Solusi Tidak Bisa Memasang WhatsApp di Play Store

Solusi Tidak Bisa Memasang WhatsApp di Play Store

Normalnya pemasangan aplikasi WhatsApp di Play Store dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Tetapi ada hal yang membuat proses pemasangan itu berkendala dan berakhir gagal. Sepastinya kendala itu disebabkan oleh berbagai macam faktor.

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang dibutuhkan untuk sehari-hari, khususnya dalam hal komunikasi. Sehingga kesalahan atau error yang terjadi terhadap aplikasi ini harus segera ditangani.

Jika kamu mengalami hal yang serupa, dimana aplikasi WhatsApp selalu gagal ketika dipasang melalui Play Store, silakan ikuti beberapa solusi di bawah ini. Pastikan untuk memulai dari solusi yang pertama.

1. Restart Ponsel

Terkadang suatu masalah dapat diatasi dengan mudah hanya dengan me-restart perangkat saja. Hal ini bisa disebabkan karena kesalahan sementara yang dialami oleh sistem, sehingga proses instalasi mengalami gangguan dan berakhir gagal.

Untuk itu, silakan mulai ulang (restart) ponsel terlebih dahulu dan kemudian coba instal kembali aplikasi WhatsApp melalui Play Store. Namun apabila masih tidak bisa juga, silakan lanjut ke solusi berikutnya.

2. Akibat Kapasitas Penyimpanan Penuh

Kejadian semacam ini memang sering terjadi, dimana ketika kapasitas memori pada ponsel tergolong rendah, sistem akan membatalkan proses instalasi pada saat unduhan itu selesai. Memang mengesalkan apabila hal ini terjadi, apalagi jika downloadnya memakai kuota data.

Upaya yang harus kamu lakukan adalah mengosongkan ruang kapasitas pada memori internal. Itu bisa dilakukan dengan berbagai macam hal, contohnya seperti:

  • Menghapus file sampah (cache).
  • Menghapus aplikasi yang jarang digunakan.
  • Memindahkan file besar ke kartu memori eksternal.
  • Mencopot pembaruan dari aplikasi bawaan.

Dengan menerapkan 4 langkah di atas, saya jamin kapasitas memori internal pada ponsel kamu sudah cukup untuk menginstal aplikasi WhatsApp mulai sekarang.

Terkait: Macam-Macam File Sampah pada Ponsel Android

3. Hapus Data pada Aplikasi Play Store

Siapa sangka jika masalah ini disebabkan dari kesalahan Play Store dan bukan dari sisi ponsel. Dengan menghapus data terhadap aplikasi Play Store, segala pengaturan di dalamnya akan kembali seperti semula atau di-reset.

Cara ini aman untuk dilakukan dan tidak akan mempengaruhi apapun terhadap ponsel. Berikut ini caranya:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Aplikasi.
  3. Selanjutnya pilih pada Google Play Store.
  4. Dan klik pada opsi Hapus Data.
  5. Jika muncul konfirmasi, silakan pilih Hapus Semua Data.

Menghapus Data Aplikasi Google Play Store

Ketika data Play Store sudah terhapus, silakan buka kembali Play Store dan coba instal aplikasi WhatsApp lagi. Apakah kini sudah bisa terpasang?

4. Instal WhatsApp Melalui Berkas APK

Cara ke-empat ini dapat kamu jadikan alternatif tanpa harus me-reset ponsel atau melakukan flash penuh. Pada dasarnya WhatsApp menyediakan file atau berkas dengan format APK yang bisa di-instal secara mandiri tanpa harus melalui Play Store.

Berikut ini cara memasang aplikasi WhatsApp melalui berkas APK:

  1. Buka situs web https://www.whatsapp.com/android.
  2. Klik tombol Download now.
  3. Tunggu proses download selesai.
  4. Jika sudah ter-download, klik berkas APK tersebut.
  5. Dan apabila proses instalasi dicekal, silakan aktifkan Sumber Tidak Dikenal.
  6. Selesai, WhatsApp berhasil terpasang.

Untuk cara ini pasti 100% WhatsApp dapat terpasang tanpa ada kesalahan. Itu karena proses pemasangan mandiri atau manual tidak melibatkan Play Store sama sekali.

Dan sebagai alternatif lain, kamu bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Business. Itu nyaris sama seperti aplikasi WhatsApp pada umumnya, bedanya terdapat fitur yang dikhususkan untuk bisnis. Tapi meski tidak untuk keperluan bisnis juga boleh-boleh saja dalam menggunakannya.

Jadi itulah beberapa solusi yang dapat kamu terapkan untuk mengatasi masalah WhatsApp yang tidak dapat dipasang melalui Play Store. Kadang masalah ini bisa mudah untuk diatasi, tetapi terkadang juga tidak. Tapi dengan mengetahui masalahnya dari sisi Play Store atau dari ponsel, itu akan memudahkan kamu dalam menyimpulkan kendalanya.

Apabila ada yang ingin kamu tanyakan terkait solusi di atas, misalnya bingung pada langkah tertentu, silakan untuk menuliskannya pada kolom komentar beserta tipe perangkat yang digunakan supaya cepat mendapatkan solusinya.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *