≡ Menu

Solusi Windows 10 Gagal Upgrade Akibat VirtualBox

Solusi Windows 10 Gagal Upgrade Akibat VirtualBox

Ketika melakukan upgrade Windows 10 ke versi build paling terbaru, biasanya akan ada semacam dialog muncul yang meminta pengguna untuk mencopot program VirtualBox secara manual. Normalnya, pengguna hanya perlu mengikuti perintah tersebut dan kemudian menekan tombol refresh. Tapi bagaimana jika kondisinya saat ini tidak sedang memasang program VirtualBox?

Hal seperti ini ternyata telah dialami oleh banyak orang lho. Dan penyebabnya pun kebanyakan adalah sama. Pengguna tak perlu susah payah mengedit file sistem semacam di registry atau lainnya. Karena yang perlu untuk dilakukan adalah menghapus program yang berkaitan dengan VirtualBox.

Barangkali kamu tidak sadar apabila saat ini telah memasang program yang berkaitan dengan VirtualBox. Sebagai contohnya seperti Emulator Android. Kebanyakan emulator menggunakan bantuan VirtualBox untuk menjalankannya.

Mengatasi Upgrade Windows Gagal Akibat VirtualBox

Pada artikel ini, akan saya bagikan solusi paling tepat untuk mengatasi masalah ini dengan mudah. Sehingga kamu tak perlu pusing-pusing lagi untuk browsing kesana-kemari mencari solusi yang tidak kunjung berhasil.

Dan seperti yang Saya katakan diatas tadi, silakan untuk meng-uninstall program emulator Android apabila saat ini sedang menggunakannya. Contohnya seperti Bluestack, LD Player, MEMUPlay, dan sebagainya.

Jika sudah, silakan restart perangkat dan kemudian menuju Windows Update dan lanjutkan prosesnya. Kemungkinan dialog seperti sebelumnya akan tampil, hanya saja kali ini takkan memintamu untuk menghapus VirtualBox dan bisa langsung menekan tombol OK.

Tidak Sedang Memasang Program Emulator Android?

Apabila kondisinya saat ini sedang tidak memasang program emulator apapun, maka bisa jadi terdapat program lain yang melakukan hal yang serupa. Contohnya seperti VMWare.

Dan jangan khawatir, Windows Explorer memiliki fitur pencarian yang sangat baik dalam menganalisa file di setiap drive. Sehingga kamu bisa menemukan file VirtualBox dan kemudian mengetahui direktori asal file tersebut berada. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Windows Explorer.
  2. Klik menu This PC.
  3. Kemudian ketik VirtualBox.exe pada kolom pencarian.
  4. Tunggu proses pencarian sampai selesai.
  5. Jika filenya ketemu, silakan klik kanan dan pilih Open File Location.
  6. Selesai, sekarang kamu telah menemukan direktori asal VirtualBox berada.

Nah jika sudah ketemu asal foldernya, dari situ pasti kamu sudah bisa mengetahui dari program apa file VirtualBox itu berada. Jadi silakan hapus aplikasi/program yang berkaitan pada folder yang berisi file VirtualBox tadi.

Apabila sudah dihapus, silakan restart perangkat dan kemudian buka kembali Windows Update dan lanjutkan prosesnya. Pasti mulai sekarang kamu takkan diminta lagi untuk menghapus program VirtualBox.

Baca juga: Cara Membuka File VMDK pada VMware

Kesimpulan

Kendala gagalnya upgrade Windows 10 akibat VirtualBox kebanyakan disebabkan dari emulator android, sehingga pengguna harus meng-uninstal terlebih dahulu program tersebut supaya proses upgrade dapat berjalan lancar.

Dan apabila kondisinya tidak sedang memasang program emulator, bisa dicoba cara alternatif diatas, yakni mencari keberadaan file VirtualBox dan kemudian mendeteksi secara manual program apa yang berkaitan dengan file VirtualBox tersebut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap