Ini Dia Alat untuk Tembak WiFi Tetangga

Ini Dia Alat untuk Tembak WiFi Tetangga

Internet telah menjadi kebutuhan pokok di era digital ini. Walau pada dasarnya biaya paket data di Indonesia tergolong murah, akan tetapi sesuatu yang terbilang unlimited lebih menggiurkan, apa lagi itu gratis. Salah satu contohnya adalah memakai WiFi Tetangga.

Tahukah kamu jika menggunakan WiFi tetangga tanpa izin, hal ini sama halnya merupakan tindak ilegal. Tetapi berbeda jika sudah izin ke tetangga atau barangkali ingin patungan untuk membayar tagihan bulanan bersama, maka sah-sah saja jika ingin menggunakannya.

Selama rumah tetangga yang terdapat WiFi terbilang dekat dan tidak terhalang bangunan apapun, maka kamu bisa menggunakan sebuah alat untuk mulai terhubung dengan WiFi tersebut. Yaitu menggunakan alat bernama WiFi Range Extender atau bisa juga disebut sebagai WiFi Repeater.

Mengenal WiFi Range Extender

WiFi Range Extender adalah perangkat yang mampu memperkuat dan memperluas jangkauan sinyal WiFi dari router utama. Sangat berguna untuk area yang sulit dijangkau. Namun penting untuk memasangnya di lokasi yang strategis agar koneksi internet juga stabil.

Macam-Macam WiFi Range Extender

Tidak perlu alat-alat yang tergolong besar seperti WiFi Outdoor apabila hanya sebatas menyalurkan WiFi tetangga ke rumah. Apalagi memakai alat ini juga tidak memerlukan kabel tambahan, jadi ini sangat praktis.

Tips Memilih WiFi Range Extender yang Tepat

1. Mendukung Teknologi Dual Band

Untuk koneksi yang lebih cepat, pilihlah WiFi Range Extender dengan teknologi dual band. Perangkat ini bekerja pada dua frekuensi, yaitu 2.4 GHz dan 5 GHz yang sepastinya mampu untuk terhubung ke segala jenis WiFi.

2. Memiliki Teknologi AC

Singkatnya, teknologi AC pada suatu WiFi dapat dipastikan menjangkau sinyal lebih jauh dibandingkan normal. Dengan sinyal yang mumpuni, stabilitas dan kecepatan koneksi internet akan terjamin sehingga pengalaman browsing atau streaming tidak akan terganggu.

Baca juga: Mengatasi WiFi Indihome Tersambung Tanpa Internet

3. Terdapat Port Ethernet

Adanya port ethernet dapat membantu dalam menyalurkan koneksi internet dari repeater secara langsung ke perangkat (misalnya TV atau STB) menggunakan kabel LAN. Selain itu, adanya port tersebut juga membantu untuk proses upgrade firmware lebih mudah dan cepat.

4. Fitur Tambahan

WiFi Range Extender yang baik memiliki banyak fitur tambahan di dalamnya. Jadi pengguna bisa mengatur segala hal melalui halaman admin. Misalnya SSID Custom, Pengelolaan DHCP, atau mungkin Mac Clone. Pilihlah sesuai kebutuhan nanti.

5. Harga

Dan yang terakhir adalah harga. Banyak orang bilang “ada harga, ada kualitas”. Namun hal tersebut tidak selalu benar. Karena terkadang harga yang terjangkau pun sudah memberikan kualitas yang baik.

Rata-rata harga WiFi Range Extender dengan spesifikasi sesuai tips di atas berkisar 300 ribu rupiah. Namun ada pula yang memberikan harga miring sampai 200 ribu rupiah atau ke bawahnya. Tak ada salahnya untuk bertanya-tanya ke seller terkebih dahulu. Atau jika kamu membelinya secara online, silakan cek di website resminya untuk mengetahui spesifikasi lengkapnya.

Kesimpulan

Alat paling terbaik untuk menyalurkan WiFi tetangga adalah WiFi Range Extender. Alat ini tergolong mungil dan bisa langsung ditancapkan ke colokan listrik tanpa perlu repot-repot memakai kabel lagi.

Mohon maaf tidak ada rekomendasi produk yang terlampir di artikel ini mengingat niatnya tidak untuk promosi dan murni merupakan berbagi tips saja. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar WiFi Range Extender, tak ada salahnya untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *