Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk di Growtopia

Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk di Growtopia

Growtopia masih menjadi game yang seru untuk dimainkan hingga saat ini. Tak cuma dipakai untuk membangun dunia saja, melainkan para pemain bisa mendapatkan teman baru dan melakukan aktivitas jual beli terhadap item yang dimiliki.

Sistem pada Growtopia juga sangat ketat, dimana pada game ini aktivitas kecurangan seperti menjalankan akun dengan bot tidak diperbolehkan sama sekali dan berujung di-banned atau ditangguhkan. Ketika akun pemain telah ditangguhkan, maka ia takkan bisa masuk lagi ke akun dan muncul notif merah.

Tapi tidak semua notif merah merupakan indikasi penangguhan akun. Jadi sekiranya kamu tidak bisa masuk ke Growtopia, pastinya terdapat suatu faktor yang menyebabkannya. Dan di artikel ini, saya ingin menjelaskan beberapa faktor yang mengakibatkan hal tersebut dan langkah mengatasinya.

Solusi Tidak Bisa Masuk di Game Growtopia

Kurang lebihnya ada sekitar 3 faktor yang menyebabkan game Growtopia tidak bisa diakses, atau lebih tepatnya masuk atau login ke dalam akun. Jadi pada umumnya sistem Growtopia akan menampilkan pesan merah yang berbeda-beda. Dan dengan mengetahui pesan tersebut, akan mempermudah kamu untuk mengatasi nantinya.

1. Memutuskan Jaringan VPN pada Perangkat

Jika saat ini kondisinya kamu sedang menggunakan jaringan VPN untuk menyetabilkan dan mengamankan koneksi internet, maka sebaiknya untuk menonaktifkan sementara ketika hendak bermain Growtopia.

Itu karena keamanan Growtopia yang sangat ketat, sehingga jaringan VPN tidak akan diperbolehkan. Mengapa bisa begitu? Karena Growtopia tidak mentolerir sama sekali terhadap aktivitas robot, dan rata-rata robot menggunakan alamat IP datacenter, yang mana itu biasa digunakan pada kebanyakan jaringan VPN.

Bahkan penggunaan Cloudflare WARP juga tidak diperbolehkan untuk masuk ke game Growtopia. Jadi mau tidak mau, kamu harus menonaktifkan sementara segala aplikasi yang menyebabkan perubahan alamat IP pada perangkat.

Notifikasi Merah Growtopia

Pada saat menggunakan VPN, notifikasi merah yang muncul akan sama seperti gambar di atas.

2. Restart Jaringan

Terkadang suatu masalah dapat diatasi dengan cara yang sederhana, contohnya adalah me-restart jaringan. Jika menggunakan jaringan WiFi, silakan restart melalui halaman admin router, atau bisa juga langsung menekan tombol restart pada routernya.

Sedangkan jika menggunakan data seluler, silakan aktifkan mode pesawat selama 1 menit dan setelah itu nonaktifkan, lalu aktifkan data seluler kembali dan cobalah untuk masuk lagi ke game Growtopia.

Biasanya apabila tidak bisa masuk ke game akibat alamat IP, notifnya selalu meminta pengguna untuk “mencoba lagi nanti” untuk login. Tapi setelah mengganti alamat IP, dijamin bisa langsung masuk tanpa ada notif tersebut.

Sistem Growtopia Meminta untuk Mencoba Login Lagi Nanti

3. Sedang Terjadi Maintenance

Proses maintenance memang bisa terjadi sewaktu-waktu, sehingga seluruh pemain tidak akan bisa masuk ke game selama periode waktu tertentu. Dan lamanya maintenance ini juga tergantung dari pihak Growtopia sendiri, sehingga yang bisa kita lakukan adalah menunggu sampai proses tersebut selesai.

Normalnya, maintenance ini berjalan sekitar 10 menit hingga 1 jam. Tapi ada pun hal-hal yang membuat proses maintenance bisa lama. Untuk itu silakan ikuti Growtopia di Twitter @growtopiagame untuk mendapatkan update terbaru pada game terkait jadwal maintenance yang mendatang.

Notifikasi Ketika Akun Growtopia di Banned

Sebagai tambahan saja, apabila kamu penasaran bagaimana notifikasi yang diberikan sistem Growtopia terhadap akun yang telah di banned yang mencoba untuk login. Sehingga saya tambahkan sela-sela ini sebagai akhiran.

Notifikasi atau pemberitahuan pada dialog game saat akun di banned selalu sama. Yaitu menampilkan teks berikut ini:

“Sorry, this account, device, or location has been temporarily suspended”

Akun di Banned pada Game Growtopia

Itu menandakan akun, perangkat, atau lokasi yang kamu gunakan telah di tangguhkan atau di banned oleh sistem untuk sementara. Lamanya waktu penangguhan bisa bervariasi, tapi di bawah teks merah terdapat informasi lebih lanjut. Sebagai contoh pada gambar diatas adalah mencapai 719 hari.

Jadi kini kamu sudah paham kan terkait tidak bisa masuk ke akun Growtopia. Bisa jadi itu bukan di banned dan merupakan hal-hal yang meliputi jaringan saja. Tapi apabila memang di banned, ketahui pula alasannya dan cobalah untuk mengajukan banding melalui email yang tertera di sana apabila kamu mengira tidak melakukan pelanggaran.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *