Cara Mengecek Seberapa Bagus Performa Ponsel Android

Cara Mengecek Seberapa Bagus Performa Ponsel Android

Spesifikasi ponsel Android terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan hingga sampai saat ini Memory RAM yang terdapat di ponsel Android hampir menyamai seperti di laptop. Tapi pastinya masih butuh waktu yang sangat lama untuk membuat performa Android mirip dengan komputer.

Barangkali kamu penasaran terhadap performa yang ada ponselnya, dan ingin membandingkan dengan ponsel lain. Hal tersebut tidak mustahil untuk dilakukan, dan tentunya telah tersedia alat khusus untuk melakukannya.

Di artikel ini, saya ingin membagikan cara mudah untuk mengecek seberapa bagus performa suatu ponsel Android. Dan dengan cara ini, kamu tidak akan lagi penasaran terhadap performa ponsel setelah mengetahui hasilnya.

Tutorial Mengecek Performa Ponsel Android

Untuk mulai mengecek seberapa baik performa ponsel kamu, silakan unduh dan pasang terlebih dahulu aplikasi bernama Antutu Benchmark. Itu merupakan aplikasi pengecek performa paling akurat, karena dilakukan dari berbagai macam jenis tes.

Jika aplikasinya sudah dipasang, silakan ikuti langkah mudah dibawah ini:

  1. Buka aplikasi Antutu Benchmark.
  2. Klik tombol TEST NOW.
  3. Tunggu proses pengetesan selesai.
  4. Nanti hasil skor akan ditampilkan pada layar.

Proses pengecekkan biasanya berlangsung selama 10 menit. Tapi terkadang juga bisa lama tergantung dari spesifikasi ponsel kamu dalam memproses setiap tes tersebut. Hingga pada akhirnya akan ditunjukan skor performa ponsel kamu.

Skor yang ditampilkan dapat kamu bandingkan dengan ponsel yang lainnya. Jadi semakin tinggi skor, maka semakin bagus performa ponselnya.

Aplikasi Antutu Benchmark dulunya bisa diunduh langsung dari Play Store, namun kini aplikasi tersebut telah dihapus, sehingga hanya bisa diunduh melalui website resmi saja. Dan kamu tak perlu khawatir, karena aplikasi tersebut telah terbukti keamanannya.

Baca juga: Cara Meningkatkan Performa Tablet Android yang Lambat

Apa Saja Aplikasi Pengecek Performa di Android Selain Antutu?

Selain Antutu Benchmark, sebenanya ada beberapa aplikasi lain yang bisa kamu coba dalam mengetahui performa ponsel. Dan berikut ini daftar dari beberapa aplikasi tersebut yang bisa diunduh langsung melalui Play Store.

  • Geekbench 5
  • 3DMark
  • GPU Mark
  • Benchmark & Tuning
  • GFXBench Benchmark

Jika menurut saya, alternatif Antutu yang terbaik adalah Geekbench5 dan 3DMark. Kedua aplikasi tersebut sangat populer dalam membandingkan performa ponsel, dan hasilnya pun juga cukup akurat. Tapi kamu juga bebas memilih aplikasi yang mana saja sesuai kebutuhan dalam pengecekkan.

Tentunya setiap aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dan sebagai saran terakhir adalah siapkan daya baterai ponsel yang cukup sebelum mulai untuk mengetes. Sebab dalam proses testing grafis, biasanya itu membutuhkan daya baterai yang cukup tinggi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.