Cara Mengatasi Smart TV Tidak Bisa Terhubung ke WiFi

Cara Mengatasi Smart TV Tidak Bisa Terhubung ke WiFi

Frustasi karena Smart TV tiba-tiba tidak bisa terhubung dengan jaringan WiFi? Bayangkan kamu ingin bersantai menonton film favorit, bermain game online yang seru, atau streaming video terbaru, namun TV justru menunjukkan pesan error seperti “Tidak Terhubung ke Internet“. Situasi ini tentu bisa sangat menjengkelkan dan mengganggu waktu bersantai bukan?

Jangan khawatir, kamu tidak sendirian. Banyak pengguna Smart TV dari berbagai merek dan model juga pernah mengalami masalah koneksi WiFi. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkannya susah terhubung , antara lain:

  • Masalah pada koneksi WiFi: Sinyal WiFi yang lemah, gangguan dari perangkat lain, atau pengaturan router yang tidak tepat dapat menyebabkan Smart TV sulit terhubung.
  • Masalah pada Smart TV: Firmware yang usang, pengaturan jaringan yang salah, atau bug pada software dapat menyebabkan masalah koneksi pada Smart TV.
  • Gangguan eksternal: Benda-benda logam atau perangkat elektronik lain di dekat yang menyebabkan Smart TV susah terhubung.

Meskipun masalah ini bisa menyebalkan, jangan terburu-buru untuk panik. Ada beberapa solusi yang bisa kamu coba. Langsung saja, silakan simak dan ikuti solusinya di bawah ini.

Langkah-langkah Mengatasi Smart TV yang Susah Terhubung WiFi

1. Putus dan Sambungkan Kembali Koneksi WiFi

Langkah paling awal yang bisa kamu coba adalah memutuskan dan kemudian menyambungkan kembali koneksi WiFi. Hal ini dapat membantu menyegarkan koneksi dan memungkinkan Smart TV dan router WiFi untuk berkenalan lagi.

Berikut cara memutus dan menyambungkan kembali koneksi WiFi di Smart TV:

  1. Masuk ke menu pengaturan WiFi di Smart TV.
  2. Kemudian pilih jaringan WiFi yang biasa digunakan.
  3. Pilih opsi Forget atau Lupakan.
  4. Tunggu beberapa saat, kemudian pilih kembali jaringan WiFi yang sama.
  5. Masukkan password WiFi dengan benar.

Setelah mengikuti langkah di atas, coba akses internet atau aplikasi streaming untuk melihat apakah Smart TV sudah terhubung ke WiFi. Jika kendala ini disebabkan karena kesalahan kecil seperti konflik IP pada DHCP, harusnya masalah ini dapat diatasi dengan mudah dengan cara pertama ini.

Baca juga: Cara Mengatasi WiFi Mendapatkan Alamat IP Terus

2. Cek Pengaturan Jaringan

Terkadang, masalah gagal terhubungnya Smart TV ke jaringan WiFi bukan karena perangkatnya, tetapi karena pengaturan jaringan yang berubah tanpa sengaja. Mungkin ada pembaruan yang mengubah konfigurasi atau ada yang iseng mengutak-atik pengaturan.

Berikut cara memeriksa pengaturan jaringan di Smart TV dan router WiFi:

Pada Smart TV:

  1. Pastikan kamu memilih jaringan WiFi yang benar.
  2. Cek apakah nama dan password WiFi yang kamu masukkan sudah benar.
  3. Dan pastikan pengaturan IP Address di atur ke DHCP.
  4. Kemudian simpan pengaturan.

Pada Router WiFi:

  1. Pertama-tama silakan restart terlebih dahulu router WiFi.
  2. Setelah itu matikan fitur blacklist jika tersedia pada routernya.
  3. Lalu simpan pengaturan.

3. Perbarui Firmware Smart TV

Jika beberapa langkah di atas masih belum berhasil, mungkin masalahnya ada pada firmware Smart TV yang sudah usang. Firmware adalah software yang mengoperasikan Smart TV, dan pembaruan firmware dapat membawa perbaikan bug dan juga peningkatan performa, termasuk untuk masalah koneksi WiFi ini.

Namun ketahuilah bahwa proses ini juga membutuhkan koneksi internet untuk melakukannya. Jadi sebagai saran, silakan sambungkan kabel ethernet (LAN) langsung dari router supaya perangkat TV mendapat koneksi internet secara direct.

Apabila sudah, silakan menuju pengaturan dan cek pembaruan terhadap firmware. Jika memang ada, silakan langsung instal dan ikuti intruksi yang muncul pada layar. Walau setiap merek Smart TV memiliki cara yang berbeda-beda dalam proses pembaruan ini, namun rata-rata fitur untuk memperbarui firmware ini berada di Pengaturan.

Kesimpulan

Dari banyaknya kasus yang serupa, ketiga solusi di atas terbilang ampuh untuk mengatasi masalah konektivitas Smart TV ke WiFi. Dan sebagai tips tambahan, jauhkan Smart TV dari benda-benda yang dapat mengganggu sinyal WiFi, seperti oven microwave atau perangkat elektronik lainnya.

Memindahkan router dekat dengan TV juga sangat disarankan untuk memaksimalkan koneksi internet. Apalagi langsung menyambungkannya melalui kabel ethernet dari router ke TV, tentunya koneksi internet yang didapat pada TV lebih maksimal sehingga minim sekali terjadi buffering.

Jadi cukup itu saja beberapa solusi dan tips yang dapat saya bagikan kali ini. Jika pun ada pertanyaan terkait beberapa solusi di atas, kamu bisa menambahkan komentar di bagian bawah artikel ini.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *