Apa Perbedaan dari Semua Seri Samsung Galaxy?

Apa Perbedaan dari Semua Seri Samsung Galaxy?

Samsung terkenal memiliki banyak sekali seri Galaxy, beberapa dari itu dibanderol dengan harga terjangkau, dan adapula yang sangat mahal di seri tertentu. Tapi antara semua itu, apa saja perbedaannya?

Jika membandingkan perusahaan sekelasnya, seperti Google atau Apple, mereka lebih fokus untuk merilis beberapa tipe ponsel baru untuk setiap tahunnya. Sedangkan Samsung ingin menyediakan tipe ponsel sesuai kebutuhan, baik dari segi harga, fitur, dan sebagainya.

Dengan banyaknya tipe yang tersedia memang bagus untuk memilih ponsel sesuai kebutuhan, namun dari banyaknya pilihan itu juga bisa membuat segalanya menjadi membingungkan, karena semuanya tampak cocok untuk dimiliki.

Galaxy A

Samsung Seri Galaxy A

Seri Galaxy A termasuk dalam kisaran entry-level yang mana rata-rata harganya terjangkau. Beberapa orang mengklaim seri ini lebih dikhususkan untuk kebutuhan sosial media, lifestyle, dan hiburan. Setiap tahunnya terdapat lebih dari 5 tipe yang dirilis.

Sebagian tipe Galaxy A juga cocok untuk keperluan gaming karena mendukung spesifikasi yang tinggi, contohnya seperti tipe A13. Dan untuk keperluan fotografi, terdapat tipe A73 yang telah dibenamkan sensor kamera 108 MP.

Galaxy M

Samsung Seri Galaxy M

Ini merupakan seri terbaru dan harga yang ditawarkan juga lumayan terjangkau layaknya Galaxy A, namun keduanya memiliki perbedaan masing-masing, baik itu dari gaya/model atau dari sisi performa.

Diklaim oleh Samsung sendiri, bahwa seri M ini hanya bisa dibeli melalui online e-commerce saja. Jadi inilah alasan mengapa sebagian orang merasa kesulitan ketika ingin membeli ponsel Galaxy seri M secara offline.

Satu hal unik pada seri ini adalah selalu memiliki kapasitas baterai yang tinggi, bahkan hingga 7000mAh.

Galaxy S

Samsung Seri Galaxy S

Pihak Samsung pernah menyatakan bahwa arti “S” di Galaxy S adalah singkatan dari “Super Smart”. Dan jika di teliti tiap tahunnya, perangkat dengan seri S ini selalu mendapatkan spesifikasi tertinggi dan juga fitur terbaik dari Samsung.

Contohnya seperti layar melengkung, prosesor yang kuat, RAM dan kapastias penyimpanan yang besar. Dengan kelebihan itu, seri S mampu melakukan berbagai macam hal, baik untuk bekerja atau aktivitas gaming.

Ditambah lagi adanya model dari tipe tertentu, misalnya PLUS atau ULTRA yang memberikan tambahan terhadap spesifikasi atau layar yang lebih besar, dan itu berpengaruh pada harganya. Sekali lagi, pengguna akan diminta untuk memilih sesuai kebutuhan.

Baca juga: Apa Itu Samsung Pass dan Bagaimana Cara Kerjanya

Galaxy Note

Samsung Seri Galaxy Note

Seri ini dikenal dengan desain kotak yang mewah, tapi satu hal yang menonjol adalah terdapat dukungan stylus pen. Alat kecil itu bisa dipakai untuk melakukan banyak hal layaknya remote control. Jadi selain menulis, bisa juga dipakai untuk mengambil foto atau untuk keperluan presentasi.

Spesifikasi Galaxy Note nyaris sama seperti Galaxy S, sehingga ponsel ini dapat dipakai multi-fungsi, baik itu untuk pekerjaan atau bermain game berat.

Galaxy Z

Samsung Seri Galaxy Z

Seri Z di khususkan untuk ponsel Samsung dengan desain lipat. Sejauh ini, seri Z merupakan seri termahal karena desainnya yang unik. Namun terdapat penurunan harga yang signifikan tiap tahunnya dari seri ini, contohnya pada tipe Galaxy Z Flip yang saat ini harganya nyaris sama seperti Galaxy S Ultra.

Masih kurang yakin apakah ponsel lipat ini cocok dipakai untuk keperluan gaming, namun menurut banyak orang, ponsel Galaxy seri Z ini jauh lebih cocok dipakai untuk sesorang yang membutuhkan ponsel dan tablet secara bersamaan.


Terkadang memilih ponsel berdasarkan seri itu adalah hal yang membingungkan, tapi bagian terbaiknya adalah di setiap seri itu terdapat tipe yang banyak, jadi pilihan tidak terbatas satu atau dua saja.

Selain itu ada video review yang bisa ditemukan pada Youtube untuk mencari ponsel berdasarkan kebutuhan. Jika pun kamu tidak menyukai terhadap tipe yang tersedia saat ini, entah itu dari sisi desain yang kurang menarik, spesifikasi yang kurang gahar, atau kapasitas baterai yang kurang besar, maka kamu hanya perlu menunggu sekiranya beberapa bulan dan pastinya akan muncul lagi tipe yang baru dari beberapa seri diatas yang memungkinkan kamu tertarik untuk membelinya.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.