Cara Mengatasi Channel Dihapus Oleh Youtube

Cara Mengatasi Channel Dihapus Oleh Youtube

Bukankah menjengkelkan apabila kamu tiba-tiba mendapat pesan email dari Youtube terkait penghapusan channel? Tentu saja kebanyakan orang akan merasa sedih setengah marah, karena seluruh video yang diunggah hilang begitu saja.

Penghapusan channel ini pastinya memiliki alasan tersendiri, salah satunya seperti channel memiliki teguran serius dengan dugaan melanggar pedoman komunitas. Tapi jika sebelumnya channel belum pernah mendapat teguran sama sekali, tentunya hal ini bisa saja merupakan kesalahan dari Youtube sendiri.

Beberapa hari yang lalu, channel yang saya kelola juga mengalami hal serupa. Dimana pada malam hari, Youtube mengirim pesan email yang menyatakan penghapusan channel beserta seluruh konten di dalamnya karena dugaan SPAM. Akan tetapi saya tidak pernah sama sekali mengunggah konten yang merujuk pada aktivitas SPAM, dan ini memang murni kesalahan dari Youtube.

Pesan Email Penghapusan Channel Youtube

Youtube Menyediakan Formulir Pengajuan Banding

Formulir pengajuan banding ini dapat ditemui di bagian bawah pesan email penghapusan channel. Jadi pada formulir itu, kamu bisa menyatakan secara rinci untuk membuktikan bahwa channel tidak terbukti bersalah.

Formulir untuk Mengajukan Banding Channel yang Dihapus Youtube

Jadi jangan berpikir formulir itu dipakai untuk memohon agar Youtube mengaktifkan channel kembali, tentunya hal itu salah besar. Karena sebagai konten kreator yang cerdas, kamu harus menuliskan informasi se-rinci dan se-akurat mungkin, dan boleh menggunakan Bahasa Indonesia.

Cara Menulis Pengajuan Banding yang Tepat

Ada beberapa faktor yang membuat Tim Youtube tertarik untuk melihat lebih teliti terhadap channel yang terhapus. Jadi apabila menuliskan kata permohonan maaf saja, hal itu bukanlah sebuah informasi, dan Tim Youtube tidak akan menghidupkan channel tersebut dengan laporan semacam itu.

Jadi apa yang harus ditulis? Berikut ini beberapa pertanyaan yang dapat kamu tanyakan pada diri sendiri untuk menjawab dan mengisi formulir tersebut.

1. Apakah Channel Kamu Melanggar Pedoman Komunitas Youtube?

Pada pesan penghapusan channel, di sana juga tertera kalimat terkait alasan mereka menghapus channel kamu. Jadi pikirkan kembali apakah kamu merasa pernah membuat video yang bersifat melanggar sesuai keterangan itu, atau justru tidak sama sekali.

Jika kamu merasa tidak pernah melanggar, silakan tuliskan bahwa channel kamu tidak mendukung aktivitas yang melanggar itu sama sekali. Ini akan membuat mereka mengerti dan mulai meninjau lebih lanjut.

2. Pernahkah Channel Kamu Mendapat Teguran Sebelumnya?

Channel yang telah mendapatkan teguran berkali-kali memang memungkinkan untuk rawan dihapus secara permanen. Tapi berbeda jika channel yang tidak mendapatkan teguran sama sekali dan tiba-tiba channel langsung dihapus begitu saja, maka ini merupakan kesalahan dari sistem Youtube.

Jika pun sebelumnya channel memiliki teguran, silakan tuliskan teguran apa saja yang sekiranya membuat channel terhapus, dan setelah itu silakan lanjut ke pertanyaan ke-3.

Sedangkan jika channel tidak memiliki teguran apapun, maka silakan tegaskan pada mereka bahwa channel kamu tidak pernah melanggar apapun sejak pertama kali bergabung menjadi konten kreator.

3. Upaya Apa yang Akan Kamu Lakukan Selanjutnya?

Laporan pengajuan banding yang kamu buat dapat diakhiri dengan upaya tertentu, tepatnya ketika channel telah aktif kembali. Sebagai contoh, jika sebelumnya memiliki pelanggaran, maka kamu harus menuliskan upaya apa saja yang akan kamu lakukan untuk menghindari pelanggaran itu kembali.

Sedangkan jika tidak memiliki pelanggaran, upaya yang harus kamu tuliskan adalah selalu memantau terhadap setiap video yang di-unggah.

Dengan melakukan ketiga poin diatas, kamu telah membuat laporan yang benar-benar dibutuhkan oleh Tim Youtube untuk meninjau secara cermat. Jadi yang harus kamu lakukan setelah itu adalah menunggu jawaban.

Tunggu Respon dari Tim Youtube

Proses peninjauan banding dapat berlangsung selama maksimal 2 hari kerja. Mereka akan merespon melalui email terhadap status channelnya. Dari pengalaman saya, tidak butuh satu hari dan mereka telah merespon bahwa channel saya telah aktif kembali. Berikut ini contohnya:

Pengajuan Banding Youtube Diterima

Pada pesan tersebut tertulis bahwa Youtube menyadari kesalahan ini memang dari mereka, jadi itu tandanya penghapusan channel ini bukan disebabkan karena terkena pelanggaran, dan murni dari sistem Youtube sendiri.

Tetapi respon dari Tim Youtube bisa berbeda-beda, khususnya ketika channel yang telah memiliki teguran dan masih bisa aktif kembali.

Bagaimana Jika Pengajuan Banding Ditolak?

Pada saat pengajuan banding ditolak, kamu masih bisa mengajukan banding lagi dalam 2 minggu ke depan. Tidak perlu ngeyel meminta pengajuan tiap harinya, karena yang balas adalah komputer (otomatis), jadi solusi yang tepat adalah menunggu 2 minggu ke depan sesuai peraturan yang ditetapkan Youtube.

Sebagai saran tambahan, kamu juga boleh menghubungi Tim Youtube melalui Twitter dengan username @TeamYoutube. Silakan balas salah satu tweet dengan menyatakan keluhan terkait pengajuan banding yang ditolak.

Mereka akan merespon dan memberikan arahan, serta pengajuan kamu akan diprioritaskan supaya ditinjau lebih cermat lagi. Namun ketahuilah bahwa peninjauan secara cermat akan menghasilkan keputusan final terhadap status channel kamu. Jadi apabila pengajuan kali ini ditolak, Tim Youtube dari Twitter tidak akan bisa membantu kamu lagi.

Baca juga: Mengatasi Video Terkena Hak Cipta di Youtube

Kesimpulan

Youtube selalu memiliki alasan mengapa suatu channel dapat dihapus, salah satunya adalah pelanggaran. Namun terkadang sistem Youtube bisa keliru dalam proses pemeriksaan, sehingga mereka memberikan kesempatan bagi pemilik channel untuk memberikan informasi yang akurat kepada Tim Youtube untuk ditinjau lebih lanjut.

Pengajuan banding juga tidak bisa dibekali dengan permintaan maaf dan meminta ke Tim Youtube untuk mengaktifkan channel kembali, tetapi yang mereka inginkan adalah bukti akurat dan sesingkatnya bahwa channel memang tidak melanggar dan selalu mematuhi pedoman komunitas Youtube.

Jika ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut atau mungkin ada sesuatu yang ingin dibagikan, silakan tuliskan itu pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *