Cara Melihat Riwayat Aktivitas Masuk (Lokasi) di Instagram

Keamanan yang diterapkan di Instagram nyaris sama seperti pada Facebook. Jika pengguna masuk di lokasi lain, atau misalnya negara lain, tentunya sistem akan langsung mendeteksi itu sebagai tindakan yang mencurigakan, dan sistem memerlukan konfirmasi identitas tambahan demi keamanan.

Instagram menyimpan aktivitas masuk pada akun berdasarkan lokasi. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengetahui lokasi mana saja yang telah digunakan untuk membuka Instagram, baik itu di PC maupun di HP.

Kegunaan dari riwayat aktivitas ini adalah untuk maksud keamanan, sehingga para pengguna dapat memantau lokasi terkini saat membuka akun. Jadi ketika terdapat aktivitas masuk mencurigakan, itu dapat langsung diketahui dengan mudah.

Cek Aktivitas Masuk Berdasarkan Lokasi di Instagram

Berikut ini langkah-langkah untuk mengeceknya melalui aplikasi Instagram:

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Masuk ke Profil.
  3. Ketuk opsi Menu (strip tiga).

    Ketuk Menu di Instagram

  4. Dan pilih Pengaturan.

    Menuju Pengaturan

  5. Selanjutnya ketuk pada menu Keamanan.

    Ketuk Menu Keamanan

  6. Dan pilih menu Aktivitas Login.

    Ketuk Menu Aktivitas Login

  7. Sekarang akan muncul lokasi terkini akun kamu digunakan.

    Melihat Riwayat Aktivitas Masuk di Instagram

Apabila kamu memiliki banyak perangkat yang dipakai bersamaan untuk membuka satu Instagram yang sama, maka daftar aktivitas login juga akan sama banyaknya. Jadi tidak usah khawatir apabila di halaman tersebut muncul banyak perangkat.

Bisa Logout dari Perangkat yang Tak Dikenal

Misalnya tadi kamu meminjam ponsel teman untuk dipakai masuk ke Instagram, namun lupa belum mengeluarkannya dan khawatir akun Instagramnya kenapa-napa. Maka untuk mengeluarkan atau logout dapat dilakukan secara remote melalui aktivitas login ini.

Caranya, kamu hanya perlu memilih jenis perangkat yang sedang masuk saat ini di halaman Aktivitas Login, dan setelah itu ketuk pada tombol Logout. Dan seketika akun kamu akan dikeluarkan otomatis pada ponsel milik teman tadi.

Baca juga: Cara Membuat Kode QR Akun Instagram

Kelebihan dan Kekurangan dari Fitur Aktivitas Masuk

Menurut saya, kelebihan dari fitur ini adalah dapat me-monitoring langsung perangkat mana yang dipakai masuk ke Instagram dan lokasi terkini, sehingga kita dapat mengetahui dan memastikan apakah itu perangkat milik sendiri, atau justru orang lain yang berniat meretas akun.

Kekurangannya, ketika akun diretas dan kondisinya kita tidak pernah mengecek aktivitas login, maka peretas dapat mengetahui privasi kita jauh lebih dalam, termasuk lokasi kita saat ini. Dan ini sangat berbahaya apabila memang terjadi.

Mungkin itu sebabnya di Facebook fitur ini ditiadakan. Namun selama sistem keamanan akun telah di perketat, bisa menjamin peretas takkan mampu masuk ke akun Instagram dengan mudah. Dan untuk saat ini upaya yang saya sarankan untuk melindungi akun Instagram adalah mengaktifkan autentikasi dua faktor.

Jika kamu memiliki pertanyaan mengenai tutorial di atas, atau barangkali tambahan lain, silakan tuliskan itu pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *