Cara Memotong Video di HP Samsung Tanpa Aplikasi

Pengeditan video di ponsel memang akan lebih mudah dilakukan melalui aplikasi. Akan tetapi untuk pengerjaan yang terbilang biasa seperti memotong durasi video, itu bisa dilakukan langsung menggunakan fitur editor video bawaan ponsel, sehingga tidak perlu memasang aplikasi tambahan.

Di ponsel Samsung, fitur editor ini sebenarnya adalah aplikasi sistem yang tidak bisa langsung dibuka, melainkan harus melalui aplikasi Galeri. Jadi ketika kamu memutar video, disana akan ada tombol Edit, dan ketika itu diklik atau diketuk, maka aplikasi editor tersebut akan terbuka di jendela baru. Sederhananya, antara aplikasi Galeri dan Editor ini sebenarnya terpisah.

Ada beberapa fitur yang ada di aplikasi editor video bawaan Samsung, dari memotong durasi, menambah filter, stiker, menulis (doodle), hingga mengganti audio atau musik latar belakang. Tapi yang akan dibahas kali ini adalah tentang memotong segmen tertentu dalam video menggunakan fitur editor tersebut.

Potong Video di HP Samsung Tanpa Aplikasi

Berikut ini langkah-langkah untuk memotong video di ponsel Samsung tanpa perlu memasang aplikasi tambahan:

  1. Buka Galeri.
  2. Kemudian buka salah satu video.
  3. Ketuk pada ikon Edit seperti pada gambar dibawah ini.

    Ketuk Ikon Edit di Galeri

  4. Selanjutnya pastikan kamu berada di bagian Pemotongan atau Crop (ikon gunting).

    Memilih Ikon Gunting

  5. Setelah itu pilih durasi yang ingin diambil pada video.

    Memotong Video di HP Samsung Tanpa Aplikasi

  6. Tahap terakhir, ketuk opsi Simpan.

    Ketuk Opsi Simpan pada Video yang Berhasil di Potong

Kini video yang telah dipotong durasinya akan tersimpan sebagai file baru, sementara itu video aslinya tidak akan terhapus. Intinya penyimpanan video melalui editor tidak akan mempengaruhi file video yang asli.

Fitur pemotongan durasi ini sangat cocok bagi seseorang yang ingin membagikan momen tertentu tanpa harus membagikan keseluruhan video. Selain mudah untuk dilakukan, cara ini juga praktis dan cepat.

Baca juga: Cara Membuat Foto atau Video Slideshow di Samsung

Kelebihan dan Kekurangan Fitur Pemotongan Video di HP Samsung

Apabila dibahas dari kelebihannya, fitur pemotongan video ini sangat mudah untuk digunakan, serta mendukung untuk pemotongan durasi secara presisi setiap detiknya. Pemotongan juga akan lebih mudah dilakukan ketika memutar rotasi ponsel menjadi mode landscape.

Kekurangannya hanya satu, yaitu belum ada fitur split untuk mendukung pemotongan video lebih baik. Jika fitur itu ada, pastinya pengguna bisa memotong durasi video di pertengahan dan kemudian menggabungkannya antara segmen yang terpisah.

Tapi itu hanya menurut saya, sedangkan pada dasarnya fitur split ini funsgionalnya memang sudah berbeda dari crop, jadi apabila dibandingkan sebagai kekurangan, mungkin itu tidak adil. Jadi lebih tepatnya itu merupakan kekurangan yang ada di fitur editor video pada HP Samsung saat ini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.