dikenakan biaya.

Solusi Gagal Membuat Floating IP di IDCloudHost

Sebagai kalimat tambahan untuk mengakhiri artikel ini, yaitu solusi bagi kamu yang tidak bisa membuat floating IP dan selalu muncul notif merah di bagian atas. Tak usah khawatir, karena saya pun sering mengalami kendala ini.

Gagalnya pembuatan floating IP disebabkan karena tidak ada alamat IP tersisa yang tersedia untuk diberikan kepada pengguna. Biasanya ini merujuk pada tingginya permintaan pembuatan VM baru pada lokasi server tertentu, sehingga alamat IP-nya di prioritaskan lebih dulu untuk VM. Setidaknya itulah informasi yang saya dapat dari layanan support IDCloudHost.

Solusinya adalah menunggu kurang lebihnya satu atau dua jam ke depan dan kemudian mencoba membuat floating IP kembali.

Kamu juga bisa menghubungi layanan IDCloudHost dengan membuat tiket laporan apabila sudah menunggu lama tapi tidak kunjung berhasil membuat floating IP.

Baiklah, jadi itu saja tutorial yang bisa saya bagikan kali ini. Jika kamu memiliki kendala atau mungkin pertanyaan lain terkait mengganti alamat IP di IDCloudHost, langsung saja tuliskan itu di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *