Tips Reels Banyak yang Nonton di Instagram

Tips Reels Banyak yang Nonton di Instagram

Fitur reels pada Instagram telah hadir sejak tahun 2020. Tampaknya fitur tersebut dihadirkan guna untuk memberi pengalaman yang nyaris sama seperti di TikTok, untuk membagikan video pendek yang bisa dilihat secara publik.

Sampai saat ini reels masih digemari untuk membuat video pendek yang unik. Apalagi video tersebut tak hanya bisa dilihat di Instagram saja, bahkan masuk pada Facebook juga. Itulah mengapa pengguna yang menonton video reels ini sangat banyak.

Sementara itu, beberapa orang menciptakan suatu strategi untuk membuat video reelsnya memiliki banyak viewers atau penonton. Dan pada dasarnya hal tersebut memang bisa diterapkan. Disini akan saya bagikan beberapa tips tersebut.

Tips Memperbanyak Viewers atau Penonton di Video Reels Instagram

Salah satu alasan mengapa seorang pengguna menginginkan penonton yang banyak pada videonya, kebanyakan adalah untuk mempromosikan produknya atau meraih pengikut baru. Tentunya semakin banyak yang melihat video itu, maka semakin luas pula jangkauan video tersebut dalam beberapa hari.

Jadi apabila kamu bosan bahwa reels kamu yang menonton hanya sedikit, cobalah untuk mengikuti tips dibawah ini untuk memaksimalkannya.

1. Membuat Konten Video yang Berkualitas

Seperti kata pepatah di internet, bahwa konten adalah raja. Itu merupakan hal terpenting yang membantu kamu untuk berkembang di suatu platform, salah satunya adalah Instagram.

Buatlah konten yang memberikan nilai kepada para penonton untuk mendapatkan tampilan lebih dalam beberapa hari terakhir. Dan ketahuilah bahwa penonton reels ini bisa berkembang seiring banyaknya orang yang melihat dan berinteraksi terhadap video.

Cari tahu juga jenis video apa yang memungkinkan memiliki kinerja yang bagus untuk diunggah tiap harinya. Dengan memilih satu atau dua kategori yang tepat, maka penonton akan lebih tertarik untuk mengikuti akun kamu karena mereka mendapatkan konten yang diharapkan. Dan kamu juga akan mendapatkan manfaatnya dari memiliki pengikut random.

2. Unggah Reels Secara Teratur

Konsisten adalah salah satu cara untuk mendapatkan hasil yang lebih baik pada Reels Instagram. Cakupan Instagram yang luas memberikan kamu exposure yang lebih baik. Bahkan cakupan ini melebihi yang ada di TikTok, itu karena video kamu berkesempatan masuk ke Facebook.

Cobalah untuk menjadwalkan waktu untuk memposting Reels. Dengan melakukannya secara teratur, kamu bisa melihat seberapa berpengaruhnya hal tersebut dan akan mulai melihat perkembangannya sedikit demi sedikit.

Jika kamu memiliki akun Instagram Bisnis atau Creator, maka akan lebih mudah pula untuk melihat statistik terkait seberapa banyak penonton pada video yang diunggah. Dan lakukan eksperimen juga untuk mengunggah video pada waktu tertentu, karena terkadang hasil penontonnya akan berbeda dari biasanya.

3. Gunakan Lagu Populer dan Fitur Populer pada Reels

Ada banyak sekali lagu yang tersedia di Instagram untuk digunakan pada video reels. Namun terkadang suatu lagu bisa menjadi populer dan banyak pengguna lain yang membuat reels dengan lagu yang serupa.

Dari beberapa pengamat, algoritma Reels Instagram berpengaruh terhadap lagu pada video juga. Itu karena disaat suatu pengguna menonton lebih banyak reels dari lagu yang sama, maka sistem Instagram memastikan untuk menambahkan lebih banyak video yang sama pada feed mereka. Jadi inilah yang membuat lagu itu semakin populer.

Selain lagu, terkadang ada pula suatu efek atau fitur baru yang sedang tren, yang mana Instagram mendorong seluruh pengguna untuk memakainya. Pastinya itu akan memberi peluang tinggi untuk mendapatkan lebih banyak eksposur, karena itu juga membantu mereka (para viewers).

4. Pakai Tagar yang Relevan untuk Mendapatkan Lebih Banyak Pentonton Reels

Tagar atau hashtags merupakan fitur layaknya topik yang wajib dipakai untuk meraih lebih banyak penonton organik. Karena video kamu akan ditampilkan pada halaman tagar tersebut dan orang lain akan melihat konten sesuai tagar itu, alias relevan.

Menambahkan beberapa tagar yang sedang tren juga merupakan ide yang bagus, namun pastikan sekali lagi bahwa tagar yang kamu pilih harus relevan untuk jenis reels yang kamu buat. Ibaratnya seperti ber-iklan, tentunya kamu ingin orang yang tepat untuk menonton video tersebut kan?

Baca juga: Cara Memakai Fitur Balasan Cepat di Instagram

5. Buatlah Thumbnail Manual

Mungkin kamu pernah sesekali melihat video di Youtube dengan gambar thumbnail yang aneh tapi berkualitas. Dan terkadang thumbnail ini menjadi alasan tersendiri yang membuat kamu meng-klik pada video tersebut. Dan hal yang serupa juga berlaku pada Reels di Instagram.

Jadi buatlah desain thumbnail unik yang sesuai pada konten reels kamu, yang mana seolah bisa meningkatkan rasa keingintahuan para penonton nantinya. Namun tidak berarti harus membuat thumbnail clickbait atau yang berkesan menipu, karena itu akan berpengaruh buruk terhadap reputasi akun Instagram kamu, khususnya di mata para netizen.

Ada banyak sekali layanan untuk membuat thumbnail yang berkualitas, baik itu dilakukan dengan bantuan program editor gambar, atau melalui secara online. Pilih salah satu yang menurut kamu paling mudah dalam melakukannya.


Dengan menerapkan beberapa tips diatas, kamu bisa melihat perkembangannya dalam satu atau dua bulan. Yang terpenting untuk meraih tujuan adalah niat, dan jangan lupakan pada poin ke-dua. Tetap semangat dan tidak putus asa adalah pemikiran yang pintar untuk meraih apa yang diharapkan.

Selain diatas mungkin masih ada banyak cara lain untuk mendapatkan pentonton yang banyak untuk reels. Tapi bagi pemula, beberapa tips diatas sudah sangat bagus untuk diterapkan. Dan jika kamu memiliki pertanyaan, langsung saja berkomentar pada kolom yang disediakan pada bawah artikel ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.