Apa Itu Vidiq dan Apa Fungsinya Terhadap Channel Youtube?

Apa Itu Vidiq dan Bagaimana Fungsinya Terhadap Channel Youtube?

Bagi para pembuat konten video di Youtube, pasti mereka ingin agar video yang dibuat memiliki banyak penonton sehingga popularitas channelnya akan meningkat dan memungkinkan bisa mendapatkan pengikut lebih banyak.

Para content creator rata-rata memaksimalkan cara untuk mendapatkan penonton lebih banyak melalui metode share di sosial media dengan membagikan tautan terhadap videonya. Tetapi bahwasanya ada banyak sekali metode yang bisa diterapkan untuk memaksimalkan penonton untuk setiap video.

Metode-metode itu telah dipelajari oleh beberapa perusahaan, salah satunya adalah Vidiq. Dengan begitu, perusahaan tersebut bisa tahu apa saja faktor yang membuat orang dapat tertarik terhadap video, baik itu dari segi judul, isi konten, thumbnail, dan lain sebagainya.

Apa itu Vidiq?

Tampilan Website Vidiq

Vidiq merupakan layanan analisa terhadap pertumbuhan sebuah channel Youtube. Layanan tersebut memberikan berbagai macam tips dalam proses perkembangan channel, terkait peningkatan subscribers dan viewers berdasarkan dari hasil analisa yang didapat.

Proses analisa dilakukan secara otomatis oleh sistem, dan Vidiq juga memiliki ekstensi atau pengaya yang dapat dipasang pada browser Chrome atau Firefox untuk memudahkan pengguna untuk melihat statistik channel, video, atau bahkan sebuah kata kunci.

Saat ini Vidiq memiliki beragam jenis paket berlangganan dan harganya sesuai dari fitur yang akan didapatkan. Adapun paket gratis, namun fiturnya terbatas dan sangat cocok bagi pengguna yang baru saja memulai membuat channel di Youtube.

Sedangkan paket berbayar memiliki fitur yang lebih banyak dan cocok dipakai bagi seseorang yang rutin membuat konten video untuk memaksimalkan subscribers dan juga viewers secara natural.

Layanan Vidiq telah berdiri sejak tahun 2011 dan tetap aktif dengan baik hingga sekarang, jadi pengalaman mereka dalam menganalisa pertumbuhan channel sudah tidak perlu diragukan lagi.

Beberapa Fungsi dari Vidiq Terhadap Channel Youtube

Banyak sekali fitur yang disediakan oleh Vidiq yang memiliki fungsi untuk pertumbuhan terhadap channel. Sayangnya beberapa fitur tersebut tidak tersedia untuk paket gratis, namun ketahuilah bahwa fitur berbayar yang mereka tawarkan memang sepadan dengan apa yang kita dapatkan nantinya. Dan berikut ini beberapa fitur dan fungsinya.

Ide Membuat Konten Sehari-Hari

Kadang kita merasa sulit untuk memikirkan video apa yang akan dibuat hari ini atau esok harinya, tapi dengan adanya fitur daily ideas pada Vidiq, kamu bisa mendapatkan ide-ide bagus untuk membuat konten yang dipersonalisasi terhadap niche sesuai pada channel.

Mengoptimalkan Judul, Deskripsi, dan Tags

Sistem Vidiq dapat mengoptimalkan judul, deskripsi, serta tags untuk memaksimalkan kinerjanya nanti pada pencarian di Youtube maupun di Google. Karena kita tahu bahwa penonton tidak hanya hadir dari beranda Youtube saja, melainkan juga dari penelusuran, terlebih lagi seperti video berjenis tutorial.

Melihat Konten Jenis Apa yang Sering Ditonton oleh Subscribers

Minat setiap orang itu berbeda-beda, seperti ada yang suka konten game, konten berita, hiburan, dan lain-lain. Sedangkan sistem Vidiq dapat secara otomatis mengkalkulasi jenis konten apa yang paling diminati oleh para subscribers berdasarkan rata-rata. Sehingga nantinya kamu dapat memikirkan untuk membuat konten tersebut dan mengharapkan penonton yang lebih banyak dari para subscribers.

Analisa Kompetitor

Ketahui video apa yang paling bekerja maksimal pada channel kompetitor. Vidiq dapat menganalisa hingga 20 kompetitor tiap harinya. Dengan mengetahui konten kompetitor yang paling bekerja maksimal, itu akan memberikan kamu ide untuk menerapkan hal yang sama.

Mencari Keyword yang Tepat

Keyword atau kata kunci memiliki peran yang tinggi pada SEO. Pemilihan keyword yang tepat akan membantu video kamu mendapatkan penonton dengan mudah dari sumber pencarian. Sistem Vidiq memiliki fitur untuk menganalisa keyword berdasarkan seberapa banyak orang yang mencari dan juga channel yang telah membuat video dengan topik yang sama.

Dukungan Ekstensi untuk Browser

Menganalisa berbagai hal di Youtube bisa dengan cepat dengan ekstensi yang terpasang langsung pada browser. Namun fitur yang tersedia pada ekstensi juga terbatas pada paket yang dipilih. Untuk paket Boost dan Max, ekstensi tersebut dapat memberikan rekomendasi positif secara otomatis terhadap segala video.

Memilih Waktu yang Tepat untuk Menerbitkan Video

Pemilihan waktu untuk mem-publikasikan video juga penting untuk mendapatkan penonton banyak dengan cepat. Dan Vidiq memiliki fitur untuk mengetahui kapan rata-rata waktu para subscriber sedang online, sehingga kamu bisa mengikuti arahan tersebut untuk menerbitkan video antara waktu yang tertera disana.

Baca juga: Berapa Kuota yang Dibutuhkan untuk Memutar Video Youtube?

Akhir Kata

Menganalisa video Youtube akan lebih mudah ketika menggunakan Vidiq. Tersedia akses gratis yang cocok digunakan oleh seseorang yang baru saja membuat channel baru untuk meningkatkan kinerja video supaya bisa mendapatkan banyak viewers dan juga subscribers.

Mereka juga menyediakan akses gratis uji coba terhadap paket Pro atau Boost selama 1 bulan. Menurut saya penawaran tersebut patut dicoba untuk mengetahui lebih lanjut apakah Vidiq benar-benar bekerja baik terhadap pertumbuhan channel kedepannya. Jika iya, kamu bisa meneruskan untuk membeli paketnya. Namun jika tidak, kamu bebas untuk membatalkan langganannya kapan saja tanpa dipungut biaya apapun.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.