Cara Mengatasi Galeri Tidak Bisa Dibuka di Android

Cara Mengatasi Galeri Tidak Bisa Dibuka di Android

Mengelola file gambar dan video dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi Galeri. Dan setiap ponsel memiliki jenis aplikasi Galeri yang berbeda-beda sesuai merk ponsel, karena aplikasi tersebut hadir dari bawaan sistem.

Kendala yang kadang terjadi pada Galeri adalah aplikasi yang menutup dengan sendirinya dan muncul notif “Sayangnya, Galeri telah berhenti“. Hal ini bisa dialami oleh segala ponsel, baik itu Samsung, Huawei, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan sebagainya.

Tapi kamu tak perlu khawatir, karena masalah ini masih bisa diatasi mengingat ini merupakan kejadian yang biasa. Dan penyebabnya rata-rata adalah kesalahan dari aplikasi atau terdapat data corrupt terhadap aplikasi Galeri tersebut.

Solusi Galeri Android Tidak Bisa Dibuka

Selama hal ini merupakan kesalahan dari aplikasi, maka Galeri masih bisa dipulihkan supaya kembali normal ketika dibuka. Dan disini akan saya bagikan tiga cara untuk mengatasinya, silakan lakukan mulai dari yang pertama.

1. Hapus Data Aplikasi Galeri

Data thumbnails yang menumpuk bisa menjadi penyebab Galeri tak bisa dibuka, atau barangkali masalah pada data aplikasi yang mengalami kerusakan yang juga menyebabkan hal ini terjadi. Dan solusi untuk itu adalah menghapus datanya.

Menghapus data aplikasi Galeri sangatlah aman dan tidak akan menghapus foto/video didalamnya, jadi tak perlu khawatir untuk melakukannya. Berikut ini langkah untuk menghapus data di Galeri:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Aplikasi.
  3. Kemudian temukan aplikasi Galeri.
  4. Dan klik tombol Hapus Data.

Setelah data aplikasi terhapus, silakan coba jalankan kembali aplikasi Galeri. Pastinya kini sudah normal dan dapat diakses tanpa keluar sendiri. Namun apabila masih sama, silakan lanjutkan ke solusi berikutnya.

2. Hapus Pembaruan Aplikasi Galeri

Jika baru-baru ini kamu memperbarui aplikasi Galeri, kemungkinan masalahnya terkait terhadap hal tersebut, sehingga opsi yang harus kamu lakukan adalah menghapus pembaruan itu selagi menunggu pembaruan versi mendatang.

Untuk menghapus pembaruan aplikasi, silakan menuju Pengaturan Aplikasi dan kemudian ketuk Galeri dan tekan tombol Hapus Pembaruan.

Pastinya Galeri kini sudah dapat normal untuk dibuka. Meski aplikasi Galeri menggunakan versi lama, tapi tak masalah selagi menunggu versi mendatang. Pada brand tertentu, kesalahan terhadap aplikasi biasanya akan mendapatkan pembaruan susulan lebih cepat, yang mana biasanya tidak kurang dari 1 minggu.

Jadi secara keseluruhan, menghapus pembaruan aplikasi ini hanya untuk penggunaan sementara supaya bisa kembali memakai Galeri dengan normal sambil menunggu adanya versi yang lebih baru dan berharap pembaruan tersebut tak bermasalah lagi.

Baca juga: Cara Mematikan Fitur Sampah di Galeri Samsung

3. Menggunakan Aplikasi Galeri Lain

Ada banyak aplikasi Galeri yang bisa kamu temukan pada Play Store, dan kebanyakan dari itu memiliki fitur yang sama dengan aplikasi Galeri bawaan ponsel. Ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif apabila kedua solusi diatas masih tak bisa untuk mengatasinya.

Kekurangan dari menggunakan aplikasi Galeri lain adalah terdapat iklan yang kadang muncul, selain itu fitur dari galeri bawaan kadang lebih banyak, karena telah terintegrasi dengan aplikasi editor bawaan lain, misalnya aplikasi edit foto atau video dari sistem.


Biasanya masalah Galeri yang tak bisa dibuka dapat dengan mudah diatasi dengan cara pertama diatas, kecuali jika terdapat masalah dari dalam aplikasi, maka harus melakukan langkah kedua. Sedangkan cara ketiga bisa dikatakan sebagai alternatif.

Pastikan pula untuk memperbarui perangkat lunak ponsel untuk mendapatkan dukungan terhadap versi aplikasi bawaan ponsel dan meminimalisir terjadinya error akibat kompatibilitas.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.