Mengatasi Video Terkena Hak Cipta di Youtube

Mengatasi Video Terkena Hak Cipta di Youtube

Saat mengunggah video di Youtube, kamu mungkin pernah mengalami masalah dimana video itu terkena pembatasan akibat adanya klaim hak cipta atau copyright. Biasanya ketika masalah ini terjadi, panel pemeriksaan akan menampilkan warna merah, sehingga kamu diminta untuk meninjaunya.

Youtube dapat mendeteksi secara otomatis terhadap lagu yang telah diklaim hak cipta (Content ID). Jadi ketika kamu melakukan vlog di tempat umum, dan secara tidak sengaja terdapat suara yang menyerupai lagu yang memiliki hak cipta, maka Youtube akan mendeteksi hal tersebut.

Solusinya adalah menghapus lagu yang terkena hak cipta itu, atau paling tidak mengubahnya dengan lagu lain. Dengan begitu video yang kamu unggah tidak akan memiliki pembatasan lagi. Dan untuk menghilangkannya dengan cepat dan mudah, silakan lanjutkan untuk menyimak artikel ini.

Youtube memberikan tiga opsi untuk mengatasi video yang terkena copyright. Yaitu antara Memotong video, membisukan audio, atau mengubah audio. Salah satu dari itu dapat kamu pilih, dan sistem Youtube sendiri nantinya yang akan meng-edit ulang video tersebut.

Jadi pada bagian panel Pemeriksaan, klik pada opsi titik tiga di sebelah lagu yang terindikasi hak cipta. Setelah itu nantinya akan muncul tiga opsi seperti yang saya sebutkan diatas, beserta pemilihan durasi pada video.

Opsi Menghilangkan Hak Cipta di Youtube
Opsi Menghilangkan Hak Cipta di Youtube 2

Selama kamu sudah memilih antara ketiga opsi itu, tahap selanjutnya adalah menunggu sampai proses pengeditan selesai. Dari pengalaman saya, lamanya proses ini tergantung dari durasi terhadap video. Jika durasinya panjang, maka prosesnya akan berlangsung lama.

Tidak masalah untuk menutup halaman Youtube, alias tidak perlu menunggu di layar. Karena proses pengeditan ini dilakukan secara otomatis oleh sistem Youtube. Jadi meski ditinggal offline pun juga tidak ada masalah.

2. Mengedit Video Secara Manual dan Mengunggahnya Kembali

Cara ini bisa dijadikan alternatif apabila kamu ingin hasil yang lebih baik terhadap editan videonya nanti. Karena terkadang pengeditan yang dilakukan secara otomatis oleh Youtube hasilnya kurang memuaskan. Jadi dengan mengeditnya secara manual, kamu bisa menentukan sendiri untuk menghapus audio yang terkena hak cipta, atau mengubahnya dengan lagu lain.

Tentunya kamu harus menghapus permanen video yang terkena hak cipta sebelumnya, dan setelah itu mengunggah kembali video yang habis di-edit itu tadi.

Baca juga: Apa Itu Vidiq dan Apa Fungsinya Terhadap Channel Youtube?

Kini ada dua pilihan yang mungkin kamu pikirkan, dari mengedit video secara otomatis oleh sistem Youtube, atau mengedit manual video itu dan mengunggahnya kembali. Semua itu sebenarnya tergantung dari keperluan masing-masing.

Jika kamu merasa video yang ingin diunggah bersifat penting, maka saya lebih menyarankan untuk mengedit videonya secara manual dan kemudian mengunggahnya kembali.

Sedangkan sebaliknya, apabila videonya bersifat santai atau dengan maksud bukan tugas yang harus segera dikerjakan tepat waktu, maka mengedit secara otomatis oleh sistem Youtube adalah pilihan terbaik.

Mengapa demikian? Karena proses mengedit otomatis bisa berlangsung berjam-jam hingga berhari-hari tergantung dari durasi videonya. Jika sebatas 5 sampai 10 menit, rata-rata hanya butuh 1 jam untuk menyelesaikannya.

Berbeda jika durasinya 1 jam atau lebih, maka proses pengeditan otomatis bisa mencapai seharian. Jadi bisa disimpulkan, video dengan durasi panjang yang bersifat penting, lebih baik di-edit kembali secara mandiri dan kemudian meng-uploadnya lagi pada channel Youtube.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *