Cara Menonaktifkan Push Notifications di Windows 11

Sebagian orang mungkin merasa bahwa push notification atau pesan pemberitahuan yang muncul pada perangkat terbilang kurang penting. Entah karena itu muncul dari program tertentu, atau memang salah berlangganan pada suatu konten di website.

Isi dari Pesan Push bisa bermacam-macam, baik itu dari email, website, atau bahkan dari tujuan periklanan pada suatu program. Hal ini mungkin yang tidak diinginkan oleh sebagian orang karena mengganggu tingkat fokus pada saat mengerjakan sesuatu di komputer.

Namun syukurnya ada opsi untuk menonaktifkan push notification tersebut. Dan sebenarnya bukan hanya di Windows 11 saja, namun pada versi dibawahnya juga telah disediakan pada sistem.

Mematikan Push Notifications di Windows 11

Cara untuk menonaktifkannya sangatlah mudah, dan seperti yang saya katakan diatas, bahwa kamu dapat menonaktifkannya untuk sebagian program atau bahkan untuk semuanya. Jika menonaktifkannya untuk semua program, tentunya kamu takkan mendapatkan push notification lagi.

  1. Buka Windows Settings.
  2. Silakan menuju menu System > Notifications.

    Menuju Bagian Notifications

  3. Untuk menonaktifkan push notification untuk semua program, silakan atur opsi Notifications sebagai Off.

    Menonaktifkan Push Notifications untuk Semua Program

  4. Sedangkan jika ingin menonaktifkannya untuk sebagian program, langsung gulir kebawah dan pilih program yang ingin dinonaktifkan notifikasinya.

    Mematikan Push Notifications untuk Program atau Aplikasi Tertentu

Windows menampilkan sejumlah program atau aplikasi yang meminta perizinan push notification disana. Dan menurut saya menonaktifkannya untuk sebagian program jauh lebih effisien, karena terkadang tidak semua program menampilkan notifikasi yang mengganggu.

Baca juga: Cara Matikan Fitur Lokasi di Windows 10

Manfaatkan Focust Assist untuk Membatasi Push Notifications

Dengan mengatur fitur Focust Assist, kamu dapat lebih mudah dalam menjadwalkan kapan notifikasi itu boleh muncul. Ini sangat membantu bagi seseorang yang sedang mengerjakan sesuatu di komputer pada jam tertentu, contohnya ketika berada di kantor atau di sekolah.

Kamu bisa mengatur aplikasi/program sebagai prioritas untuk menampilkan notifikasi, atau bahkan menonaktifkan semua jenis notifikasi pada jam tersebut.

Fitur Focust Assist terletak di bagian yang sama, yakni pada Settings > System > Notifications > Focust Assist.

Jadi antara menonaktifkan notifikasi secara manual atau menggunakan fitur Focust Assist, salah satu dari itu dapat kamu pilih sesuai kebutuhan. Jika menurut saya tak ada salahnya untuk menonaktifkannya pada program yang terus menampilkan pemberitahuan yang mengganggu. Sedangkan jika masih membutuhkan pemberitahuan itu, cukup batasi saja dengan fitur Focust Assist.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.