≡ Menu

Mengatasi WiFi Tersimpan Tapi Tak Terhubung

Masalah pada konektivitas wifi sebenarnya ada banyak sekali, dan kebanyakan dari itu berpengaruh akibat terdapat konfigurasi yang salah terhadap router WiFi. Contohnya seperti tidak bisa menghubungkan ke jaringan WiFi tersebut dan hanya muncul tulisan “Disimpan”.

Arti notif Disimpan atau Tersimpan pada menu WiFi di ponsel merupakan tanda bahwa SSID atau nama WiFi tersebut telah disimpan pada setelan sistem termasuk kata sandinya. Sehingga kamu hanya perlu meengetuk saja ketika ingin menyambungkan dan tidak perlu memasukkan sandi lagi.

Sementara itu jika jaringan WiFi tersebut tidak mau tersambung ketika sudah diketuk/diklik, maka pastilah terdapat penyebab yang mengakibatkan masalah ini terjadi. Entah itu dari sisi router, atau justru dari sisi ponsel yang kamu gunakan. Tapi tak usah khawatir, karena tulisan ini akan mengulas solusi untuk mengatasinya.

Solusi WiFi Tersimpan Tapi Tidak Terhubung

Dari banyaknya kasus, kejadian ini disebabkan karena router mengalami malfungsi dan bukan dari sisi perangkat. Namun kamu juga harus memastikan kembali apakah semua perangkat juga mengalami hal yang sama atau justru hanya di ponsel kamu saja. Dan jika masalah ini hanya ada di ponsel kamu saja, silakan ikuti langkah mudah mengatasinya dibawah ini.

1. Memastikan Password WiFi Kembali

Salah dalam menuliskan satu karakter atau jenisnya dapat berdampak tak dapat terhubung ke jaringan WiFi. Salah satu contohnya yang paling sering adalah kesalahan dalam menuliskan besar kecilnya suatu angka.

Jadi silakan cek ulang apakah kamu telah menyetel passwordnya dengan benar di perangkat ponsel? Selain notif “Tersimpan” pada nama WiFi, kamu pasti juga menerima notif “Masalah Autentikasi” apabila salah dalam menuliskan sandi.

2. Restart Router

Malfungsi pada router memang kadang bisa terjadi, namun dampaknya pun biasanya ke semua perangkat. Jadi silakan coba restart router WiFi dan cek kembali apakah jaringannya bisa tersambung atau masih tetap.

Untuk merestart router WiFi bisa dilakukan melalui halaman admin atau menekan tombol restart yang terdapat pada box router. Atau kamu dapat mencari caranya di Google sesuai tipe router yang diguankan.

3. Kemungkinan Perangkat Diblokir

Setiap perangkat memiliki Mac Address yang berbeda-beda. Itu dipakai sebagai identitas ketika menyambung ke jaringan WiFi. Apabila alamat tersebut diblokir dari router, pastinya ponsel tersebut takkan bisa terhubung ke jaringannya.

Maka dari itu, silakan cek pada setelan router, tepatnya pada bagian Mac Filterring. Jika Mac Address kamu tercantum disana, silakan dihilangkan dan kemudian restart kembali routernya.

Jika kamu ingin mengecek Mac Address yang ada di ponsel kamu, silakan cek melalui Pengaturan > Tentang Ponsel > Status.

4. Coba Menyambung dengan Mode Statis

Barangkali terdapat kesalahan pada router yang menyebabkan perangkat tidak bisa terhubung, salah satunya adalah setelan DHCP. Jika itu dinonaktifkan pastinya setiap perangkat tak bisa mendapatkan IP secara otomatis, sehingga harus mengaturnya secara manual dengan mode Statis.

Untuk menyambung dengan mode Statis, kamu harus mengetahui beberapa hal, antara lain alamat IP lokal router dan juga IP gateway yang digunakan. Dan mungkin hal ini akan sukar dilakukan apabila kamu tidak pernah mengatur WiFi sebelumnya, namun berikut ini contohnya:

Alamat IP: 192.168.1.10 (Client)
Gateway: 192.168.1.1
Subnet Mask: 255.255.255.0
Menyambung Jaringan WiFi dengan Mode Statis

Diatas hanyalah merupakan contoh. Jadi perangkat kamu akan tersambung pada IP ekor 10, dan akses internetnya didapat dari gateway pada IP ekor 1. Setelan ini harus disamakan dengan yang ada dirouter supaya bisa terhubung sepenuhnya.

Atau kamu bisa mengaktifkan fitur DHCP kembali pada router supaya alamat IP dan gateway bisa didapatkan secara otomatis oleh semua perangkat yang akan tersambung.


Baca juga: Trik Menggunakan WiFi dan Data Seluler Secara Bersamaan di Android

Cukup itu saja beberapa solusi yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah WiFi yang tersimpan namun tidak bisa terhubung. Jika yang kamu alami hanyalah kendala ringan, tentunya dengan melakukan restart router saja masalah ini akan teratasi.

Apabila kamu memiliki pertanyaan atau barangkali tambahan mengenai beberapa solusi yang ada diatas, silakan bagikan itu di kolom komentar pada bawah artikel ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap